Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyembunyikan Video di Hp Oppo, Simak Yuk!

Cara Menyembunyikan Video di Hp Oppo, Simak Yuk!

Punya rekaman yang tergolong privat dan tak ingin dilihat orang apalagi sampai disebarkan? Salah satu cara melindunginya adalah dengan mengaplikasikan cara menyembunyikan video di hp Oppo. Ya, ponsel keluaran negeri tirai bambu ini rupanya dilengkapi dengan proteksi yang mumpuni lho.

File-file pribadi memang hendaknya dilindungi supaya tidak sembarang orang bisa membukanya. Apalagi jika tergolong mengandung konten sensitif dan sampai tersebar, maka ancaman pidananya cukup berat. Nah, jangan khawatir karena artikel kali ini akan memberitahu bagaimana proteksi untuk hal-hal seperti ini.

Cara Menyembunyikan Video di Hp Oppo

Sebagai salah satu smartphone yang paling banyak digunakan di Indonesia, ponsel pintar ini juga didukung sistem keamanan yang baik. Penggunanya bisa menyimpan serta meletakkan file di tempat “tersembunyi” tanpa harus khawatir bocor, tersebar, atau hilang.

Tapi sayangnya, tidak semua user tahu bagaimana cara mengaktifkan proteksi ini. Hal ini bisa jadi berbahaya dan beresiko, terlebih lagi jika terdapat video dan berkas lain yang bersifat sensitif dan pribadi. 

Maka berikut ini akan dijabarkan bagaimana menyembunyikan semua itu dari tangan-tangan jahil.

1.  Sembunyikan dengan Membuat Akses Masuk

Dari menu privasi, buat kata sandi untuk melindungi semua jenis aplikasi, berkas, dan folder. Setelah itu, masuklah ke File Manager. Cari menu Video disana, kemudian buka dan tekan sampai muncul opsi Dikirim, Disalin, Dihapus, Dipindahkan, Lainnya. 

Pilih opsi LAINNYA, lalu atur Private, dan selesai.

Bagaimana cara membuat Passcode? 

Mudah saja, yaitu dengan lewat App Lock di pengaturan ponsel. 

Masuklah ke bagian Setting kemudian pilih Privacy (selanjutnya masuk lewat sini). 

Akses masuk dapat berupa password, pola, dan PIN angka. Setelahnya, tentukan mana saja yang ingin dikunci dan lakukan pengujian. Selesai.

Setelah langkah diatas dilakukan, hasil rekaman yang tersimpan di ponsel tidak akan bisa dibuka orang lain. Akses hanya diberikan kepada pemilik ponsel atau orang yang memiliki passwordnya. Ini merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk pengguna yang anti ribet.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengunci Galeri di Iphone (Agar Foto Pribadi Jadi Aman)

2.  Lindungi dengan Private Safe

Cara menyembunyikan video di Hp Oppo bisa dengan memanfaatkan fitur yang satu ini. 

Caranya sama, yaitu masuk dari menu Privacy di Setting, lalu pilih apakah akan membuat kata kunci, kode PIN, atau pattern. Pada layar akan muncul kategori apa saja yang ingin dilindungi, seperti foto, dokumen, audio, dan lain-lain.

Pilihlah mana yang ingin di proteksi dengan menekan tanda + yang ada di kanan atas. Setelahnya, tempatkan folder Private Safe pada home screen agar lebih mudah diakses. Jangan khawatir, tidak semua orang bisa membukanya kok.

3.  Sembunyikan di Kotak File

Hanya ingin menyembunyikannya saja tanpa memproteksi? 

Caranya masukkan saja ke folder Penyimpanan Khusus yang merupakan fitur bawaan dari Hp Oppo. Anda tak perlu repot-repot mengunduh software tambahan. Jadi Anda bisa memindahkan video pribadi di fitur bawaan ini. 

Fitur ini cukup aman karena ada perlindungan berupa PIN, kata sandi, atau pola. 

4.  Gunakan Microsoft Launcher

Ini adalah pilihan untuk third party app yang bisa digunakan menyembunyikan video. 

Unduh saja secara gratis di Play Store kemudian buat akun. Setelah selesai, pergilah ke home screen, klik pada icon titik tiga dan pilih mana saja aplikasi yang ingin disembunyikan. Setelah itu masuk ke Hide Apps. Proses pun selesai.

Perlu diingat yang di-hide adalah aplikasinya, bukan per satuan file. Opsi ini akan lebih aman dan praktis ketimbang memilih satu-satu karena akan memakan banyak waktu. Selain itu juga karena dianggap lebih mudah daripada membuat password.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka iCloud yang Lupa Password dan Email Agar Berfungsi

5.  Menginstal Gallery Vault Pada Smartphone

Video di hp Oppo juga bisa disembunyikan dengan menggunakan aplikasi ini. 

Mengunduh Gallery Vault secara gratis bisa dilakukan dari Play Store

Setelah membuat akun, buka kembali app dan temukan Grant Access. Klik pada tombol itu dan berikan Approval untuk akses ke semua fitur seperti kamera, storage, foto, dan juga kontak.

Proses di atas juga harus disertai dengan pembuatan password dan permintaan input email recovery. 

Welcome Screen akan terbuka setelah semua langkah tadi dilakukan. Klik icon + pada layar, lalu pilih video atau foto mana yang ingin di hide (sembunyikan). Klik OK pada Confirmation Message

Selesai.

Kelemahan Menggunakan Software Tambahan untuk Menyembunyikan Video

Walaupun hasil akhirnya terkadang lebih baik daripada fitur bawaan, menambahkan aplikasi dalam kasus ini bisa mendatangkan efek negatif. Salah satunya yaitu melambatnya performa ponsel. Ini karena third party app pasti akan memakan ruang penyimpanan dan seringkali bekerja di background.

Kedua hal ini dapat membuat smartphone bekerja lebih keras sehingga terkesan lambat. Pengguna mungkin akan menjumpai situasi dimana untuk membuka sebuah folder saja membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi konsumsi baterai yang semakin besar akibat dari penambahan app-app ini.

Untuk menyiasatinya, hendaknya secara rutin juga memeriksa software mana saja di hp yang jarang digunakan. Masukkan mereka ke dalam pengaturan deep sleep dan jangan ijinkan bekerja di background. Matikan semua notifikasi dan hanya ijinkan dari aplikasi yang benar-benar dipakai saja. 

Semua langkah diatas termasuk dalam pemeliharaan perangkat juga, lho.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

Kesimpulannya, cara menyembunyikan video di hp Oppo tidak sulit dan mudah dilakukan. Fitur-fitur bawaan dari ponsel sendiri memungkinkan pengguna melakukan itu. Kemudian, jika dibutuhkan tambahan software third party juga boleh dilakukan. 

Dan demi keamanan jangka panjang, hendaknya tidak menyimpan konten-konten sensitif karena resikonya sangat besar.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Menyembunyikan Video di Hp Oppo, Simak Yuk!"