Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan, Simak yuk!


Pandemi virus corona ternyata memicu munculnya trend baru, yaitu kembali ke desa. Orang-orang yang tadinya mencari peruntungan di kota besar justru memilih pulang kampung. Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ternyata cukup banyak dijajal orang. Terutama oleh mereka yang sudah tidak memungkinkan lagi bertarung nasib di perkotaan.

Kemudian juga semakin kesini, kaum muda tampaknya mulai menyadari bahwa bisnis bisa dilakukan dari desa. Banyak potensi yang apabila dikelola dengan benar bisa mendatangkan nilai ekonomis tinggi. 

Lalu, apa saja jenis usaha yang bisa dijalankan oleh pemula? Yuk baca sampai habis untuk tahu jawabannya.

Mengapa Harus Berbisnis dari Desa?

Ternyata, masih banyak orang yang ragu menjalankan usaha dari kota kecil atau pedesaan. Alasannya beragam mulai dari minimnya peluang, daya beli kecil, distribusi sulit, sampai ke urusan gengsi. Tak sedikit masyarakat menganggap bekerja dari kampung kurang keren karena lingkungannya tak semodern perkotaan.

Padahal, potensi usaha di desa sangat besar. Pertama, persaingan di pedesaan umumnya kecil .Contoh mudahnya adalah, di perkotaan bisa dilihat berapa banyak penjual minuman di satu ruas jalan yang sama. Tapi tidak begitu adanya di desa. Satu bisnis yang sama belum tentu dijalankan oleh banyak orang.

Karena persaingan yang sedikit ini maka tentu penjualan yang lebih banyak bisa diraih. Lebih jauh lagi, keuntungan tentu akan makin besar. Kemudian, umumnya, modal membuka usaha di desa tidak terlalu banyak. Harga-harga bahan baku cenderung lebih miring. Walaupun omset usaha di kota lebih besar, tapi biaya hidup juga sangat mahal jika dibandingkan pedesaan.

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan tentu bisa dicoba bagi mereka yang tepat membaca peluang. Bukalah bisnis yang menjawab kebutuhan masyarakat desa. Ini menjadi kunci sukses yang jitu. Sumber daya di desa tentu lebih baik dan tersedia dalam jumlah banyak. Kemudian, biasanya ongkos tenaga kerja juga lebih murah.

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Menemukan ide adalah yang paling sulit dilakukan oleh orang yang baru pertama kali menjajal usaha. Sebagai patokan, apabila ingin membuka usaha di kampung halaman, kenali dulu potensi, karakteristik, serta daya beli masyarakatnya. Setidaknya lakukan riset dulu apa yang menjadi kebutuhan penduduk dan pendatang di sana.

Berikut ini beberapa contoh usaha berdasarkan karakteristik desa yang bisa dikulik para pemula:

1.  Usaha di Desa Wisata

Sekarang ini, pariwisata daerah pedesaan sedang digenjot oleh Pemerintah. Ini bisa menjadi ladang usaha yang subur. Apabila kebetulan sektor dan atraksi wisata di kampung halaman dirasa potensial mendatangkan wisatawan, maka ada sejumlah bisnis yang bisa dicoba untuk dijalankan.

Membuka bisnis di tempat yang kuat pariwisatanya sangat menguntungkan karena pasarnya bukan hanya masyarakat lokal tapi juga pendatang dari luar. Hampir semua jenis usaha bisa dijalankan. 

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut ini:

  • Rental mobil/motor
  • Guest House
  • Persewaan peralatan camping (tenda, sleeping bag, carrier, tali, dll)
  • Counter pulsa/paket data
  • Rumah makan
  • Foto copy dan digital printing
  • Agen BRILink

BRI merupakan Bank BUMN yang menyediakan layanan kerjasama dengan perorangan dalam menyediakan jasa perbankan. Membuka usaha ini sangat potensial dijalankan oleh pemula di pedesaan karena mudah dijalankan serta minim resiko. Kemudian, potensi mendapat untung juga sangat besar. Dari setiap transaksi, mitra mendapat fee sebanyak 5000 Rupiah.

Di desa, umumnya tidak tersedia banyak Bank. Kalaupun ada, lokasinya berjauhan. Kemudian, tidak semua orang memiliki mobile banking atau tersambung ke internet. Maka, hadirnya usaha ini bisa membantu penduduk di desa apabila ingin melakukan transaksi perbankan seperti transfer, tarik uang, melakukan pembayaran, sampai top up saldo.

