Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi

Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi


PDF merupakan format yang umum digunakan untuk sebuah dokumen. Dengan bentuknya yang ringkas dan simpel, banyak orang yang cenderung menggunakan format ini dibandingkan dengan Word. 

Sayangnya, salah satu kekurangan dari format PDF adalah ukurannya yang cukup besar dan dapat memakan memori. 

Tapi tak perlu terlalu khawatir. 

Apa sebab?

Karena saat ini sudah banyak cara mengecilkan resolusi PDF tanpa mengurangi kualitasnya.

Yuk simak ulasan selengkapnya hingga tuntas!

Ada banyak aplikasi yang dapat membantu mengecilkan resolusi PDF dengan mudah dan gratis. Bagi yang tidak ingin mengunduhnya, maka juga dapat menggunakan aplikasi online. 

Dengan aplikasi online, pengguna tidak membutuhkan tambahan memori dan prosesnya sangat mudah. 

Nah bagi yang ingin mengecilkan resolusi PDF dengan atau tanpa aplikasi, berikut adalah beberapa pilihan yang bisa dicoba:

1. Menggunakan Microsoft Word


Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi

Cara pertama yang bisa dicoba untuk mengecilkan resolusi PDF adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Ini merupakan salah satu aplikasi yang hampir ada pada setiap perangkat, baik HP maupun PC. Pastikan Microsoft Word-nya minimal tipe tahun 2010 keatas.

Pertama, bukalah PDF yang ingin dikecilkan dengan aplikasi tersebut. Selanjutnya, pilihlah Save as untuk menentukan jenis format yang ingin disimpan. Karena ingin disimpan dalam format yang sama, pilih PDF

Untuk menentukan ukurannya, pilih opsi Optimize For, kemudian pilihlah ukuran yang diinginkan. Jika sudah selesai klik Save. Kini file tersebut langsung tersimpan dengan ukuran yang baru.

2. Mengecilkan Dengan Adobe Acrobat


Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi


Aplikasi lain yang juga sudah banyak dimiliki oleh para pemilik PC adalah Adobe Acrobat

Selain dapat digunakan untuk mengubah resolusi foto, aplikasi ini juga dapat berfungsi untuk mengecilkan PDF. Tidak kalah dengan Microsoft Word, cara mengecilkan resolusi PDF dengan aplikasi ini juga sangat mudah.

Pengguna tinggal membuka dokumen PDF yang ingin dikecilkan resolusinya. Selanjutnya pilih Tools, nanti beberapa opsi akan muncul. Pilih ukuran yang diinginkan, kemudian pilih Save as agar dokumen yang lama tidak terhapus. 

Jika ingin ukuran yang optimal tanpa mengurangi kualitasnya, maka gunakan opsi Advance Optimization.

3. Menggunakan Aplikasi iLovePDF


Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi

Bagi Anda yang tidak punya kedua aplikasi diatas, maka jangan khawatir, karena ada yang tersedia online dan bisa digunakan secara gratis. Salah satunya yang sudah terkenal dan banyak digunakan adalah iLovePDF

Tampilan dan prosesnya juga sangat sederhana, sehingga membuatnya sangat mudah untuk diproses. 

Untuk yang ingin mencobanya, maka bukalah situs iLovepdf.com

Ketika halaman situs sudah terbuka, maka silahkan pilih dokumen yang ingin dikecilkan, kemudian unggah ke situs tersebut. Pastikan ukurannya masuk dan sesuai dengan kriteria aplikasi. 

Jika berhasil, nantinya akan ada tiga pilihan kompresi yang dapat dipilih, mulai dari yang rendah hingga tinggi. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap ukurannya.

Setelah selesai memilih jenis kompresi yang diinginkan tinggal klik Compress PDF dan prosesnya akan langsung dimulai. Lama prosesnya tergantung dari banyaknya halaman dokumen yang dikompres. 

Jika sudah selesai, maka dokumen akan langsung terunduh ke perangkat masing-masing.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengirim Video di Google Classroom (Untuk Memudahkan Proses Belajar)

4. Memperkecil di Situs Smallpdf


Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi

Situs lainnya yang tidak kalah terkenal dan mudah digunakan adalah Smallpdf

Secara keseluruhan, fungsi dan cara mengecilkan resolusi PDF dengan menggunakan aplikasi ini sama seperti sebelumnya. Bedanya, pada Smallpdf opsi kompresinya hanya ada dua, yaitu Basic dan Strong Compression.

Untuk yang membutuhkan ukuran yang kecil, maka gunakan yang Basic Compression. Dengan opsi ini, pengguna bisa mengecilkan resolusi dokumennya hingga 40% tanpa mengurangi kualitasnya terlalu banyak. 

Sedangkan bagi yang masih ingin resolusi yang bagus namun dengan ukuran lebih kecil, maka gunakan opsi Strong Compression.

Sayangnya untuk pilihan Strong Compression pada aplikasi ini berbayar. Jadi jika ingin menggunakan aplikasi ini secara gratis, pengguna hanya bisa memilih yang Basic Compression untuk sementara.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengupload Tugas di Google Classroom untuk Belajar Daring

5. Mengunggah Dokumen di SodaPDF


Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi

Untuk yang mencari opsi lainnya, maka cobalah aplikasi SodaPDF

Aplikasi yang satu ini bisa mengurangi resolusi PDF, serta mengubah berbagai format dokumen dengan mudah dan cepat. 

Sama halnya dengan smallpdf, aplikasi ini berbayar jika ingin menggunakannya secara keseluruhan. Namun, bagi yang ingin mencobanya, maka bisa menggunakan opsi free trial dulu.

Meskipun berbayar, namun aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki situs gratis online. Salah satunya adalah dapat mengubah isi PDF secara langsung pada aplikasi tersebut. 

Selain itu ada banyak fitur yang jarang ada pada situs online lainnya seperti mengubah PDF ke PPT atau sebaliknya dan masih banyak lagi.

6. Menggunakan PDF2GO


Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi


Jika mencari aplikasi yang gratis dan dapat digunakan di semua perangkat, maka gunakan PDF2GO

Dari sekian aplikasi gratis online, ini merupakan salah satu yang terlengkap. Tinggal pilih menu yang diinginkan lalu unggah dokumennya secara online.

Namun untuk bisa menggunakan versi gratisnya, para pengguna harus Log in terlebih dahulu. Selain itu ada maksimal kapasitas yang bisa digunakan setiap harinya untuk setiap pengguna. Jadi perhatikan jumlah yang ingin diedit setiap harinya.

Itulah berbagai opsi aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan resolusi PDF yang besar. 

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Soal di Google Classroom & Menunjukkan Nilainya

Untuk yang tidak memiliki koneksi internet, maka gunakan opsi offline seperti Microsoft Word dan Adobe Acrobat. Namun, jika tidak memiliki kedua opsi tersebut, maka bisa gunakan situs online seperti Smallpdf, iLovePDF dan masih banyak lagi.

Selain ada banyak pilihan aplikasi, cara mengecilkan resolusi PDF pun sangat mudah. Tinggal unggah dokumen pada situs online lalu tinggal pilih kompresi yang diinginkan. Jika sudah selesai tinggal klik compress pdf dan unduh ke perangkat yang diinginkan.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Mengecilkan Resolusi PDF Dengan Berbagai Aplikasi"