Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Iklan di MIUI 11 Agar Tidak Muncul Terus Menerus

Cara Menghilangkan Iklan di MIUI 11 Agar Tidak Muncul Terus Menerus

MIUI 11 merupakan salah satu custom ROM pertama dari Xiaomi yang begitu ditunggu-tunggu oleh para penggunanya. Selain menawarkan berbagai fitur menarik, ROM ini juga dikenal simpel dan ringan untuk ponsel Xiaomi.  

Sayangnya, MIUI 11 memiliki banyak iklan yang kerap muncul hingga cukup mengganggu para pengguna. Adakah cara menghilangkan iklan di MIUI 11 agar tidak mengganggu kegiatan para pengguna Xiaomi?

Bagi yang terganggu dengan kehadiran iklan pada HP Xiaomi, jangan khawatir karena semua itu bisa dihilangkan secara permanen. Meskipun caranya cukup panjang dan sedikit kompleks, namun cara-cara berikut ampuh untuk menghentikan iklan yang mengganggu secara permanen maupun sementara. 

Untuk lebih detailnya, berikut cara menghilangkan iklan di MIUI 11 tersebut.

Simak hingga tuntas ya!

1. Menghentikan Layanan Iklan

Hal pertama yang bisa menyebabkan iklan terus masuk adalah karena pengaturan layanannya yang masih menyala di pengaturan. Jadi, cara termudah untuk menghentikannya adalah dengan mematikan layanannya di pengaturan privasi. 

Jika tidak dimatikan, maka layanan ini akan memberikan iklan berdasarkan kebiasaan pengguna.

Untuk mematikan layanan ini, masuk ke pengaturan dan bagian privasi. Selanjutnya di bawah layar akan ada layanan iklan. Pilih opsi tersebut dan matikan personalisasi iklannya untuk menghentikannya. 

Jika warnanya sudah abu-abu, maka layanan tersebut sudah mati.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengompres Video di Hp Tanpa Aplikasi, Simak Yuk!

2. Mengatur MSA

Penyebab lain dari banyaknya iklan yang muncul di MIUI 11 aktifnya MSA di HP tersebut. Ini merupakan aplikasi bawaan sehingga pasti ada pada semua jenis HP Xiaomi. 

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk menayangkan iklan dari berbagai aplikasi yang dimiliki oleh para pengguna. Jadi, selama aplikasi ini masih nyala, iklan akan terus masuk dan mengganggu.

Cara menghilangkan iklan di MIUI 11 bisa dilakukan dengan mengatur MSA-nya terlebih dahulu. 

Pertama, bukalah bagian Security dan pilihlah opsi penggunaan data. Nantinya, akan ada menu titik tiga yang berada di kanan atas layar. Sentuh tombol tersebut, pilih koneksi latar belakang dan carilah MSA dengan mengetiknya pada bagian kolom pencarian.

Jika sudah menemukannya, maka geserlah tombol pada MSA untuk mematikannya. Pastikan sudah memastikan fitur MSA untuk SIM 1 maupun 2 yang ada di HP.

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi Cleaner App

Jika iklan masih saja muncul di HP, maka saatnya menggunakan bantuan aplikasi untuk menghilangkannya. Salah satu aplikasi yang dikenal cukup efektif membantu menghilangkan iklan adalah Cleaner App .

Pertama, pastikan sudah mengunduh dan menginstall aplikasi pada HP Xiaomi. Jika sudah berhasil diinstall, maka bukalah tanda sapu yang berada di kanan pojok atas lalu pilihlah pengaturan.  

Pada bagian opsi rekomendasi, matikan pilihan untuk terima rekomendasi serta bawahnya juga. Dengan begitu, pengguna tidak menginginkan rekomendasi iklan baik menggunakan Wifi ataupun tidak.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Watermark Tiktok di HP Android, Simak Yuk!

4. Melakukan Pengaturan di Mi Browser

Semakin banyak aplikasi yang digunakan, maka potensi iklan muncul akan lebih besar. Jadi, cara menghilangkan iklan di MIUI 11 bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi tidak terpakai. Namun, jika semua aplikasi dirasa penting dan dibutuhkan, maka lakukan pengaturan agar iklan tidak muncul terus.

Salah satu aplikasi yang paling sering dipakai dan juga membawa iklan cukup banyak adalah Mi Browser. Sebagai salah satu aplikasi yang digunakan untuk browsing, maka Mi Browser akan memicu iklan tentang hal-hal yang sering dibuka oleh pengguna.

Untuk menghentikannya, bukalah aplikasi tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih pengaturan yang ada di bawah kanan pokok dan privasi. Pada bagian ini, pengguna akan melihat rekomendasi untuk Anda di bagian atas sendiri. Matikan opsi tersebut untuk menghilangkan semua iklan yang muncul dari Mi Browser.

5. Mematikan Push Notifications Pada Mi Video

Aplikasi lain yang banyak digunakan oleh para pengguna Xiaomi dan cukup mengganggu adalah Mi Video. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, pengguna harus mematikan push notification pada Mi Video untuk menghentikan notifikasi yang masuk.

Untuk mematikan notifikasi, bukalah aplikasi Mi Video terlebih dahulu. Selanjutnya, tekan ikon akun yang berada di kanan bawah layar dan pilihlah pengaturan. Jika sudah terbuka, maka matikan semua pilihan yang ada di bawah kebijakan privasi, baik untuk notifikasi dorong dan rekomendasi online.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Activate Windows 10 dengan Aman

6. Mematikan Opsi Rekomendasi Melalui File Manager

Jika aplikasi yang digunakan di HP sangat banyak, maka File Manager bisa membantu mengurangi pekerjaan. Jadi, daripada mematikan opsi rekomendasi pada setiap aplikasi, maka lakukan langkah yang sama namun melalui aplikasi File Manager. 

Meskipun tidak bisa hilang 100%, namun cara menghilangkan iklan di MIUI 11 ini cukup ampuh dan efektif.

7. Menggunakan ROM MIUI yang Berbeda

Apabila semua cara menghilangkan iklan di MIUI 11 diatas masih belum efektif, maka jalan terakhir yang bisa digunakan adalah mengganti ROM yang digunakan. Pengguna Xiaomi bisa menggunakan custom ROM yang berbeda dari MIUI 11. 

Hanya saja custom ROM yang berbeda ini tidak memiliki fitur selengkap dan sebagus MIUI 11. Selain itu, dengan mengganti custom ROM, pengguna tidak akan mendapatkan update rutin dari Xiaomi.

Cara-cara diatas dapat dilakukan untuk menghentikan masuknya iklan ke dalam HP. Hanya saja, iklan tidak bisa hilang secara 100%, apalagi jika hanya satu cara yang diterapkan. Jadi, semakin banyak cara yang dilakukan dan diterapkan, maka iklan yang muncul akan lebih jarang.

Cara menghilangkan iklan di MIUI 11 memang cukup banyak dan membutuhkan proses yang panjang. 

Selain dapat menghilangkannya melalui msa, para pengguna harus mematikan notifikasi rekomendasi pada setiap aplikasi. Jika tidak, notifikasi dan rekomendasi iklan akan terus bermunculan. 

Jadi, bagi yang baru saja menggunakan Xiaomi dengan MIUI 11, pelajari cara-cara diatas agar tidak sampai terganggu dengan iklan yang muncul.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Iklan di MIUI 11 Agar Tidak Muncul Terus Menerus "