Info Menarik Lainnya : 12 Usaha Potensial Di Desa Yang Perlu Anda Tahu (Prospeknya Bagus Lho)

3.  Beternak Lele

Apabila lahan yang dimiliki cukup, membudidayakan ikan lele bisa jadi pilihan. Modal yang dibutuhkan umumnya kecil. Selain itu, ikan ini merupakan favorit orang Indonesia di segala kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Kandungan gizinya tinggi dan rasanya pun enak.

Potensi usaha ini sangat besar dan bisa dilakukan oleh siapapun asalkan ulet dan telaten. Satu kolam bioflok bisa diisi sampai 1000 ekor dengan peluang panen sekitar 80 persen. Apabila ingin mencobanya, silahkan menjajal dulu di kolam kecil berisi 100 bibit, jika sukses, lanjutkan ke sistem bioflok.

4.  Grosir Sembako

Kebutuhan pokok selalu dicari orang baik itu di desa atau kota. Maka, membuka toko yang menjual barang-barang seperti beras, telur, minyak goreng, kopi, teh, gula, dan lainnya sangat potensial. Usahakan lokasi toko berada di tempat yang mudah dijangkau dan dekat dengan pemukiman warga.

Kunci keberhasilan usaha ini adalah dengan menggandeng supplier yang bisa menjamin ketersediaan barang. Jika memungkinkan, jalinlah kerjasama dengan banyak pemasok. Carilah yang harganya bersaing karena umumnya masyarakat di desa akan mencari penjual dengan harga termurah. Membeli dari penyedia tangan pertama sangat diutamakan.

Info Menarik Lainnya : Kriteria Usaha Sampingan Di Desa Yang Paling Menjanjikan (Plus Tipsnya)

5.  Membuka Toko Alat-Alat Pertanian

Semenjak pandemi, kebutuhan akan pupuk, media tanam, serta peralatan bercocok tanam lainnya meningkat. Di pedesaan, maiu' \ penduduknya rata-rata masih mengandalkan lahan pertanian sebagai mata pencaharian. Maka, membuka usaha yang dapat mendukung ketersediaan bahan-bahan bertani cukup potensial.

Untuk urusan pemasaran, bisa dari mulut ke mulut atau juga memasarkan di e-commerce. Dengan bergabung di Tokopedia atau Shopee, penjual bisa menjangkau pembeli dari kota-kota lain juga. Jangan ragu untuk memulainya karena kebutuhan akan produk ini terus meningkat.

6.  Jasa Pengiriman

Distribusi barang saat ini menjadi elemen penting bagi kelangsungan sebuah bisnis. Produk-produk UMKM atau online shop yang ada memerlukan ekspedisi untuk sampai ke tujuan. Ini merupakan contoh usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Sudah ada banyak brand yang dapat diajak bekerja sama.

Bisnis ini memiliki potensi besar karena pengiriman barang sekarang jadi bagian tak terpisahkan dari keseharian masyarakat. Di sebuah desa pasti ada pelaku usaha yang perlu mengirimkan produknya, maka kehadiran jasa ekspedisi sangat dibutuhkan. Yuk, coba.

Info Menarik Lainnya : 19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya

7.  Membuka Tempat Kursus/Bimbel

Akses terkadang masih sulit di daerah pedesaan. Untuk itu, hadirnya tempat belajar mengajar menjadi kebutuhan. Tantangan menjalankan usaha ini memang cukup besar terutama pada pengadaan sumber daya manusianya. Tetapi ini tetap potensial asalkan tidak mematok harga yang terlalu mahal. Sesuaikan dengan kondisi daya beli disana juga.

Kemudian, sediakan kursus bidang yang sedang trend sekarang ini seperti informatika, coding, atau bisa juga les bahasa asing. Tak lupa lengkapi tempat belajar dengan internet yang kencang, jaga kebersihannya serta utamakan pola ajar yang sesuai dengan kondisi sekarang.

Kesimpulannya, usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan cukup banyak. 

Hal penting untuk diperhatikan adalah melakukan riset tentang potensi desa, karakteristik masyarakat, serta daya beli yang ada. Ketahui kebutuhan apa yang belum bisa terpenuhi dengan maksimal. Inilah ceruk yang bisa dimanfaatkan dan dikelola menjadi sesuatu dengan nilai ekonomis tinggi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan, Simak yuk!"