Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka iCloud yang Lupa Password dan Email Agar Berfungsi


iCloud merupakan salah satu aplikasi penting bagi para pengguna Apple. Dengan aplikasi ini, para pengguna bisa menyimpan seluruh data yang ada di perangkat Apple ke dalam satu server. Kemudian, pengguna bisa mengakses seluruh datanya dengan mudah darimana saja.  

Lalu, bagaimanakah cara membuka iCloud yang lupa password dan email agar dapat digunakan kembali?

Tidak bisa log-in atau membuka aplikasi memang menjadi masalah yang sering terjadi. Meskipun begitu, proses untuk mengembalikan iCloud cukup repot dengan proses yang sedikit komplek. Jadi, usahakan untuk tidak melupakan semua kebutuhan untuk membuka iCloud.

Berbagai Alternatif Untuk Membuka Kembali iCloud

Meskipun insiden ini cukup merepotkan, namun, Apple tetap memberikan beberapa cara agar iCloud dapat diakses kembali. Untuk bisa mengembalikan iCloud, para pengguna diharuskan menggunakan pihak ketiga alias aplikasi untuk bisa mengatur kembali kata sandinya. 

Bagi yang sedang mengalami masalah yang sama, silahkan coba beberapa alternatif berikut:

1. Menggunakan iCloud.com

Alternatif yang pertama bagi yang lupa dengan passwordnya adalah dengan menggunakan iCloud.com. 

Situs ini dapat dibuka melalui HP, laptop maupun perangkat lainnya. Sama dengan aplikasi iCloud, pada halaman situs ini, pengguna diharuskan memasukkan email atau ID Apple untuk bisa melanjutkan proses pengaturan ulang.

Bagi yang tidak bisa sign in, maka pilihlah Forgot Password yang biasanya terletak di bagian bawah halaman. Selanjutnya, pengguna akan diberi dua pilihan untuk bisa membuka kembali iCloud. Opsinya adalah menjawab pertanyaan khusus dan yang kedua pengirim link reset.

Jika ingin proses cepat, maka pilihlah menjawab pertanyaan. Pastikan untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan jawaban di awal ketika membuat akun. 

Apabila pertanyaannya berhasil dijawab, maka pengguna bisa langsung membuat sandi yang berbeda untuk sign in. Jadi, ketika awal pendaftaran iCloud pastikan memilih pertanyaan yang mudah diingat jawabannya.

Jika tidak berhasil menjawab pertanyaan, maka pilihlah opsi yang pertama untuk mengatur kembali password. Disini, iCloud akan mengirimkan email dengan link untuk melakukan pengaturan. 

Untuk yang ragu email mana yang digunakan,  iCloud akan memberikan petunjuk mengenai id penerimanya. Selanjutnya, bukalah link yang diberikan dan buatlah sandi yang unik namun mudah diingat.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan

2. Mengunduh Find My iPhone

Jika ingin menggunakan aplikasi resmi dari Apple, maka gunakan Find My iPhone untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Selain dapat mencari perangkat lain, aplikasi bisa mengembalikan akses iCloud dengan aman.

Khusus cara ini, gunakan perangkat yang berbeda dari yang biasanya digunakan. Selanjutnya, pastikan aplikasi tersebut sudah diunduh dan diinstall pada perangkat tersebut. 

Ketika sudah berhasil, pilihlah forgot password untuk mendapatkan instruksi lebih detail. Sebelumnya para pengguna harus memasukkan Apple ID terlebih dahulu untuk bisa lanjut ke proses selanjutnya.

3. Melalui Situs iforgot.apple.com

Apple juga menyediakan bantuan di website resminya untuk membantu mereka yang lupa dan tidak masuk ke akun iCloud. Untuk mendapatkan bantuan tersebut, pengguna bisa membuka halaman resmi Apple terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih Support dan scroll kebawah untuk memilih Forgot Password.

Sama halnya dengan aplikasi lain, disini pengguna diwajibkan mengisi Apple ID nya terlebih dahulu. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan pilihan mengenai cara membuat kode yang baru. Setelah ini, pengguna akan mendapatkan angka verifikasi untuk memastikan bahwa pengguna memang pemilik ID tersebut. 

Info Menarik Lainnya : 4 Cara Membuat Video Menjadi Live Wallpaper di iPhone

Untuk proses yang lebih mudah, pilihlah mendapatkan email. Dengan proses ini, penggunakan akan mendapatkan email dan juga link untuk melakukan perubahan kata sandi. 

Setelah link terbuka, maka pengguna diharuskan memasukkan sandi baru sebanyak dua kali. Setelah selesai, bukalah iCloud dengan kode yang baru saja dibuat.

Apabila cara membuka iCloud yang lupa password dan email diatas sudah berhasil, jangan memberikan kode kepada siapapun. Apple tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi kehilangan atau kebocoran data akibat berbagi sandi.

Tips Menghindari Lupa Akun iCloud

Apple memang menyediakan berbagai cara membuka iCloud yang lupa password dan email. Meskipun begitu, sebelum bisa benar-benar menggunakan aplikasinya kembali, para pengguna harus melalui serangkaian proses terlebih dahulu. 

Untuk menghindari hal ini terjadi lagi, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Mencatat di HP

Apple memiliki berbagai macam fitur untuk mempermudah penggunanya. Jadi, pastikan untuk memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk menghindari lupa kata sandi ataupun ID nya. 

Contoh fitur yang bisa digunakan adalah Notes. Disini, para pengguna bisa menuliskan berbagai aplikasi serta kata sandi yang digunakan. Jika catatan tersebut bersifat rahasia, maka tinggal kunci saja agar tidak bisa dibuka orang lain.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Terbukti Manjur!

2. Menggunakan Kata Sandi yang Sama Dengan HP/Perangkat Lain

Cara lain untuk menghindari kejadian ini adalah dengan menggunakan satu jenis kata sandi saja. Pada umumnya kata sandi terdiri dari 8 karakter yang merupakan campuran angka dan huruf. 

Buatlah kata dengan campuran tersebut lalu terapkan pada semua aplikasi. Dengan begini, para pengguna tidak harus menghafalkan terlalu banyak kata sandi.

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah jangan sampai melupakan Apple ID. Proses mengembalikan Apple ID lebih lama dan lebih kompleks. Untuk menghindari kejadian yang sama, maka gunakan nama depan dan belakang agar mudah diingat.

Jadi, itulah beberapa cara membuka iCloud yang lupa password dan email serta tips untuk menghindarinya. Meskipun prosesnya sedikit panjang, namun para pengguna bisa tetap membuka kembali iCloud dengan cara yang aman. Jika sudah mendapatkan sandi yang baru, jangan lupa untuk segera mencatatnya di HP agar tidak terjadi kejadian yang sama lagi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuka iCloud yang Lupa Password dan Email Agar Berfungsi"