Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Usaha yang Lagi Booming di 2021 (Patut untuk Dicoba)


7 Usaha yang Lagi Booming di 2021 (Patut untuk Dicoba)


Serangan virus corona ke seluruh dunia menimbulkan efek domino ke segala bidang utamanya ekonomi dan bisnis. Hal ini memunculkan beberapa usaha yang lagi booming uniknya ke jenis-jenis yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan. 

Perubahan perilaku manusia, ketergantungan terhadap internet, kewaspadaan pada penularan, serta kebijakan pemerintah menjadi penyebabnya.

Adaptasi new normal memicu munculnya perubahan cepat pada dunia usaha. Permintaan terhadap produk atau jasa yang sebelumnya tidak pernah ada membuat banyak usaha baru bermunculan. Tak sedikit orang yang mencoba peluang ini dengan ikut terlibat di dalamnya

Buka Usaha di 2021, Ketahui Dulu Soal Ini

Sebelum membahas detail mengenai usaha yang lagi booming, sebaiknya menambah pengetahuan terlebih dahulu mengenai bagaimana mengelolanya saat ini. 

Bagi pelaku usaha kecil sampai menengah, gempuran pandemi merupakan tantangan yang sangat berat sekaligus menarik. Banyak tercipta peluang pun juga tentang positioning sebuah produk.

Terus terang saja, bisnis kedepan masih akan bergantung dan semakin tergantung pada e-commerce. Walaupun tanpa adanya serangan virus pun pertumbuhannya tetap pesat, namun dalam lima tahun kedepan akan terus terjadi peningkatan. 

Orang mulai terbiasa dan tak terpaku lagi pada belanja di toko fisik. Digital shopping semakin jadi budaya, maka pertimbangkan cara ini untuk memasarkan produk.

Pelaku bisnis juga harus mulai memikirkan untuk ekspansi lokal. Pelajaran penting dari covid 19 adalah bahwa rantai pasokan sangat penting. 

Jika dulu orang biasa mendapatkan produk dengan impor dari China, India, dan negara-negara lain, sekarang saatnya memproduksi sendiri, memasarkan ke pasar lokal, agar tidak lagi tergantung. Disrupsi supply chain akibat pandemic jelas nyata adanya.

Kedepan, dunia usaha juga masih mengutamakan kegiatan virtual. Untuk itulah, bisnis-bisnis yang menyediakan layanan ini akan terus survive bahkan tumbuh. 

Teknologi menjadi kebutuhan pokok orang di masa depan pasca pandemi. Social engagement menjadi sangat penting bagi sebuah produk terutama lewat internet dan media sosial. Begitu pula halnya dengan automasi dan pengelolaan data.

Usaha yang Lagi Booming, Patut Dijajal

Setelah mengetahui gambaran umum mengenai bagaimana bisnis dikelola akibat serangan virus corona, saatnya menguji keberanian untuk berbisnis. Budaya baru kerja dari rumah ternyata memicu kreatifitas tentang bagaimana bertahan secara ekonomi apabila sewaktu-waktu berhenti dari perusahaan.

Akhirnya, muncul jenis-jenis usaha yang lagi booming berikut ini:

1.  Food Delivery

Tak perlu takut bersaing dengan Gojek, Grab, ataupun Paxel, pengantaran makanan nyatanya sedang naik daun. 

Kerja dari rumah nyatanya merupakan tantangan tersendiri bagi ibu-ibu karena sulitnya membagi waktu. Mereka lebih memilih memesan makanan/catering. Rata-rata, pengusaha catering rumahan belum memiliki armada pengantaran sendiri.

Maka, jika ingin bermain di niche yang lebih fokus soal ekspedisi, food delivery bisa dipilih. Target marketnya adalah pemilik catering kecil atau restoran. 

Tapi, usaha ini butuh perhatian penuh di awal karena banyak sekali yang harus dibangun mulai dari blue print-nya, aplikasinya, SOP, tenaga kerja, dan juga keuangan perusahaan.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Rumahan Terbaik Dan Untungnya Besar (Prospektif)

2.  Jastip

Pandemi membuat orang membatasi diri berkunjung ke pusat perbelanjaan. Akibatnya, usaha jasa titip semakin menjamur karena menawarkan kemudahan untuk orang yang butuh membeli barang. 

Dulu, usaha ini biasanya dijalankan oleh mereka yang hobi traveling lalu sekalian membeli produk dari brand-brand terkenal. Tetapi semakin kesini, merek lokal pun tak luput dari prospek jastip.

Jasa ini memberikan kenyamanan dan rasa praktis saat belanja. Tanpa perlu repot-repot datang ke toko, orang bisa memilih apa yang diinginkan lewat online shop atau medsos pemilik usaha jastip. Bisnis ini di tahun 2021 masih potensial karena tren belanja offline masih rendah.

3.  Hampers

Merupakan istilah kekinian untuk parcel, usaha ini jelas sedang booming. Jika diartikan, maka akan berarti keranjang yang berisi macam-macam barang di dalamnya. Tren berkirim barang kepada seseorang dengan tema tertentu semakin meningkat. Artinya, dibutuhkan penyedia jasa pembuatan hampers.

Potensinya besar karena merupakan usaha yang dinamis, mudah menargetkan segmen tertentu, dan bukan usaha musiman. Hampers bisa digunakan sebagai souvenir pernikahan, pertunangan, hadiah ulang tahun, bahkan promosi produk. Kreativitas dan selalu update informasi terkini adalah kunci kesuksesan bisnis ini.

Info Menarik Lainnya : Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya

4.  Online Tutor

Terbatasnya ruang gerak manusia semenjak pandemi membuat interaksi di ruang digital semakin tinggi. Ini menimbulkan permintaan akan kursus atau belajar dari rumah terus meningkat. Ternyata, sekarang semua pelatihan atau pembelajaran bisa dilakukan lewat daring. Jumlah peserta pun menjadi tak terbatas.

Membuka usaha online tutor sedang booming karena apapun bisa disampaikan lewat internet. Tanpa tatap muka secara langsung, materi training atau pelajaran tetap dapat dijelaskan. Yang terpenting untuk bisa bertahan di usaha ini adalah melatih kemampuan public speaking agar sesi zoom atau Google Meet tidak menjemukan.

5.  Frozen Food

Ada budaya baru di masyarakat yaitu menimbun makanan. Ya, bayang-bayang lockdown membuat sebagian besar orang merasa perlu memenuhi kulkasnya dengan bahan pangan siap makan. 

Inilah yang membuat permintaan akan frozen food meningkat tajam. Peningkatan ini menimbulkan bermunculannya pelaku usaha baru di bisnis ini.

Sekarang, makanan apapun akan dibekukan untuk kemudian dijual. Jika dulu hanya sebatas pada nugget dan sosis, saat ini semua yang sudah dimasak akan dipasarkan dalam bentuk beku. 

Misalnya ayam ungkep siap goreng, rendang, risoles, semur daging, dan lainnya. Sejak tahun lalu, usaha ini booming karena banyak sekali yang mengerjakannya.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Modal 3 Juta Dengan Omset Yang Menggiurkan (Plus Tipsnya)

6.  Pergudangan

Bisnis logistik mengalami lonjakan permintaan selama masa pandemi. Akibatnya, kebutuhan akan warehouse atau gudang juga meningkat untuk menjaga rantai distribusi. 

Semakin pendek, maka makin cepat sampai ke konsumen, artinya biaya jadi lebih rendah. Sejalan dengan pertumbuhan usaha pergudangan, permintaan akan sistem logistic juga meningkat.

Pelaku bisnis logistik nyatanya membutuhkan sebuah aplikasi terintegrasi yang terhubung dengan layanan ekspedisi, stock control, cost management, dan modul-modul lainnya. Bisa dibilang, usaha di bidang pergudangan dan sistemnya adalah yang paling booming akibat pandemi.

7.  Podcast

Bisa dijalankan oleh individu atau dengan sebuah tim, usaha ini nyatanya sangat booming. Orang lebih banyak beraktifitas di rumah atau dalam ruangan dan membutuhkan hiburan supaya tidak bosan. 

Podcast, walaupun sudah ada sejak puluhan tahun lalu, nyatanya menjadi fenomena “baru” karena platformnya lebih kekinian seperti Youtube atau Spotify.

Berisi konten-konten menarik tergantung siapa yang membawakannya, ini merupakan bisnis yang bisa coba digeluti. Agar bisa membuat orang tertarik, cobalah untuk membahas apapun yang dikuasai. 

Jangan menjadi peniru, jadilah otentik, dan bawakan hal-hal relevan. Cocok juga dilakukan saat sedang branding.

Itulah tadi usaha yang lagi booming pasca pandemi. Walaupun pebisnis dipaksa untuk beradaptasi dengan lingkungan dan ekosistem bisnis baru, nyatanya peluang-peluang terus bermunculan. 

Ini tentu kabar menggembirakan bagi mereka yang memang berjiwa wirausaha. Berpikiran terbuka dan siap akan segala perubahan menjadi kunci sukses bisnis di masa depan. 

Selamat mencoba.

Post a Comment for " 7 Usaha yang Lagi Booming di 2021 (Patut untuk Dicoba)"