Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Bangkit dari Usaha yang Bangkrut dan Tips Memulai Kembali


Menjalankan sebuah bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain harus menghadapi persaingan antar bisnis, salah satu resiko terbesar yang mungkin dialami oleh para pengusaha adalah kebangkrutan. Meskipun tidak mudah untuk bangkit, namun jika ingin menjadi orang yang sukses, maka pengusaha tersebut harus bisa bangkit. 

Lalu, apa saja kunci bangkit dari usaha yang bangkrut?

Yuk simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pada saat awal memulai bisnis, setiap pengusaha pastinya ingin mendapatkan keuntungan dan kesuksesan. Namun hal ini tentunya tidak mudah dan bisa didapatkan oleh semua orang. Oleh karena itu, dalam menjalankan sebuah usaha, setiap pengusaha harus memiliki rencana dan strategi untuk menghadapi berbagai kondisi.

Cara Bangkit Dari Keterpurukan Sebuah Bisnis

Saat usaha bangkrut dan terpuruk, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menyerah. Padahal, kegagalan dalam menjalankan usaha adalah hal yang biasa. Nah, bagi para pengusaha baru yang juga mengalami kondisi ini, sedih boleh namun jangan putus asa. 

Untuk membantu para pengusaha bangkit kembali, berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu:

1. Mengakui Kondisi & Menerima Keadaan

Ketika menghadapi kondisi yang tidak diinginkan seperti kebangkrutan maka cobalah ikhlas dan menerimanya. Tidak ada orang yang siap dan langsung sanggup menerima kegagalan terutama bagi para pemula. Namun, justru orang yang pernah gagal adalah mereka yang bisa bangkit dan sukses di kemudian hari.

Perlu diketahui bahwa tidak semua hal yang direncanakan bisa berjalan dengan mulus tanpa ada rintangan. Oleh karena itu, jika rencana yang dibuat memang tidak berjalan dengan baik, maka cobalah ikhlas dan menerima kondisi tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa ikhlas dalam hal ini bukan berarti diam dan pasrah diri. Ikhlas dalam hal ini adalah mengakui bahwa usaha yang sedang dijalankan mengalami kegagalan dan tidak memaksakan rencana lain yang tidak memungkinkan. Selain itu, mulai menyusun rencana untuk bisa menyelesaikan kegagalan tersebut terlebih dahulu.

2. Hilangkan Pikiran Negatif & Move On

Salah satu kunci bangkit dari usaha yang bangkrut adalah dengan menghilangkan pikiran yang negatif. 

Banyak yang tidak menyadari bahwa pikiran yang negatif dapat berdampak buruk juga terhadap kondisi kerja yang bisa jadi penyebab kegagalan orang. Oleh karena itu, cobalah mulai berpikir positif dan mulai move on dari masa lalu yang kelam.

Cara pertama untuk menghilangkan pikiran negatif adalah berhenti menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang terjadi. Kegagalan dapat terjadi pada siapa saja, namun yang terpenting adalah bagaimana bangkit dari kejadian tersebut. 

Jadi, berhenti menyalahkan orang lain atau diri sendiri dan mulailah mencari kehidupan yang baru.

Hal lain yang dapat membantu menumbuhkan pikiran yang positif adalah dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Bagi yang memiliki hobi, lakukan kegiatan tersebut untuk beberapa waktu. Biarkan badan dan pikiran rileks untuk sesaat agar dapat menghilangkan pikiran yang negatif dari tubuh.

Terakhir, carilah orang-orang dan lingkungan yang bisa membawa aura positif dalam kehidupan. Bagi para pengusaha, cobalah untuk bergabung dengan komunitas khusus untuk berdiskusi dan bertukar pikiran. Dengan begitu, para pengusaha juga bisa mendapatkan tips dan trik untuk move on.

3. Jadikan Kegagalan Sebuah Pelajaran

Kegagalan yang pernah terjadi di masa lalu memang tidak mudah dilupakan. Namun, daripada dilupakan, cobalah dijadikan pelajaran hidup. 

Kunci bangkit dari usaha yang bangkrut adalah dengan belajar dari kegagalan yang pernah terjadi. Hal ini akan menjadi bekal penting di masa depan yang mungkin tidak pernah diketahui oleh orang lain.

Carilah akar permasalahan serta solusinya dengan metode RCPS (root cause problem solving). 

