Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan (Patut Dicoba)

Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan (Patut Dicoba)

Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang Yang Menguntungkan - Barang bekas biasanya identik dengan loak atau sampah. Padahal, jika memiliki otak yang kreatif, barang bekas dapat diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selain dapat mengurangi sampah, barang bekas tersebut dapat dijual kembali hingga menjadi suatu bisnis. 

Bagi yang tertarik dengan ide ini, mari pelajari berbagai bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan dan gampang dicoba.

Ada banyak barang bekas yang bisa didaur ulang untuk menjadi produk bermanfaat. Selain botol plastik, ada koran, majalah, kain perca hingga kulit makanan yang bisa disulap menjadi kerajinan tangan. Kuncinya hanya satu, kreatif dan selalu berpikir out of the box. 

Nah, jika sudah mengumpulkan barang-barang tersebut, maka saatnya mencari ide yang menarik. 

Bagi yang ingin memulai bisnis dengan barang bekas, cobalah beberapa ide berikut.

Cekidot!

1. Bisnis Keset Perca

Contoh bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan hingga patut dicoba adalah usaha keset perca. Kain perca merupakan bahan sisa konveksi yang sudah tidak lagi digunakan lagi oleh pemiliknya. 

Karena merupakan sisa dari produk lain, maka bentuk dan ukuran dari setiap kain perca tidaklah sama. Bahkan, jenis kainnya pun bisa berbeda-beda, tergantung dari sang penjual perca.

Bagi para konveksi, kain perca adalah sampah yang tidak terpakai. Namun, bagi pemilik otak kreatif, kain perca adalah bahan dasar untuk membuat kaos, selimut, lap maupun karpet. Jadi, daripada dibuang, kenapa tidak didaur ulang kembali menjadi hal yang lebih bermanfaat seperti lap dan keset.

Cara untuk memanfaatkan kain perca adalah dengan menjahit kembali satu per satu kain tersebut hingga terbentuk menjadi keset. Nantinya keset ini dapat digunakan sebagai kain lap kaki hingga menambah nilai estetik di rumah. Jadi jangan khawatir dengan perbedaan warna dan jenis kainnya karena justru inilah keunikan dari keset perca.

Keuntungan lain dari bisnis ini adalah bahannya murah yang mudah dicari. Kain perca biasanya dijual dalam bentuk kiloan oleh penjahit atau konveksi kaos. Untuk harganya cukup beragam, tergantung dari jenis kain yang dijual namun biasanya dijual mulai dari Rp 50.000/kg

1 kilogram kain perca bisa menjadi 2-3 keset kaki, tergantung dari ukurannya. 

Namun jika satu keset dapat dijual dengan harga Rp 40.000 saja, maka pelaku usaha sudah bisa mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 70.000/kg kain perca. Menarik bukan usahanya? 😉

Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, maka carilah kain perca dari konveksi atau penjahit yang lebih murah.

2. Alas Gelas, Vas, Hiasan Dari Koran Bekas

Barang bekas lainnya yang sangat berpotensi untuk menjadi bisnis adalah majalah dan koran. Hanya dengan bekal kertas bekas, orang bisa menciptakan banyak barang menarik seperti tas, alas gelas hingga hiasan rumah.

Salah satu keuntungan dari bisnis kerajinan ini adalah modal yang tidak besar. Selain kreatifitas, yang dibutuhkan hanyalah koran, majalah atau kertas. Bagi yang berlangganan koran atau majalah, maka bahan bisa didapatkan dengan mudah. Sedangkan, jika tidak biasa membeli koran, maka carilah di pengepul barang bekas.

Harga koran bekas juga sangatlah murah. Semakin lama korannya, maka harganya menjadi lebih murah, yaitu Rp 12.500 - Rp 25.000/ kg. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah lagi, maka belilah dalam jumlah yang banyak.

Salah satu contoh kerajinan tangan  koran bekas yang banyak dicari oleh orang adalah alas gelas. Hanya dengan menggulung kertas menjadi lingkaran kecil, pengrajin sudah bisa mendapatkan alas gelas yang unik. 

Jika ingin membuatnya lebih awet, maka lapisi dengan plastik tipis. Jika sudah jadi, pengrajin bisa menjual alas gelas tersebut dalam jumlah lusinan seharga Rp 20.000 atau sesuai harga pokok produksinya.

Info Menarik Lainnya : Contoh Hiasan Dinding dari Tali Kur (Makrame), Intip Yuk!

