Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik

5 Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik

Sebagai perangkat komunikasi, smartphone selalu digunakan untuk menyimpan nomor telepon. Tidak tanggung-tanggung, jumlah nomor telepon yang disimpan bisa mencapai ratusan (yang jika hilang bisa sangat merepotkan). 

Salah satu penyebab nomor kontak hilang adalah karena kembali ke setelan pabrik. Kabar baiknya, cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik sebenarnya tidak sulit. Sehingga pengguna Android dan iPhone tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ponsel perlu dikembalikan ke setelan pabrik. 

Jadi nomor telepon yang disimpan kemudian sempat hilang itu sebenarnya bisa dipanggil kembali. 

Nah artikel kali ini akan menguraikan tentang cara mengembalikan kontak yang hilang akibat reset pabrik.

Yuk simak ulasannya hingga tuntas!

Penyebab Smartphone Masuk ke Reset Pabrik

Ada banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan smartphone kembali ke setelan pabrik baik otomatis atau karena memang diatur seperti itu. Reset pabrik ini akan mengembalikan setelan perangkat ke awal ketika ia baru keluar dari pabrik. 

Artinya, semua aplikasi yang ditambahkan oleh pengguna, software, password, akun, serta nomor telepon yang juga disimpan di perangkat akan hilang.

Itulah sebabnya, pengguna perlu untuk selalu mencadangkan semua data dan medianya. Tujuannya adalah apabila terjadi keadaan dimana perlu reset pabrik, semua data bisa diselamatkan. 

Namun memang pada kenyataannya tidak semua orang memahami hal ini. Maka, ketika ponsel kembali ke setelan pabrik, mereka cenderung kebingungan karena tidak memiliki cadangan data.

Nah, hilangnya data ini disebabkan oleh banyak hal antara lain karena ponsel tidak lagi berada pada performa normal. 

Mungkin sering ditemui keadaan loading yang lama hanya untuk membuka sebuah aplikasi, tidak bisa scrolling, selalu freezing, dan harus selalu di restart agar bisa kembali dipakai. Maka keadaan ini pada akhirnya akan membutuhkan reset pabrik.

Kemudian, ketika ponsel sudah mulai sering menutup sendiri ketika sedang running aplikasi, ini juga salah satu tanda perangkat butuh reset pabrik. 

Android dirancang untuk multitasking, namun ketika perangkat ini lebih sering menghentikan kegiatan, maka reset pabrik perlu dilakukan. Apalagi, jika perangkat pada suatu saat mati dan tidak dapat dihidupkan kembali.

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik

Ketika ponsel mengalami hal-hal yang disebutkan diatas baik disengaja atau tidak, maka mau tidak mau reset pabrik diperlukan. Apalagi jika sudah dalam keadaan mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi. 

Masalahnya adalah, kontak seringkali hilang ketika proses ini.

Lalu bagaimana cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik ini?

1.  Panggil Kontak Hilang Lewat Akun Gmail



Akun gmail memiliki fitur penyimpanan kontak yang bisa diaktifkan dengan cara melakukan sinkronisasi. Bisa juga dengan memilih akun Gmail sebagai tempat penyimpanan kontak. 

Jika cara ini sebelumnya diaktifkan, maka seharusnya sudah ada auto backup yang dilakukan pada kontak-kontak tadi.

Caranya juga mudah, yaitu dengan masuk ke akun Gmail, bisa dari komputer. Cari menu kontak yang ada di bagian kiri atas. Pilih sampai muncul dropdown pada bagian bawah kotak pencarian, pilih More. 

Setelah itu cari menu restore contact dan pilih periode yang diinginkan. Tersedia pilihan mulai dari 1 jam, 1 minggu, sampai 1 bulan.

2.     Kembalikan Lewat Google Contact



Ini merupakan cara pertama yang dapat ditempuh ketika kontak hilang saat proses reset pabrik. 

Caranya mudah, yaitu setelah mengunduh aplikasi ini, klik pada simbol titik tiga di bagian kanan atas layar, lalu masuk ke pengaturan. Lanjutkan dengan memilih menu Kembalikan Perubahan.

Ketika menu Kembalikan Perubahan di klik, akan muncul pilihan berupa waktu-waktu yang ingin dikembalikan. Dimulai dari 10 menit, 1 jam yang lalu, kemudian 1 minggu kebelakang. 

Tentukan waktu mana yang ingin dikembalikan. Kontak akan kembali seluruhnya sesuai dengan kontak yang ada pada periode waktu yang dipilih tadi.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Malware di Android Dengan Mudah

3.  Menggunakan Aplikasi PhoneRescue for Android


Penggunaan aplikasi tambahan untuk mengembalikan kontak yang hilang juga bisa jadi opsi lain selain dua cara di atas. 

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi PhoneRescue for Android yang dijalankan pada PC. Setelah masuk ke aplikasi, pilih Contact Box, kemudian lanjutkan dengan memilih menu scan your Android device.

Setelah proses scanning selesai, semua kontak yang hilang akan ditampilkan. Lanjutkan dengan memilih tempat penyimpanan, apakah di komputer atau smartphone. 

Jika di komputer pilih To Computer, namun jika ke smartphone pilih To Device. Mudah, bukan? Hanya perlu tiga langkah saja untuk mengembalikan kontak yang hilang.

Info Menarik Lainnya : Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh

4.  Kembalikan dengan Samsung Account



Bagi pengguna Android dari Samsung, akun Samsung bisa digunakan untuk mengembalikan kontak yang hilang akibat reset pabrik. 

Ini karena para pemilik akun Samsung akan diberikan opsi backup yang akan menyimpan semua data dari perangkat ke cloud. Artinya, data-data ini bisa direstore kembali jika hilang dari smartphone.

Caranya mudah saja, yaitu dengan masuk ke pengaturan kemudian pilih Backup and Reset. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih Restore di bagian bawah Samsung account. Ini akan menampilkan semua data dan juga kontak yang sudah di back up ke dalam perangkat.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan

5.  Pengguna iPhone, Restore dari iCloud




Jika sebelumnya kontak berada dalam back up iCloud, maka saat terjadi reset pabrik, kontak yang hilang bisa dipanggil kembali. Caranya yaitu dengan login ke iCloud.com menggunakan Apple ID dan password. 

Kemudian, klik setting untuk kemudian pindah ke Advanced. Setelah masuk ke sana, klik Restore Contacts, maka semua kontak yang sebelumnya tersimpan di iCloud akan ditampilkan.

Itulah tadi pilihan cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik. Cara-cara di atas bisa diaplikasikan untuk pengguna Android dan iPhone. Sebaiknya, lakukan pencadangan rutin untuk menghindari kontak hilang akibat reset pabrik ini.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "5 Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik "