Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Smartphone


Cara Memperbaiki Video Yang Tidak Bisa Diputar - Menyimpan dan menonton video di HP merupakan hal yang umum dilakukan oleh para pemiliknya. Selain lebih ringkas, pemilik bisa memutarnya kapan dan dimana saja. Namun, ketika sudah mengunduh dan menyimpan video di HP, terkadang ada yang tidak bisa dibuka. 

Jika hal ini terjadi, bagaimanakah cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android?

Simak jawaban selengkapnya berikut ini. 

Apabila terjadi error, jangan langsung terburu-buru untuk menghapusnya. Mungkin terjadi error ketika melakukan pemutaran ada format tidak didukung oleh aplikasi yang digunakan. 

Nah, sebelum menghapus video tersebut, ada baiknya mencari penyebabnya terlebih dahulu. 

Jika sudah menemukan penyebabnya, baru cobalah beberapa cara untuk memperbaikinya:

1. Mengunduh Aplikasi yang Dapat Memainkan Berbagai Format Video



Pada umumnya, video tidak bisa diputar karena format videonya yang tidak didukung oleh aplikasi bawaan HP. Hal ini normal terjadi, apalagi jika tidak memiliki aplikasi yang tepat untuk memutarnya. 

Aplikasi bawaan pada Android biasanya memang tidak bisa mendukung semua jenis format video. Sehingga, cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android adalah dengan mengunduh aplikasi tambahan.

Jika ingin mengunduh aplikasi yang dapat memutar berbagai jenis video adalah VLC for Android. Aplikasi yang satu ini dulunya hanya bisa diunduh dan digunakan di PC saja. Namun dengan minat masyarakat yang begitu tinggi, maka kini ada VLC for Android. 

Beberapa jenis video yang dapat diputar di VLC diantaranya adalah MP4, MKV, AVI hingga yang tidak umum seperti TS< AAC, DivX dan XviD.

Aplikasi lainnya yang juga bisa dipertimbangkan untuk diunduh adalah MX Player. Sama halnya dengan VLC, aplikasi yang satu ini bisa memutar hampir semua jenis video dan tergolong mudah digunakan. 

Selain itu, MX Player juga memiliki fitur tambahan yang membuatnya semakin nyaman digunakan seperti menyapu layar hingga zoom.

2. Scan Video yang Akan Diputar



Penyebab lain yang seringkali tidak disadari oleh para pemiliknya adalah video tersebut terkena virus. Hal ini sangat mungkin terjadi, apalagi jika HP atau file lainnya habis terserang virus. 

Jika memang hal ini baru saja terjadi, maka ada baiknya untuk melakukan scanning terhadap seluruh file yang ada di HP tersebut termasuk videonya.

Untuk bisa melakukan langkah ini, pastikan sudah memiliki aplikasi antivirus yang handal. Para pengguna tinggal mengunduhnya dan aplikasi akan langsung tersimpan di HP. 

Jika ingin terhindar dari virus, maka ada baiknya memasang scanning secara rutin. Jika sudah discan, cobalah memutar video kembali dengan menggunakan aplikasi pilihan.

3. Mengurangi Memori Pada HP



Beberapa HP Android tidak bisa memutar video jika memori internalnya penuh. Namun, hal ini juga sering tidak disadari oleh para pemiliknya. 

Memori internal yang penuh akan membuat HP menjadi lambat dan tidak bisa bekerja dengan maksimal. Jika hal ini terjadi, maka ada potensi video tidak bisa diputar dengan baik bahkan sama sekali.

Apabila memang memori internal mulai penuh, maka ada baiknya menghapus dokumen maupun aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. 

Jika sudah menghapus seluruh data yang ada, namun memori masih penuh, maka cobalah gunakan aplikasi khusus penghemat memori. Aplikasi ini akan membantu menghapus sampah-sampah yang tidak terlihat dan tersembunyi.

Info Menarik Lainnya : Cara Menyembunyikan Video di Hp Oppo, Simak Yuk!

4. Mengubah Format Video Sesuai Aplikasi



Pada umumnya, aplikasi pemutar video seperti VLC, MX Player dan KMPlayer bisa memutar berbagai jenis format. Namun, jika kebetulan format video yang dimiliki tidak didukung oleh aplikasi-aplikasi tersebut, maka ubahlah ke bentuk yang diinginkan. 

Hal ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi tambahan atau langsung melalui aplikasi online.

Cara untuk mengubah format video pun sangat mudah. Para pemilik tinggal mengunggah video yang ingin diubah ke dalam aplikasi yang telah dipilih. Selanjutnya, pilihlah format yang diinginkan. Agar bisa diputar di semua Android, maka pastikan untuk memilih format yang umum seperti mp4 atau 3gp.

5. Update Aplikasi



Jika sudah mengunduh aplikasi yang diinginkan, namun video masih saja belum bisa diputar, maka cobalah untuk melakukan update terlebih dahulu. 

Ada potensi bahwa aplikasi yang lama belum mendukung format-format terbaru sehingga perlu di update terlebih dahulu. Jadi, lakukan update secara rutin terutama jikaada versi yang terbaru.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Rotate Video di HP Tanpa Aplikasi? Cek Disini

6. Melakukan Hard Restart & Cobalah Aplikasi Lain



Apabila semua cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android diatas telah dilakukan, namun belum juga berhasil maka cobalah untuk memutar video tersebut para perangkat lain. Jika berhasil, maka ada potensi bahwa HP atau aplikasi yang digunakan bermasalah.

Pertama, cobalah lakukan hard restart terlebih dahulu. Jika sudah menyala, cobalah diputar lagi dengan menggunakan aplikasi yang sama. 

Apabila masih belum berhasil, maka kemungkinan aplikasinya bermasalah. Jadi, coba untuk menghapus aplikasi tersebut dulu lalu mengunduh dan menginstalnya kembali. Jika masih belum berhasil, maka cobalah mengunduh aplikasi lain.

Jadi sebelum menghapus video yang tidak bisa diputar, lakukan cara-cara di atas terlebih dahulu. 

Pertama, perhatikan format videonya selanjutnya gunakan aplikasi yang memang bagus seperti VLC ataupun video media player. Jika menggunakan aplikasi tersebut masih belum berhasil, maka ada potensi bahwa videonya yang bermasalah.

Jika semua cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android belum berhasil, cek kembali videonya dengan menggunakan antivirus . 

Lakukan scanning pada video untuk melihat apakah ada virus atau tidak di dalamnya. Jika sudah discanning dan dihilangkan virusnya namun video belum bisa diputar, maka mintalah bantuan kepada ahlinya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Smartphone"