Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan NFC Samsung A51 Untuk Berbagai Tujuan

Cara Menggunakan NFC Samsung A51 Untuk Berbagai Tujuan

Samsung A51 kini bukan hanya sekedar perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi saja. Dengan kelengkapan fitur dan teknologi yang dimiliki, Samsung A51 kini juga berfungsi sebagai alat pembayaran, transfer data hingga pembuka pintu. Semua ini bisa terjadi karena adanya fitur yang disebut dengan NFC. 

Bagi yang belum tau itu fitur apa dan cara menggunakan NFC Samsung A51, pelajari lebih lanjut.

Pada dasarnya, NFC memiliki prinsip kerja seperti Bluetooth atau sistem koneksi lainnya karena menggunakan gelombang dalam prosesnya. Hanya saja, dibandingkan kedua fitur tersebut, koneksi NFC lebih lancar dan kuat. 

Selain itu fitur koneksi ini memiliki banyak fungsi yang seringkali tidak diketahui oleh para pemilik ponsel itu sendiri.

Cara Menyalakan NFC pada HP

Bagi yang baru saja membeli HP Samsung A51 atau yang sejenis, maka fitur ini seharusnya sudah ada pada ponsel masing-masing. Namun, untuk memastikan bahwa fitur ini memang ada, maka cobalah cek di bagian pengaturan. Jika sudah terbuka, maka pilihlah opsi koneksi dan pilihlah menu NFC. 

Untuk mengaktifkannya, tinggal klik hingga tombolnya berwarna biru.

Cara lain untuk mengaktifkan NFC pada Samsung A51 adalah dengan scroll layar ke bawah. Ketika hal ini dilakukan, akan muncul beberapa ikon dan simbol seperti Wi-Fi, Bluetooth dll. Geserlah layar ke kanan hingga menemukan ikon NFC. Kemudian tekan ikon NFC untuk mengaktifkannya. 

Sama dengan sebelumnya, jika sudah berwarna biru, maka tandanya NFC sudah aktif.

Fungsi & Cara Pemakaiannya

Pemilik HP Samsung A51 seringkali tidak menyadari bahwa mereka memiliki NFC di dalam ponselnya. Kalaupun ada yang mengetahuinya, mereka biasanya tidak memahami fungsi dan kegunaan dari fitur tersebut. 

Agar dapat digunakan, maka ketahui fungsi serta cara menggunakan NFC Samsung A51 sebagai berikut:

1. Melakukan Pembayaran

Di luar negeri, NFC sudah banyak digunakan untuk mengganti kartu kredit sebagai alat bayar. 

Jadi, tanpa harus membawa dompet lagi, orang bisa langsung membayar dengan menggunakan HP. Untuk bisa melakukan hal ini, maka pastikan sudah mengunduh dan menginstall Google Wallet, PayPal atau aplikasi lain yang sejenis.

Sistem pemakaian Google Wallet sama seperti sistem pembayaran lainnya. Pengguna bisa mengisi saldo atau memasukkan data kartu kredit pada aplikasi tersebut. Jika sudah terisi atau terinstall, maka HP dapat digunakan untuk membayar. 

Cara menggunakan NFC Samsung A51 untuk membayar hanyalah dengan mendekatkan HP ke alat pembayarannya. Jika sudah terdeteksi, maka saldo akan langsung terpotong atau tagihan masuk.

Info Menarik Lainnya : Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh

2. Mengisi Saldo Kartu Tol

Salah satu fungsi NFC yang paling banyak diketahui oleh orang Indonesia adalah untuk mengisi atau mengetahui saldo kartu tol. Namun, untuk fungsi yang satu ini, para pengguna juga harus mengunduh aplikasi ketiga untuk membantu prosesnya. Beberapa contoh aplikasi yang bisa diunduh adalah Tokopedia, M-Banking, hingga cek saldo.

Bagi yang ingin mengetahui saldo kartu tol, maka pastikan NFC sudah menyala terlebih dahulu. Jika sudah menyala, maka tempelkan kartu pada bagian belakang HP. Nantinya, akan muncul beberapa aplikasi yang dapat membantu menunjukkan isi saldo. Pilih salah satu dan tekan buka.

Untuk yang ingin mengisi saldo kartu tol, maka pilihlah salah satu aplikasi yang akan digunakan. Dalam contoh ini, aplikasi untuk membeli saldo adalah M-Banking. Lakukan proses pengisian saldo lalu tempelkan kartu pada bagian belakang HP agar isinya dapat segera berubah. 

Jangan lupa untuk mengecek kembali isi saldo jika sudah berhasil.

3. Melakukan Transfer Data

NFC pada ponsel ternyata juga berfungsi sebagai media pengiriman data antar HP. Selama ada NFC pada HP, maka proses transfer dapat dilakukan. Cara untuk mengirimkan atau menerima data menggunakan NFC dapat dilakukan dengan menyalakannya terlebih dahulu. Selanjutnya, pilihlah data yang akan dikirim dan dekatkan perangkat yang akan digunakan.

Jika memiliki laptop dengan koneksi NFC juga, maka pengguna juga bisa memindahkan data dari HP ke PC maupun sebaliknya. Proses kerjanya sama dengan Bluetooth, hanya saja koneksinya dan prosesnya lebih cepat. Pastikan baterai HP terisi full ketika melakukan proses transfer data agar tidak ada data yang hilang.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

4. Memudahkan Terkoneksi Dengan Wi-Fi

Di beberapa tempat umum seperti hotel, mereka menyediakan Wi-Fi porter. Nah, untuk bisa tersambung ke Wi-Fi tersebut, pengguna bisa menyalakan NFC lalu menempelkan HPnya ke alat tersebut. Dengan begitu, HP akan langsung tersambung dengan koneksi Wi-Fi tanpa perlu memasukkan kata sandi terlebih dahulu.

5. Bertukar Nomor Telepon

Sama halnya dengan transfer data, NFC bisa menyimpan atau bertukar nomor HP secara langsung. Daripada harus menelpon satu sama lain, tempelkan atau dekatkan saja belakang HP dan masing-masing nomor akan langsung tersimpan.

6. Membuka Kunci Pintu

Di luar negeri, NFC juga bisa dipakai sebagai kunci untuk membuka pintu. Fungsi ini bisa dijalankan untuk perkantoran atau tempat dengan sistem kunci kartu. 

Agar HP bisa berfungsi sebagai kunci pintu, maka pastikan data pintu tersimpan di dalam HP. Dengan begitu, para karyawan bisa memiliki cadangan kunci jika mereka tidak membawa kartu IDnya untuk membuka pintu.

Itulah beberapa fungsi dan cara menggunakan NFC Samsung A51 dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun belum semua fiturnya bisa diaplikasikan di Indonesia, namun NFC sudah mulai banyak berkembang dan dikenal oleh masyarakat. 

Info Menarik Lainnya : Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)

Untuk bisa menggunakan NFC, pastikan untuk selalu menyalakannya agar dapat langsung digunakan. Selain itu, simpan data-data yang dibutuhkan di HP agar NFC dapat bekerja dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menggunakan NFC Samsung A51 Untuk Berbagai Tujuan"