Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi

Sama halnya dengan produk elektronik lainnya, maka baterai HP juga memiliki masa pakai maksimal. Ketika sudah digunakan beberapa tahun, biasanya kinerja baterai akan menurun. Salah satu ciri-ciri yang paling utama adalah daya baterai yang mulai lemah dan tidak bisa penuh saat di cas. 

Nah apabila hal itu terjadi, apakah ada cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh?

Selain karena masa pakai baterai yang sudah lama, ada faktor penyebab lain yang membuat baterai tidak bisa terisi 100%. Oleh karena itu, sebelum mencari cara untuk mengatasi hal ini, ada baiknya para pengguna mengetahui apa saja penyebabnya terlebih dahulu. 

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti diatas, berikut ini ada beberapa faktor penyebab baterai tidak bisa terisi penuh (serta solusinya):

1. Jangan Menggunakan Charger yang Tidak Original

Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi


Salah satu penyebab baterai HP tidak bisa penuh adalah karena charger yang digunakan tidak original. 

Biasanya orang memiliki lebih dari 1 charger agar dapat mengisi baterainya dengan mudah. Sayangnya, ketika membeli charger, pembeli seringkali tidak memperhatikan keaslian dari charger yang dibeli. 

Padahal charger yang jelek akan membuat baterai HP cepat rusak dan cepat panas.

Untuk mengetahui apakah ini penyebab baterai HP tidak bisa terisi 100%, maka cobalah untuk mengganti charger dengan yang original. 

Kemudian charge selama 2 jam dan perhatikan apakah dayanya menjadi penuh atau tidak. Jika ternyata bisa penuh, maka bisa dipastikan penyebab utamanya karena charger yang digunakan sebelumnya tidak original. 

Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah menggunakan charger abal-abal agar tidak merusak baterai HP Anda.

2. Mengganti Baterai yang Original & Baru


Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi


Faktor penyebab lain yang membuat daya tidak bisa terisi 100% adalah karena baterai yang digunakan tidak original. Biasanya hal ini ditandai dengan baterai yang tidak kunjung penuh, terasa panas, dan dayanya mudah habis. 

Jika tanda-tanda seperti diatas sering muncul, coba cek kembali keaslian baterainya. Dan jika ternyata memang tidak asli, maka usahakanlah menggantinya dengan yang original.

Harga baterai original memang lebih mahal, namun kualitasnya jauh lebih bagus dan awet.

Baterai yang lama dan performanya sudah menurun juga bisa menjadi penyebab baterai tidak bisa terisi dengan penuh. Bagi yang menggunakan baterai dengan umur lebih dari 5 tahun, maka ada baiknya menggantinya dengan yang baru dan original.

3. Memastikan Kabel USB Terhubung Dengan Benar


Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi

Jika sudah menggunakan charger dan baterai yang original, namun masalah ini masih sering muncul, maka coba periksa sambungannya. 

Salah satu penyebab baterai tidak bisa penuh adalah karena kabelnya tidak terhubung dengan sempurna ke bagian colokan HP. Tentu hal ini membuat daya listrik tidak bisa mengalir secara tepat untuk mengisi baterai HP.

Setelah mencolokkan kabel ke dalam HP, pastikan kabelnya sudah terhubung dengan benar. 

Pada umumnya, smartphone kini bisa menunjukkan jika kabel sudah tercolok dengan benar atau tidak. 

Salah satunya adalah dengan indikasi fast charging atau tidak. Jika tulisannya Fast Charging maka kabel sudah terhubung dengan benar. Sebaliknya, jika tidak ada tulisannya dan durasinya cukup lama, maka coba benarkan kembali posisi kabel.

4. Cek & Bersihkan Port HP


Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi


Selain memastikan kabel sudah tersambung dengan benar, maka cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh selanjutnya adalah dengan melihat port HP. 

Port yang kotor dan bengkok biasanya menyebabkan baterai tidak bisa terisi dengan penuh. Jadi, pastikan untuk membersihkan port dalam kondisi yang bersih. 

Cara membersihkannya pun cukup mudah, yaitu dengan meniupnya secara perlahan, atau menggunakan tissue untuk membersihkan bagian didalamnya.

Info Menarik Lainnya : Cara Agar Baterai HP Xiaomi Tidak Cepat Habis dan Awet

5. Matikan HP Saat Di Charge


Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi


Penyebab lain yang sering kali tidak disadari oleh pengguna adalah karena pemakaian yang tiada henti. Jadi selama di charge HP terus digunakan untuk telpon, chatting hingga nonton video. Apabila hal ini terus dilakukan, maka tidak heran jika baterai HP tidak pernah kunjung penuh.

Jadi cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh yang paling mudah adalah dengan mematikannya. Biarkan HP beristirahat sesaat dan mengisi tenaganya tanpa melakukan kegiatan yang lain. Dengan begitu, baterai HP akan terisi penuh dengan lebih cepat dan aman.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak HP Xiaomi yg Hilang Dalam Keadaan Mati

6. Update Atau Downgrade Software


Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi

Cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh lainnya adalah melakukan upgrade atau downgrade OS pada HP. 

Pastikan untuk menggunakan OS yang tepat sesuai dengan kemampuan HP masing-masing. HP yang tidak rutin melakukan update biasanya menjadi salah satu penyebab baterai tidak bisa penuh saat di charge.

Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan rutin melakukan pembaruan sistem ketika diminta. Hal ini akan membuat sistem bekerja secara maksimal serta menghilangkan berbagai bugs yang ada. Dengan begitu, baterai HP bisa terisi dengan penuh, dan sistemnya juga dapat bekerja lebih optimal.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghidupkan HP yang Mati Secara Tiba-tiba, Simak Yuk!

7. Melakukan Factory Reset


Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi

Cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh dibagian ini mungkin adalah upaya terakhir yang terpaksa harus dilakukan (jika semua cara diatas tidak juga kunjung berhasil). 

Namun, sebelum memutuskan untuk melakukannya, maka pengguna harus tahu bahwa cara ini ada resikonya.

Apa itu?

Yaitu akan mengembalikan settingan HP seperti saat awal pemilik membelinya. Semua data-data yang tersimpan di HP juga akan ikut hilang. Jadi sebelum melakukan cara ini, sangat disarankan agar melakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk melihat kinerja atau performa pengecasan, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi bantuan seperti Ampere Meter. Dengan mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut, pengguna bisa melihat suhu hingga daya yang masuk ke dalam baterai HP.

Jadi kesimpulannya ada beberapa penyebab serta cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh. Pertama, pastikan semua aksesoris yang digunakan original. Selain itu pastikan semua dalam kondisi yang bagus dan bersih. Jika tidak, maka bersihkan dan perbaiki terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh Saat Diisi"