3. Botol Plastik

Salah satu jenis sampah yang paling banyak digunakan untuk usaha kerajinan tangan adalah botol plastik. Selain sangat mudah ditemukan, botol plastik bisa didaur ulang kembali menjadi banyak hal bermanfaat. 

Bagi yang tidak ingin terlalu banyak usaha, maka ubahlah botol plastik menjadi pot-pot kecil. Hal ini dapat dilakukan dengan memotong botol menjadi dua bagian kecil. Untuk membuatnya lebih menarik, jangan lupa untuk menghiasnya dengan cat warna-warni.

Pengrajin bisa saja menjual pot kecilnya saja, namun jika ingin menaikkan harga jualnya, maka mereka bisa menjual tanamannya sekaligus. Jadi, agar nilai jualnya bertambah, tambahkan bibit tanaman beserta tanah di dalamnya. 

Semakin besar tanamannya, maka harga jualnya akan menjadi lebih mahal.  Ini merupakan bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan karena yang dibutuhkan hanyalah botol dan bibit tanaman saja.

Produk baru lainnya yang bisa dibuat dari botol plastik adalah tempat alat tulis. Cara membuatnya pun tidak jauh berbeda dengan pot karena bentuknya hampir sama. Namun, agar wadahnya menjadi lebih menarik, maka bentuklah botolnya menjadi bentuk menarik seperti kepala kucing atau hewan lainnya.

Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Dinding dari Benang Wol ini Unik Banget, Lihat Yuk!

4. Meja, Kursi Dari Ban Bekas

Salah satu bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan dan menjanjikan adalah barang dari ban bekas. Harga ban baru bisa sangat mahal. Namun, jika sudah tidak terpakai lagi, harga ban tersebut bisa merosot sangat tajam. Nah, hal ini bisa dimanfaat oleh para pengrajin untuk membuat sesuatu yang baru.

Salah satu jenis barang yang bisa dibuat dari ban bekas adalah set meja dan kursi santai. Proses pembuatan set ini mungkin akan memakan waktu lama dibandingkan dengan kerajinan tangan lainnya. Namun, jika berhasil menjualnya, keuntungan yang didapatkan bisa sangat menggiurkan dan menjanjikan.

Faktor lain yang membuat bisnis ini menarik adalah persaingan pasar yang belum terlalu besar. Tidak banyak orang yang kepikiran untuk mengolah kembali ban bekas yang tidak terpakai. Selain modal yang dibutuhkan memang lebih besar, proses pembuatannya pun lebih rumit dan panjang.

Namun, apabila pengrajin bisa membuat set kursi dan meja dengan menarik, maka produk ini akan sangat laku di pasaran. Selain karena nilai estetiknya yang berbeda dengan set kursi pada umumnya, harga belinya pun jauh lebih murah.

Info Menarik Lainnya : Modal Awal Usaha Daur Ulang Plastik (Rincian Lengkap)

5. Bisnis Pallet Bekas

Usaha kerajinan tangan lainnya yang tidak kalah menarik dan menguntungkan adalah bisnis kerajinan tangan dari pallet bekas. 

Sama halnya dengan ban, harga dari pallet baru sangatlah mahal. Namun, jika sudah ada bagian yang rusak dan tidak bisa digunakan lagi, maka orang akan membuangnya dengan cuma-cuma. Nah, daripada hanya menjadi sampah, pallet bekas ini bisa menjadi harta untuk para pengrajin.

Jika memiliki pallet bekas dalam jumlah yang banyak, maka pengrajin bisa membuat set kursi dan meja dari bahan tersebut. Namun, jika jumlahnya terbatas, maka salah satu barang mudah yang bisa dibuat adalah rak gantung. 

Hanya dengan bekal pallet bekas, bor, palu dan palu, pengrajin sudah bisa menciptakan rak gantung untuk dijual. Untuk harganya, jangan khawatir karena barang satu ini dapat dijual dengan harga Rp 50.000- Rp 300.000/ pcs.

Info Menarik Lainnya : Mainan Unik Untuk Anak Dari Barang Bekas (Be Creative)

Itulah beberapa macam bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan di pasaran. Memulai usaha kerajinan tangan dari barang bekas memang tidak mudah. Selain harus kreatif, dibutuhkan usaha lebih untuk mengolah kembali barang tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

Namun, jika para pengrajin berhasil mengolahnya dengan baik, maka bisnis tersebut bisa sangat menguntungkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan (Patut Dicoba)"