Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Transfer Uang Lewat Hp, Sangat Mudah dan Praktis

Pada awal mulanya, handphone diperkenalkan sebagai alat komunikasi yang praktis. Namun, seiring berlalunya waktu, handphone berubah menjadi alat multifungsi. Sekarang, selain digunakan sebagai alat komunikasi, ponsel juga bisa menjadi media untuk mengirim uang. Wah, kira-kira bagaimana cara transfer uang lewat hp?

Sudah menjadi sifat dasar manusia untuk terus mencari cara melakukan sesuatu dengan lebih praktis. Hal tersebut juga berlaku pada sistem transfer. Setelah munculnya ATM, kini metode pengiriman uang semakin berkembang, yakni dengan memanfaatkan hp.


Cara Transfer Uang Lewat Hp, Sangat Mudah dan Praktis




Detail Cara Transfer Uang Lewat hp

Bagi orang yang tidak sempat pergi ke ATM ataupun ke bank, transfer lewat hp ini tentu sangat membantu. Tidak hanya menghemat waktu, transfer uang melalui telepon genggam juga terbilang mudah dan sangat praktis. Selain itu, cara transfer lewat hp juga beragam, jadi setiap orang bisa memilih cara yang paling tepat.

Terdapat empat cara transfer uang lewat hp,

yaitu:

1. SMS Banking

Salah satu cara transfer uang lewat hp adalah melalui SMS Banking. Sesuai namanya, proses transfer dengan metode ini dilakukan dengan cara mengirim pesan pendek. SMS Banking sendiri merupakan salah satu inovasi dari perbankan dengan tujuan memudahkan proses transaksi nasabah.

Kelebihan dari SMS Banking ini adalah tidak memerlukan koneksi internet. Jadi, apabila kebetulan paket internet sedang habis, proses transfer masih bisa dilakukan asal pulsa tersedia. Selain dapat digunakan untuk transfer, SMS Banking juga bisa digunakan untuk mengecek saldo, mengisi pulsa, membayar tagihan, dan lain-lain.

Untuk bisa menggunakan layanan SMS Banking, pengirim harus mendaftarkan nomor teleponnya terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah yakni cukup pergi ke bank terdekat dan biarkan customer service mengurus segalanya.

Apabila nomor telah terdaftar dan ingin melakukan transfer, yang harus dilakukan yakni:
  • Membuka menu pesan
  • Pilih pesan baru
  • Tuliskan format untuk mengirim uang yakni "TRANSFER(spasi)Kode Bank yang dituju dan Nomor Rekening Penerima(spasi)Jumlah Nominal Uang(spasi)PIN pengirim"
  • Kirim
Masing-masing bank biasanya memiliki format dan nomor tersendiri. Namun, secara umum, begitulah cara transfer uang lewat hp dengan SMS Banking. Satu hal yang harus diperhatikan yakni, pengirim harus mengetahui kode bank sebelum mengirim uang, terlebih apabila transfer dilakukan antar bank.

2. Mobile Banking

Pada dasarnya, layanan Mobile Banking serupa dengan SMS Banking. Hanya saja, untuk dapat menggunakan Mobile Banking, pengirim harus menginstall aplikasi Mobile Banking ke ponselnya, yang artinya pengirim membutuhkan ponsel pintar untuk bisa menggunakan layanan ini.

Selain itu, layanan ini juga memerlukan koneksi internet dan untuk mengaktifkannya pengirim perlu mendaftarkan nomor telepon ke kantor bank terdekat. Namun, cara penggunaan Mobile Banking jauh lebih praktis karena pengirim tidak perlu menghafal kode bank.

Setelah melakukan pendaftaran nomor telepon di bank, pengirim bisa mengunduh aplikasi Mobile Banking sesuai dengan bank yang dimiliki. Apabila aplikasi telah diunduh, pengirim bisa segera login dan aplikasi Mobile Banking pun bisa digunakan.

Info Menarik Lainnya : Cara Transfer Uang Antar Negara, Mudah & Cepat Sampai

Untuk melakukan pengiriman uang melalui Mobile Banking, biasanya setiap bank memiliki caranya tersendiri. Namun, secara umum cara pengiriman uang melalui Mobile Banking adalah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Mobile Banking
  • Pilih menu Transfer
  • Pilih sub menu antar bank jika rekening tujuan berbeda bank. Namun apabila rekening tujuan sama dengan bank yang digunakan, maka pilih sub menu antar rekening.
  • Pada beberapa bank, pengirim akan diminta untuk mendaftarkan nomor rekening tujuan. Namun, ada juga yang langsung memasukan nomor rekening tanpa perlu mendaftarkannya terlebih dahulu.
  • Tuliskan Nomor Rekening tujuan
  • Tulis Jumlah Nominal Uang yang akan ditransfer
  • Pastikan semuanya telah tertulis dengan benar, lalu klik “OK” atau “Send” untuk mengakhiri proses transaksi.

