Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh

Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh

Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD - Salah satu pertimbangan yang biasanya diperhatikan oleh orang ketika ingin membeli ponsel adalah kapasitas memori internalnya. Dengan memori yang besar, orang bisa menyimpan lebih banyak dokumen di dalamnya. 

Sayangnya, berapapun kapasitas yang diberikan, orang sering kali merasa bahwa jumlah tersebut masih kurang hingga menggunakan kartu SD tambahan. 

Jika sudah memutuskan menggunakannya, pastikan sudah mengetahui cara setting penyimpanan otomatis ke kartu SD.

Tujuannya agar data atau dokumen yang ada tidak sampai memenuhi memori HP.

Oleh karena itu, jika telah menggunakan kartu SD, maka pastikan semua dokumen dapat tersimpan secara langsung di memori tersebut. 

Dengan begitu, pengguna tidak perlu bekerja dua kali untuk memindahkan dokumen dari memori HP ke kartu SD. Selain itu, memori internal HP tidak akan sampai penuh karena semua sudah masuk secara otomatis ke kartu SD.

Untuk memastikan bahwa semua data langsung tersimpan di dalam kartu SD, maka lakukan pengaturan terlebih dahulu. Bagi yang sudah memiliki kartu SD dan ingin menggunakannya sebagai penyimpanan utama, maka lakukan langkah-langkah berikut.

Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Tersebut yaitu:

1. Memasukkan Kartu Slot

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli kartu SD adalah memastikan bahwa HP tersebut memiliki slot memori eksternal. Perlu diketahui bahwa tidak semua HP memiliki slot kartu SD untuk menambah memori. Jadi, pastikan ada atau tidak slot kartu SD pada bagian kanan kiri HP atau di dalam cover belakang.

Jika ada slot kartu, maka pastikan ukurannya. Pada umumnya, HP yang mendukung kartu slot menggunakan SD dengan ukuran yang kecil. Namun, agar tidak sampai salah membeli, bawalah HP yang akan digunakan untuk mencobanya. Selanjutnya, masukkan kartu SD tersebut ke dalam slot HP.

2. Melakukan Pengaturan di Files by Goggle

Salah satu cara agar semua dokumen yang dibuat melalui HP Android bisa disimpan di kartu SD adalah dengan mengubah pengaturannya di Files by Google. Jadi, semua dokumen yang dibuat dengan HP biasanya akan tersimpan secara langsung di memori internal HP dan juga Google. 

Untuk mengubah proses ini, maka aturlah pengaturannya agar berikutnya dapat langsung tersimpan di kartu SD.

Pertama, bukalah Files by Google yang ada di HP Android. Setelah aplikasi terbuka, pilihlah menu dengan garis tiga yang berada di kiri atas layar kemudian klik Settings. Scroll layar ke bawah hingga menemukan pilihan save to SD Card. Klik tombol pada bagian opsi dan pastikan warnanya menjadi biru.

Pada saat memilih opsi tersebut, pilih continue dan allow untuk memberikan izin akses. Jika semua sudah dijalankan dengan benar, maka semua dokumen yang dibuat di HP akan langsung tersimpan di kartu SD.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

3. Mengubah Pengaturan di Kamera HP

Salah satu file yang biasanya sering memenuhi memori ponsel adalah video dan foto. Agar hasil jepretan foto dan video bisa langsung tersimpan ke kartu SD, maka aturlah penyimpanannya di bagian pengaturan kamera.

Pertama, bukalah kamera dan pilihlah ikon setting yang berada di kiri atas layar. Selanjutnya, pilihlah storage untuk menentukan lokasi penyimpanan foto dan video. Jika ingin menyimpannya pada kartu SD, maka pilihlah memory card sebagai tempat penyimpanan utama.

Untuk memastikan bahwa video dan kamera sudah tersimpan di kartu SD, periksalah salah satu dokumen yang ada di galeri. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan salah satu foto dan melihat detailnya. 

Apabila sudah tersimpan di kartu SD, maka akan ada keterangan lokasi serta nama dari penyimpanan eksternal tersebut.

4. Mengatur di PlayStore

Aplikasi dan hasil unduhan merupakan jenis file lainnya yang seringkali memenuhi internal HP. Agar memori internal HP tidak sampai penuh, maka pastikan semua hasil unduhan langsung tersimpan di kartu SD. 

Cara setting penyimpanan otomatis ke kartu SD adalah dengan melakukan pengaturan di bagian PlayStore terlebih dahulu.

Untuk mengubah pengaturan, bukalah aplikasi Playstore. Selanjutnya, buka bagian pengaturan yang ada di kiri atas layar yang ditandai dengan tiga garis horizontal. 

Nantinya, akan muncul banyak pilihan, namun pastikan untuk memilih unduhan. Ketika membuka menu ini, pengguna bisa melihat lokasi awal penyimpanan semua dokumen unduhan Untuk mengubahnya, klik kotak tersebut dan ubahlah sesuai dengan lokasi kartu SD.

Selain bisa memilih tempat penyimpanannya, pengguna juga bisa memilih apa saja yang ingin disimpan dalam kartu SD. Selain hasil download, pengguna juga bisa memilih jenis-jenis dokumen yang ingin disimpan di kartu SD seperti gif, musik, dll.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengubah Resolusi Foto di Hp, Simak Hingga Tuntas Yuk!

5. Melakukan Pengaturan di WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chat yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tanpa orang sadari, foto, video hingga dokumen yang dikirim orang lain melalui chat seringkali tersimpan secara otomatis ke memori HP hingga memenuhi kapasitasnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka lakukan pengaturan untuk proses unduhnya serta tempat penyimpanannya.

Pertama, pastikan untuk mengatur agar tidak semua video, file maupun foto langsung terunduh. Hal ini bisa menghindari memori HP maupun kartu SD penuh dengan cepat. 

Cara setting penyimpanan otomatis ke kartu SD termudah bisa dilakukan dengan memindahkan aplikasinya juga ke penyimpanan eksternal. Dengan begitu, semua data dari WhatsApp akan langsung tersimpan juga di kartu SD.

Kesimpulan.

Cara setting penyimpanan otomatis ke kartu SD sebenarnya cukup dilakukan dari pengaturan ponsel saja. Jadi, dengan memilih kartu SD sebagai penyimpanan utama, semua file seharusnya langsung tersimpan disana. 

Namun, nyatanya seringkali proses ini tidak berjalan sehingga dibutuhkan proses manual agar dokumen dapat tersimpan di kartu SD. Jadi, bagi yang ingin dokumennya tersimpan di kartu SD, ada baiknya untuk melakukan langkah-langkah diatas terlebih dahulu.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh"