Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Promosi Oriflame untuk Pemula (Plus Tips Sukses)


Cara Promosi Oriflame untuk Pemula - Salah satu produk kecantikan yang banyak digandrungi adalah Oriflame. Bukan hanya untuk digunakan sendiri, namun juga menjadi celah belajar bisnis yang menggiurkan. 

Banyak cara promosi oriflame untuk pemula yang diajarkan oleh para penjual atau upliner. 

Bagi yang ingin mencoba, tak perlu khawatir, karena cara-cara ini bisa dipraktikkan dengan mudah:

1. Mengoptimalkan Social Media

Penggunaan media sosial menjadi cara ampuh untuk memasarkan produk. Demikian halnya dengan para pebisnis pemula. Cara promosi oriflame untuk pemula yang paling mudah adalah mengoptimalkan penggunaan media sosial masing-masing.

Menggunakan media sosial, bukan berarti harus secanggih penggunaan adsense atau memasang iklan. Sebagai pebisnis pemula, Oriflame dapat ditawarkan melalui cara paling sederhana yaitu story WA.

Cara promosi oriflame untuk pemula ini dapat dikatakan efektif, yaitu dengan membuat status yang minimalnya akan terbaca oleh siapapun yang nomornya tersimpan.  

Media WA sudah bergeser menjadi sebuah kebutuhan, jika melihat fenomena penggunaan smartphone yang sudah merambah usia sekolah bahkan lansia.

Dengan demikian, penggunaan WA pun bukan sesuatu yang aneh, dan celah ini harus ditangkap oleh pebisnis Oriflame pemula. Lain halnya dengan facebook dan Instagram, yang mengharuskan pemilik akun membuat konten dengan gambar dan caption penyerta yang menarik.

2. Memanfaatkan Lingkungan Terdekat

Cara promosi oriflame untuk pemula berikutnya adalah dengan memanfaatkan lingkungan terdekat. Lingkungan terdekat ini bisa dimulai dari keluarga, misalnya saja kakak atau adik, sepupu, ipar, dan sebagainya.

Oriflame, meskipun merupakan produk kecantikan, juga memiliki produk untuk pria. Dengan demikian, sebenarnya pasar dari produk ini cukup luas dan juga leluasa untuk ditawarkan. Keluarga dekat adalah salah satu pangsa pasar yang bisa menjadi target untuk menawarkan produk ini.

Selain keluarga, gunakan juga teman-teman dekat seperti lingkungan kantor dan juga tetangga untuk memperluas celah penawaran produk Oriflame. Tetangga dan lingkungan kantor adalah lingkungan terdekat berikutnya setelah keluarga. Maka manfaatkan kedekatan tersebut untuk membuka celah promosi.

3. Pasarkan di Kelompok atau Komunitas

Jika ingin mendapatkan konsumen lebih banyak, tentu memasarkan produk juga harus dilakukan kepada lebih banyak orang. Oleh karena itu, cari dan gali komunitas atau kelompok tertentu, bergabung dan memanfaatkan waktunya untuk promosi.

Cara promosi oriflame untuk pemula semacam ini sangat sering dilakukan dan terbilang efektif.

Perhatikan pada waktu-waktu arisan, tak sedikit marketing Oriflame yang meminta waktu untuk memasarkan produk. Semakin banyak peserta arisan yang hadir dan mendengarkan pemaparan produk, maka promosi juga semakin meluas dan peluang menjadi semakin besar.

Selain arisan, tempat lain yang juga dapat digunakan untuk memasarkan adalah komunitas-komunitas, yang biasanya terjalin komunikasinya lewat grup WA. Atau, pebisnis Oriflame juga bisa memanfaatkan grup reuni sekolah sebagai tempat untuk memasarkan produknya.

Tentu saja, jika ingin melakukan hal tersebut, pastikan telah mendapatkan izin dari admin grup. Selain menjaga grup tetap kondusif, juga agar tidak terkesan memanfaatkan pertemanan dengan spam promosi. 

Meskipun dibutuhkan, tetap patuhi peraturan grup yang dibentuk oleh admin grup, misalnya terkait dengan hari dan jam berjualan.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi di Instagram Ads dan Manfaat yang Diperoleh Pebisnis

4. Memberikan Testimoni dan Review pada Produk 

Cara mudah sebenarnya bisa dilakukan dengan memberikan testimoni. Hal ini berarti, pebisnis juga harus menggunakan produknya, kemudian melakukan review atas produk yang digunakan. 

Tempatkan diri benar-benar sebagai konsumen, dengan memaparkan testimoni atas produk yang dipakai, pertegas manfaat yang dirasakan.

Testimoni ini bisa disampaikan dalam banyak media dan rangkaian kata yang sangat beragam. 