Dengan metode ini, para pengusaha bisa mencari penyebab awal kegagalan tersebut serta solusi untuk mencegah kejadian hal yang serupa terjadi lagi.  Hasil dari metode ini sangat efektif, terutama bagi mereka yang ingin move on dan memulai usaha kembali.

Info Menarik Lainnya : Sukses Itu Perlu Perjuangan Ekstra, Kesabaran & Bersyukur

4. Jangan Takut Untuk Mencoba Lagi

Meskipun pernah gagal dalam berbisnis, namun jangan takut untuk memulainya kembali. Jika pernah gagal dalam berbisnis kuliner, maka cobalah kembali dengan bekal kegagalan untuk bisa bertahan dalam kesulitan. Namun jika takut untuk mencoba di bidang yang sama, maka cobalah hal yang berbeda seperti bisnis baju.

Jika masih ragu dalam memulai kembali, maka mulailah dari skala yang kecil dulu. Dengan begitu, resiko yang dihadapi pun akan lebih kecil dan tidak membuat stress. 

Selain itu, ketika sudah mulai kembali, jangan pikirkan kembali kegagalan yang pernah terjadi. Pikirkan apa yang harus dilakukan jika terjadi kejadian A dan bagaimana mengatasinya.

5. Terus Belajar Hal Baru

Kunci bangkit dari usaha yang bangkrut adalah terus belajar dan tidak pernah malu untuk bertanya. Sama halnya dengan anak kecil yang sedang belajar, jangan segan untuk memperluas wawasan dengan berbagai cara. Ikutlah seminar yang bisa meningkatkan kemampuan diri dalam berwirausaha.

Salah satu cara untuk terus belajar dan mendapatkan pengetahuan yang baru adalah dengan bergabung bersama komunitas pengusaha. Belajarlah dari orang yang berpengalaman baik dari segi kesuksesan dan kegagalan. Selain bisa mendapatkan rekan bisnis baru, pengusaha juga bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Usaha Kecil Bersaing Dengan Usaha yang Lebih Besar?

6. Berdoa & Terus Berusaha

Mungkin kunci bangkit dari usaha yang bangkrut ini terdengar klise dan simpel, namun sangat penting untuk dilakukan. 

Ketika menghadapi titik terendah maupun tertinggi dalam hidup, jangan lupa untuk terus berdoa dan berusaha. Tuhan tidak akan pernah tidur, sebaliknya selalu mendengarkan kebutuhan umatnya. Jadi, jangan lupa untuk memohon yang terbaik bagi perusahaan dan bisnis yang berjalan.

Namun, doa tidak akan cukup jika tidak diikuti dengan usaha yang kuat juga. Jadi, selain doa pastikan untuk terus memberikan usaha yang terbaik, mulai dari rencana bisnis hingga eksekusinya. Jangan lupa juga untuk selalu memberi dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Tips Untuk Membangun Bisnis Kembali

Ketika akan membangun sebuah bisnis, pastikan untuk membuat sebuah perencanaan yang matang baik dari segi target dan eksekusi. Dengan perencanaan yang real dan detail, kegagalan bisa dihindari dan diminimalisir.

Dalam penyusunan bisnis plan, pastikan untuk membuat perencanaan yang detail dengan angka yang mendekati real.  

Jika kesulitan dalam penyusunannya, jangan ragu untuk meminta bantuan yang lebih ahli agar hasilnya akurat. Salah satu penyebab kegagalan sebuah bisnis adalah memasukkan angka yang tidak masuk akal hingga mengacaukan perencanaan.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan dan trend yang sedang terjadi. Contohnya jika suatu saat terjadi PPKM kembali, maka pikirkan kembali apa yang harus dilakukan agar usaha tetap bisa berjalan. 

Jadi, jangan hanya berdiam diri jika terjadi perubahan dan segera lakukan update terhadap perencanaan yang telah dibuat.

Info Menarik Lainnya : Belajar Bisnis dari Pesaing (Buka Rahasia)

Kesimpulan

Bangkit dari usaha yang bangkrut memang tidak mudah dan bisa membutuhkan yang lama. Namun, jangan terpuruk terlalu lama dan segera bangkit kembali untuk mencari kesuksesan. 

Kunci bangkit dari usaha yang bangkrut terus berusaha dan jangan menyerah. Karena kegagalan merupakan proses penting dari kesuksesan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kunci Bangkit dari Usaha yang Bangkrut dan Tips Memulai Kembali"