Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menghilangkan HP Disadap yang Harus Dilakukan Segera!


HP disadap atau dikuasai oleh orang lain adalah hal yang mungkin terjadi di kehidupan nyata. Sebagian orang mungkin hanya melihat kejadian ini di film-film drama, namun kenyataannya hal ini bisa terjadi pada kehidupan nyata seseorang. 

Jika hal ini terjadi, apakah yang harus dilakukan? Dan adakah cara menghilangkan HP disadap?

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Untungnya, HP yang telah disadap bisa dihilangkan dan dikembalikan secara semula. Namun, sebelum mempelajari cara menghilangkan HP disadap, pengguna atau pemilik HP harus sadar terlebih dahulu bahwa HP-nya telah disadap.

Salah satu ciri-ciri HP yang telah disadap adalah munculnya panggilan atau pesan yang aneh. Cobalah cek history HP mulai dari telepon dan sms yang masuk keluar. Apabila ada kegiatan yang tidak dilakukan oleh sang pemilik ponsel, maka bisa jadi ponsel telah disadap.

Ciri lain HP yang telah disadap adalah tiba-tiba menjadi lambat dan lemot. Hal ini biasanya terjadi karena ponsel tersebut sudah berhasil ditembus dan dikuasai oleh orang lain. 

Jika sudah menunjukkan tanda-tanda seperti diatas, maka ada baiknya untuk segera keluar dari semua aplikasi yang bersifat pribadi dan rahasia. Hal ini untuk mencegah pengambilan data oleh sang penyadap.

Cara Menghentikan HP Disadap yang Ampuh

HP yang telah disadap oleh orang lain bisa sangat merugikan. Selain informasi pribadi dapat diambil dan disebarkan, penyadapan juga bisa menyebabkan bahaya bagi orang-orang yang ada di kontak pribadi. 

Oleh karena itu, ketika mengetahui HP telah disadap, jangan panik. Sebaliknya, segera lakukan cara berikut untuk mencegah sang penyadap melakukan hal-hal yang lebih jauh:

1. Menggunakan Kode *#21#




Untuk memastikan bahwa HP memang benar-benar disadap oleh orang lain, maka cobalah pastikan dengan menekan kode *#21# dan tekan tombol hijau atau call. 

Nantinya, akan muncul informasi mengenai panggilan atau SMS yang dialihkan. Jika pengguna tidak ada pengalihan panggilan dan nyatanya ada yang dialihkan, maka pengguna patut curiga bahwa HP telah disadap oleh orang lain.

Alternatif lain yang juga bisa dicoba untuk mengecek apakah HP telah disadap atau tidak adalah dengan mengecek nomor IMEI ponsel. Jika ponsel menggunakan single SIM card, maka jumlah IMEI-nya harusnya ada 1. Namun, jika ternyata ada dua, maka sudah bisa dipastikan bahwa HP telah disadap.

2. Menghentikan Pengalihan Telepon Melalui ##002#



Apabila sudah dipastikan bahwa ada penyadap, maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menghentikan semua pengalihan telepon dan SMS. Dengan begitu, sang peretas tidak bisa melakukan telepon atau SMS yang aneh kembali.

Cara untuk menghentikan atau mematikan pengalihan adalah dengan menelpon ##002#. 

Nantinya pengguna harus mengubah atau memberi kata sandi yang baru. Apabila sudah berhasil, maka seharusnya sang peretas tidak bisa masuk kembali ke menu tersebut kecuali jika mereka juga mengetahui kata sandi yang baru.

3. Log Out Semua Akun Pribadi



Jika sudah mengetahui bahwa ponsel telah disadap, maka hal lain yang harus dilakukan adalah keluar dari semua akun pribadi yang ada di ponsel. Selain keluar, pastikan untuk menghapus seluruh informasi yang ada pada aplikasi tersebut. 

Jika masih memungkinkan ganti juga kata sandi aplikasi dengan yang baru menggunakan perangkat lain. Dengan begitu, sang peretas tidak bisa masuk dan memanfaatkan informasi pribadi yang ada.

4. Mengaktifkan Verifikasi Dua Faktor



Cara lain untuk menjaga ponsel dari penyadapan adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua faktor. Aktifkan fitur ini pada semua aplikasi yang memilikinya. Untuk mengaktifkan fitur ini, maka pengguna bisa masuk ke aplikasi terlebih dahulu. 

Selanjutnya, pada bagian pengaturan keamanan dan login, pengguna harus mengaktifkan verifikasi dua langkah, lalu masukkan PIN pada aplikasi.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

5. Mengubah Kata Sandi & Mengunci HP



Sebelum dilakukan oleh sang peretas, ada baiknya pemilik ponsel segera mengubah kata sandi yang digunakan di HP dan segera menguncinya. Dengan begitu, peretas tidak bisa membuka ponsel dan tidak bisa menggunakannya. Lakukan langkah ini sebelum peretas yang melakukannya hingga membuat sang pemilik ponsel kehilangan kontrol.

Pastikan untuk membuat kata sandi yang sulit dan rumit. Selain itu, usahakan untuk membuat kata sandi yang tidak berhubungan dengan kata sandi akun lain, ulang tahun atau momen penting lainnya. Hal ini untuk mencegah kata sandi mudah ditebak oleh orang lain.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak HP Xiaomi yg Hilang Dalam Keadaan Mati

6. Melakukan Hard Restart



Cara Menghilangkan HP Disadap - Jika ingin mencegah sang peretas untuk masuk kembali atau secara diam-diam pada ponsel, maka salah satu cara menghilangkan HP disadap adalah dengan melakukan hard restart. Dengan melakukan langkah tersebut, maka semua aplikasi di dalam HP, baik yang tersembunyi ataupun terlihat akan langsung keluar dan terhapus. 

Jadi ini bertujuan untuk mencegah sang peretas memanfaatkan akun-akun yang ada untuk kebutuhannya.

Apabila para pengguna sudah yakin bahwa smartphone yang digunakan memang sedang disadap, maka matikan HP ketika tidak dibutuhkan. Hal ini juga tentunya akan mengganggu sang peretas karena tidak bisa bereksplorasi lebih.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik

7. Hubungi Provider



Cara menghilangkan HP disadap terakhir yang bisa dicoba oleh para pemilik adalah dengan menghubungi provider SIM. Selain bisa membantu mengetahui penyadapan atau tidak, pihak provider biasanya juga memiliki cara untuk menghentikan penyadapan. 

Caranya dengan menghubungi provider namun dengan menggunakan ponsel yang berbeda (agar tidak sampai diketahui oleh sang peretas).

HP yang disadap memang cukup menyeramkan dan merugikan. Meskipun ada cara menghilangkan HP disadap, namun ada baiknya para pengguna menjaga keamanan ponsel secara lebih ketat. 

Cara termudah bisa dilakukan dengan menggunakan VPN saat akan browsing hingga menggunakan kata sandi untuk membuka layar ponsel. Dengan begitu, tidak sembarang orang bisa membuka ponsel dengan mudah.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan HP Disadap yang Harus Dilakukan Segera!"