Cara termudah tentu saja dengan memanfaatkan jaringan social media. Atau sekadar mengirimkan chat kepada keluarga dan teman dekat terkait efek yang ditimbulkan setelah menggunakan produk Oriflame. 

Metode ini pasti akan jauh lebih mudah, karena memasarkan produk akan mengalir berdasarkan pengalaman pribadi.

Selain menggunakan media sosial, menyampaikan testimoni atas produk yang digunakan bisa juga secara langsung kepada keluarga atau teman ketika bertemu. Cara ini pasti akan menarik perhatian, apalagi jika sambil menunjukkan produk yang dipakai, misalnya krim muka atau pelembab.

5. Tawarkan Produk Sebagai Solusi 

Terkadang banyak sekali keluarga atau teman yang melontarkan curhatnya di media sosial, atau secara langsung ketika bertemu. Salah satu masalah yang dibahas mungkin saja masalah dalam mencari produk kecantikan yang pas.

Tangkap momen tersebut dan gunakan sebagai cara promosi oriflame untuk pemula. Seorang pebisnis yang andal harus bisa melihat apa kebutuhan konsumen, apa yang diinginkan, dan hadirlah sebagai pemilik solusi. Dalam hal ini termasuk solusi penggunaan skincare yang memberikan manfaat bagi kulit.

Cara ini akan sangat mirip dengan pemberian testimoni. Namun pemasar tidak perlu terlebih dahulu memakai produknya. Pemasar Oriflame dalam hal ini hanya bertindak sebagai konsultan untuk perawatan. Jadi ketika ada sebuah masalah yang terkait dengan kecantikan, maka pemasar dapat mengeluarkan dan menawarkan produk yang tepat.

Jika ingin menggunakan cara ini, maka pebisnis Oriflame pemula harus mengetahui secara pasti tentang produk-produknya. Jika tidak, maka akan kebingungan ketika akan menentukan program yang tepat. Selain itu, calon pembeli bisa jadi akan kecewa karena tidak mendapatkan produk yang semestinya.

Info Menarik Lainnya : Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Secara Efektif

6. Berkreasi dengan Media Promosi

Banyak cara promosi oriflame untuk pemula, salah satunya dengan mengoptimalkan kreativitas untuk membuat media promosi. 

Hal paling sederhana adalah dengan membuat flyer simple menggunakan aplikasi di smartphone. Flyer tersebut nantinya akan sangat membantu, ketika disebarkan ke target-target pasar yang sudah ditentukan.

Cara lain adalah dengan membuat video pemasaran yang simpel namun menjual. Saat ini banyak sekali fitur-fitur baru yang dimunculkan oleh berbagai media. Contohnya seperti ‘reels’ di Instagram, atau short video di youtube. Semua media itu bisa dimanfaatkan dengan optimal, dengan media yang dibuat sendiri.

Jika tetap kesulitan membuat dan menggunakan flyer atau video, produk Oriflam tergolong produk rutin yang ditawarkan berdasarkan ketersediaan produk. 

Biasanya, produk tersebut akan keluar bersamaan dengan katalog atau buletin bulanan. Dengan begitu, seharusnya pebisnis tidak perlu khawatir, karena media promosi sudah disediakan oleh produsen.

7. Promosikan Produk Secara Rutin

Ketika memiliki niat untuk berbisnis, pastikan disertai juga dengan niat untuk memasarkan dengan gigih. Apapun media yang digunakan, pastikan memasarkan dengan gigih dan penuh semangat. 

Menjadi pebisnis Oriflame pasti bukan hanya akan bersaing dengan satu-dua orang. Maka, persiapkan mental marketing jika ingin berjualan.

Menentukan waktu promosi bisa diagendakan secara harian. Tentukan waktu jika ingin masuk ke grup WA, melakukan broadcast, atau memasarkan secara pribadi. Hal tersebut bertujuan agar pemasaran ini tidak mengganggu aktivitas calon konsumen. 

Sebagai contoh, tentu tidak patut jika memasarkan produk secara pribadi terlalu larut malam, meskipun kepada keluarga atau teman dekat.

Menjual produk Oriflame, haruslah disertai dengan pengetahuan tentang cara promosi oriflame untuk pemula. Sepertinya sepele, namun hal ini penting jika mengingat tak semua pebisnis mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi untuk memasarkan produk. 

Keterampilan ini merupakan soft skill yang harus diasah dengan pembiasaan. Jika semua langkah promosi telah dilakukan dengan tepat dan benar, maka Insya Allah kesuksesan akan dapat Anda peroleh. 

Info Menarik Lainnya : Contoh Kata kata Promosi Tas Agar Makin Laris

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Promosi Oriflame untuk Pemula (Plus Tips Sukses)"