Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Cache di HP Oppo Agar Tidak Memenuhi Memori

Cara Menghapus Cache di HP Oppo Agar Tidak Memenuhi Memori

Data cache pada HP sebenarnya membantu meningkatkan kecepatan ketika menggunakan aplikasi tertentu. Hanya saja, jika jumlah data cache yang tersimpan sudah semakin menumpuk, maka hal ini akan menyebabkan memori HP menjadi penuh dan lemot. 

Ketika hal ini sudah terjadi, maka hapuslah data-data tersebut untuk menambah memori. Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu cara menghapus cache di HP Oppo atau ponsel lainnya.

Perlu diketahui bahwa menghapus cache dan data merupakan dua hal yang berbeda. Menghapus cache dalam memori internal tidak akan menghilangkan data yang ada di dalamnya. Sebaliknya, ketika menghapus data, maka cache yang ada di dalam internal bisa saja hilang.

Cara Mudah Menghapus Cache

Meskipun cache memiliki banyak manfaat bagi HP, namun data ini juga membuatnya menjadi lemot. Untuk menghindari hal ini terjadi, maka hapuslah cache secara rutin agar tidak sampai menumpuk di dalam memori. 

Untuk memastikan agar tidak sampai salah proses, berikut adalah cara menghapus cache di HP Oppo:

1. Menggunakan Manajemen Aplikasi

Untuk membantu para pemilik HP Oppo, maka cobalah menghapus data-data sampah tersebut melalui manajemen aplikasi. Fitur ini dapat ditemukan di bagian pengaturan serta setelan tambahan yang ada di menu. Ketika membuka menu ini, para pengguna bisa melihat berbagai jenis aplikasi yang ada dan terinstall pada HP.

Perlu diingat bahwa data cache berasal dari hampir semua aplikasi yang ada di HP. Jadi, cara menghapus cache di HP Oppo pun harus dilakukan satu persatu untuk setiap aplikasi. 

Caranya adalah dengan memilih satu aplikasi dulu, lalu pilih hapus cache yang berada di bawah kanan layar. Jika jumlah aplikasinya terlalu banyak, maka pilihlah yang paling sering digunakan saja.

2. Menghapus Melalui Manajer Telepon

Data cache seringkali tidak terlihat sehingga tidak bisa dihapus oleh para pemilik HP. Jika hal ini terjadi, maka cobalah menghapus cache menggunakan menu manajer telepon yang bisa digunakan pada Oppo dengan sistem ColorOS 3.1 ke atas.

Untuk melakukan hal ini, pilihlah ikon manajer telpon yang berada di menu HP. Selanjutnya pilihlah opsi aman untuk dibersihkan yang berada di bagian atas menu. 

Di menu tersebut, para pemilik bisa menentukan ingin menghapus seluruh cache dari semua aplikasi atau hanya tertentu saja. Jika ingin menghapus semua data cache, maka tinggal centah seluruh aplikasi dan hapus.

Info Menarik Lainnya : Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh

3. Membersihkan Cache Dari Pusat Keamanan

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghapus data cache yang tersimpan adalah melalui pusat keamanan pada HP. Proses penghapusan dengan menggunakan car aini lebih cepat namun tidak sedetail dan akurat seperti cara sebelumnya.

Pertama, bukalah pengaturan dan pilihlah pusat keamanan. Disini, para pengguna diharuskan memilih opsi bersihkan dan percepat. Jadi, tujuannya adalah membersihkan data-data sampah untuk mempercepat kinerja ponsel. 

Ketika memilih opsi ini, maka HP akan melakukan proses scanning dan menemukan data-data tidak terpakai. Selanjutnya, pilih hapus hingga data-data tersebut menghilang.

4. Mengunduh Aplikasi All in One Toolbox

Jika ingin hasil yang lebih bersih, namun juga bisa menyebabkan sampah tambahan adalah menggunakan aplikasi tambahan. Dari berbagai aplikasi yang ada, All in One Toolbox merupakan salah satu yang efektif dan membantu menghilangkan data cache.

Pertama, unduhlah aplikasi tersebut ke HP Oppo. Kemudian, bukalah da berikan izin kepada aplikasi untuk melihat isi data yang ada di HP. Selanjutnya, pilihlah opsi bersihkan dan aplikasi akan melakukan proses screening pada HP. 

Nantinya akan muncul berbagai data sampah yang ada di HP, termasuk data cache. Jika ingin menghapus semuanya tinggal centang semuanya dan pilih hapus.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

5. Menghapus Dengan CCleaner

Aplikasi lainnya yang tidak kalah ampuh dalam membersihkan data cache pada HP Oppo adalah CCleaner. Secara sistem kerja, cara penghapusan cache dengan aplikasi ini sama dengan All in One Toolbox. Yang membedakan hanyalah jenis fitur yang ada di dalam aplikasi.

6. Menggunakan Booster Android

Salah satu aplikasi yang tidak hanya bisa digunakan untuk HP Oppo namun juga ponsel lainnya adalah Booster Android. 

Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan performa dari HP agar bekerja dengan lebih baik dan cepat. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menghapus data cache yang ada dan tersimpan dalam HP.

Sama halnya dengan dua aplikasi lainnya, Booster Android akan melakukan scanning untuk mencari data-data cache yang tersimpan dan tersembunyi. Dengan begitu, internal HP bisa berkurang serta performa ponsel juga meningkat. 

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah banyaknya fitur untuk mendukung performa HP menjadi lebih baik, seperti battery optimization. 

Info Menarik Lainnya : Cara Agar Baterai HP Xiaomi Tidak Cepat Habis dan Awet

Pentingnya Menghapus Data Cache di HP Oppo

Setelah mengetahui cara menghapus data cache di HP Oppo, maka usahakan untuk melakukan proses ini secara rutin. Usahakan untuk selalu menghapus data yang tidak penting minimal sebulan sekali. Hal ini untuk menghindari HP menjadi lemot atau memori internal penuh.

Selain itu, dengan rajin membersihkan data cache pada HP, ponsel akan bekerja lebih optimal sehingga menghindari aplikasi error dan menutup dengan sendirinya. Hal ini juga akan mempengaruhi kinerja baterai sehingga tidak mudah drop ataupun habis.

Data cache pada HP memang bagus dan berfungsi untuk mempercepat kinerja sebuah aplikasi. Namun, pastikan hanya data yang penting saja yang memang disimpan dan digunakan, sedangkan hapus yang tidak terpakai. 

Untuk menghilangkan beberapa data saja, maka pelajari cara menghapus cache di HP Oppo seperti diatas.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghapus Cache di HP Oppo Agar Tidak Memenuhi Memori"