3. Internet Banking

Internet Banking adalah salah satu cara transfer lewat hp lain dimana pengirim tidak perlu menghafalkan kode bank agar bisa mengirim uang. Berbeda dengan Mobile Banking yang menggunakan aplikasi sebagai media, proses transaksi dengan Internet Banking dilakukan melalui website bank.

Tidak hanya itu, Internet Banking juga memiliki limit transfer yang lebih besar dibandingkan dengan Mobile Banking. Meskipun transaksi dilakukan melalui website bank, pengirim tidak perlu khawatir data nasabah bocor ke pihak luar. Hal ini dikarenakan sistem keamanan website bank sangat kuat, sehingga tidak memungkinkan data bocor.

Info Menarik Lainnya : Cara Transfer Uang ke Luar Negeri & Permasalahan Umumnya

Sama seperti layanan lain, untuk bisa menikmati Internet Banking, nasabah perlu datang ke kantor Bank untuk melakukan pendaftaran. Selain itu, agar bisa mengakses Internet Banking diperlukan juga akses internet.

Sesudah mengaktifkan layanan Internet Banking, pengirim bisa masuk ke website bank saat akan melakukan pengiriman uang. Selanjutnya, langkah yang harus dilakukan yakni:
  • Login dengan memasukan User ID dan Password
  • Mencari dan memilih menu Transfer. Pada menu ini akan ada tiga pilihan yakni: Transfer Sesama, Transfer Antar Bank, dan Kliring.
  • Pilih Sub-Menu Transfer lalu pengirim akan dihadapkan dengan formulir untuk melakukan transfer.
  • Isikan formulir dengan cermat supaya tidak terjadi kesalahan
  • Sebelum mengirim perintah, pengirim akan diminta untuk memasukan Kata Sandi dan Nomor Token terlebih dahulu.
  • Klik permintaan M Token untuk mendapat token terbaru. Perlu diingat, permintaan pengiriman token membutuhkan pulsa, jadi pastikan bahwa pengirim memiliki pulsa yang cukup.
  • Masukan Nomor Token dan klik Kirim.
Cara diatas merupakan proses pengiriman uang melalui Bank BRI. Setiap bank memiliki cara tersendiri, akan tetapi prosesnya tidak akan berbeda jauh dari proses di atas.

Info Menarik Lainnya : Cara Kirim Uang dari Luar Negeri Menggunakan PayPal

4. E-Wallet

Bagi orang yang tidak memiliki akun atau rekening di bank atau pun malas pergi ke kantor bank untuk membuka layanan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking, maka E-Wallet atau dompet digital bisa jadi solusi. Pengirim hanya perlu mengunduh aplikasi E-Wallet di ponsel pintar untuk melakukan transaksi.

Ada berbagai layanan E-Wallet yang bisa digunakan seperti, OVO, GoPay, Doku, LINK AJA, Dana, dan lain sebagainya. Dompet digital ini sangat mudah digunakan, baik untuk mengirim uang maupun melakukan transaksi lain.

Untuk mengirim uang melalui dompet digital, penerima uang setidaknya harus sudah memiliki aplikasi yang sama atau memiliki rekening bank. Selain itu, sebelum mengirim uang, pengirim juga harus memastikan bahwa saldo dompet digital cukup untuk melakukan transfer.

Secara garis besar, tahapan untuk mentransfer uang melalui E-Wallet yaitu:
  • Buka aplikasi E-Wallet dan lakukan Login
  • Klik menu Transfer
  • Masukan Jumlah Nominal Uang yang akan ditransfer
  • Pilih Penerima. Terkadang ada aplikasi yang memberi pilihan jenis akun penerima (rekening atau aplikasi tersebut)
  • Jika uang akan dikirim ke aplikasi penerima, maka pengirim harus menulis nomor telepon penerima. Namun, jika memilih menggunakan bank, maka masukan nomor rekening penerima
  • Klik Transfer atau Konfirmasi
Setiap aplikasi dompet digital biasanya memiliki proses atau tahapan yang berbeda untuk melakukan transfer. Namun, kurang lebih seperti diatas itulah tahapan yang dilakukan, jika pengirim ingin mentransfer uang ke orang lain via E-Wallet.

Dengan dikembangkannya fungsi handphone sebagai media untuk mengirim uang, proses transfer menjadi lebih mudah dan cepat. Hal ini tentunya menguntungkan berbagai pihak terutama orang-orang yang sibuk dan tidak sempat pergi ke ATM.

Ditambah lagi, cara transfer uang lewat hp ada bermacam-macam, sehingga setiap orang bisa memilih cara yang tepat dan sesuai dengan diri masing-masing. Bisa dikatakan bahwa transfer lewat hp merupakan terobosan yang sangat briliant.

Info Menarik Lainnya : 5 Kelebihan Menabung di Bank Syariah

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Transfer Uang Lewat Hp, Sangat Mudah dan Praktis "