Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan NFC di iPhone (Pembayaran & Isi Saldo)

Cara Menggunakan NFC di iPhone (Pembayaran & Isi Saldo)

Pada awal kemunculannya, NFC hanya tersedia pada HP Android. Namun, seiring berjalannya waktu, fitur tersebut juga mulai bisa ditemukan di produk Apple seperti iPhone. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadarinya bahkan belum mengetahui cara menggunakan NFC di iPhone. 

Nah, bagi para pemilik iPhone, jangan khawatir, artikel ini akan mengupas caranya.

Jenis iPhone yang Dapat Digunakan

NFC sudah ada pada produk Apple sejak versi iPhone 6 diluncurkan. Namun, pada saat itu, fitur tersebut belum terlalu umum dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga banyak pengguna yang tidak menyadari keberadaannya serta fungsinya.

NFC pada iPhone 6 sendiri juga tergolong baru sehingga masih memiliki banyak keterbatasan. Pada versi ini, fiturnya hanya bisa digunakan dengan app Wallet atau Appley Pay. Jadi, pembayaran atau mengisi saldo pun belum bisa dilakukan pada versi ini.

Kondisi ini tidak bertahan lama, karena setelah itu, Apple menyediakan NFC pada setiap versi baru yang dikeluarkan mulai dari iPhone 7 hingga XS, XR dan SE. Namun khusus pengguna iPhone versi lama, pastikan sistem operasinya sudah terupdate atau minimal iOS 13 untuk bisa menikmati seluruh fungsinya.

Cara Memakai NFC Untuk Berbagai Tujuan

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tidak perlu menyalakan atau mematikannya. Berbeda dengan sistem yang lain, NFC pada perangkat Apple ini akan selalu mati ketika tidak digunakan. Sedangkan ketika akan digunakan, fitur ini akan otomatis menyala dan langsung dapat digunakan.

Bagi yang masih asing dengan aplikasi ini, jangan khawatir karena cara menggunakan NFC di iPhone sebenarnya sangat mudah. Hanya perlu sedikit pengaturan serta mengunduh aplikasi yang tepat untuk bisa menggunakannya. 

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk mengetahui cara pemakaiannya:

1. Mengatur app Wallet untuk Media Pembayaran

Sebuah fitur yang pada Apple dan bisa menyambung dengan NFC adalah app Wallet. Dengan kombinasi kedua fitur tersebut, pengguna bisa menggunakan HP sebagai alat bayar yang ringkas, aman dan cepat.

Untuk bisa menggunakan app Wallet, pertama, tambahkan kartu kredit atau debit yang nantinya akan menjadi tempat tagihan. Masukkan detail informasi kartu kredit dengan mengangkat kartu sejajar dengan kamera HP. 

Jika sudah masuk dalam bingkai, informasi kartu seharusnya langsung masuk dalam aplikasi. Namun kalau tidak berhasil, maka masukkan detail secara manual. Nanti pihak bank dari kartu tersebut akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Prosesnya biasanya hanya membutuhkan 1x24 saja. 

Sesudah disetujui, maka aplikasi sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Cara menggunakan NFC di iPhone untuk membayar adalah dengan menempelkan atau mendekatkan bagian belakang ponsel dengan alat bayar di tempat tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Menggunakan NFC Samsung A51 Untuk Berbagai Tujuan

2. Mengunduh Mandiri Online Untuk Cek Saldo

Fungsi utama dari NFC yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah untuk memeriksa saldo. Namun, untuk bisa cek saldo, para pengguna harus mengunduh aplikasi lain seperti Mandiri Online, BRI hingga Tokopedia. Jika ingin yang aman dan pasti, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Mandiri Online.

Untuk menggunakan aplikasi ini, para pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat ditemukan pada App Store dan bisa diunduh secara gratis. Jika sudah berhasil, maka bukalah aplikasi dan masukkan akun yang dimiliki.

Ketika sudah terbuka, pilihlah menu e-money yang terletak di ujung kanan layar. Nantinya, akan muncul beberapa opsi untuk kartu tersebut. Khusus untuk cek saldo, klik opsi teratas yaitu Lihat Saldo. Selanjutnya, tempelkan kartu pada ponsel, tepatnya pada bagian bawah kamera untuk mengetahui jumlah saldonya.

3. Mengisi Saldo Dengan Aplikasi

Selain dapat digunakan untuk mengetahui isi kartu, aplikasi yang sudah diunduh juga dapat digunakan untuk mengisi saldo. Caranya pun tidak jauh berbeda dari yang telah dijelaskan. Hanya saja, pada saat membuka opsi e-money, pilihlah opsi ketiga, yaitu isi ulang kartu. Di pilihan ini, para pemilik bisa menentukan jumlah saldo yang diinginkan.

Jumlah minimal untuk mengisi saldo adalah Rp 10.000 dan tidak ada batasan untuk maksimalnya. Setelah selesai mengisi saldo, maka pengguna harus kembali ke menu utama untuk memilih opsi pertama lagi yaitu perbarui saldo.

Sama halnya dengan cek saldo, tempelkan kartu pada ponsel secara perlahan hingga muncul tulisan perbarui isi saldo. Jika muncul pilihan tersebut, maka klik dan saldo secara otomatis akan bertambah.

Info Menarik Lainnya : Cara Transfer Uang Lewat Hp, Sangat Mudah dan Praktis

4. Mengunduh Tokopedia Untuk Semua Jenis E-money

Kalau tidak ingin repot dengan satu jenis kartu, maka unduhlah salah satu e-commerce seperti Tokopedia untuk membantu. Dengan aplikasi yang satu ini, pengguna bisa cek dan isi saldo untuk semua jenis kartu e-money dari semua bank. Proses pengecekan dan pengisiannya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi diatas, mudah dan cepat.

Berkat kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat, NFC kini berperan penting dalam kehidupan manusia. Bahkan di negara maju, hampir semua toko menyediakan alat pembayaran dengan media ini. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi membawah cash atau dompet ketika berpergian.

Sayangnya di Indonesia sendiri belum banyak outlet atau toko yang menggunakan fitur ini. Meskipun begitu, fungsinya yang dapat digunakan untuk cek serta mengisi saldo pada e-money cukup membantu para pengguna Apple.

Secara umum, cara menggunakan NFC di iPhone hampir sama dengan Android. Hanya saja, pengguna tidak perlu menyalakan atau mematikan fiturnya ketika ingin menggunakannya. Selain itu, untuk bisa menggunakan fitur ini, iPhone yang dimiliki harus minimal iOS 13. Jika tidak, maka fungsinya tidak akan optimal.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menggunakan NFC di iPhone (Pembayaran & Isi Saldo) "