Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri

Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri


Pada saat memutuskan untuk menggunakan wifi Indihome, umumnya akan ada teknisi yang datang untuk membantu menyambungkan dan mengatur setting wifi Indihome. Namun, jasa ini biasanya tidak gratis alias berbayar. Nah, bagi para pengguna yang ingin menghemat biaya, tidak ada salahnya belajar mengenai cara setting Wifi Indihome.

Mengetahui cara setting Wifi Indihome sebenarnya bisa memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna. Selain bisa memahami proses kerja modem, pengguna juga bisa memperbaiki wifi secara langsung jika ada masalah tanpa harus memanggil teknis. 

Pengguna juga bisa mengatur agar jaringannya tetap optimal dan tidak sampai melebihi kuota yang telah ditetapkan di awal.

Untungnya kini tersedia buku panduan cara setting Wifi Indihome yang disediakan oleh Indihome. 

Dengan begitu, para pengguna bisa melakukan pengaturan secara mandiri tanpa bantuan teknisi. 

Namun, selain buku panduan, pastikan sudah memiliki kabel hingga peralatan lainnya yang dibutuhkan. 

Jika sudah tersedia, maka ikuti langkah berikut untuk melakukan setting Wifi Indihome:

1. Melakukan Setting WAN Modem Indihome


Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri


Langkah pertama yang harus dilakukan para pengguna adalah setting WAN. Untuk bisa melakukan langkah ini, maka para pengguna harus menyambungkan kabel UTP dari perangkat PC atau laptop ke port ETH ONT yang berada pada modem Indihome. 

Selanjutnya, lakukan pengaturan IP, mulai dari IP yang akan digunakan, subnet mask hingga default gateway.

Jika sudah selesai, maka bukalah browser dan masukkan angka 168.100.1. Nantinya pengguna tinggal memasukkan nama akun dan password yang ingin digunakan. Nama akun dan password yang baru biasanya berada di bagian bawah modem. 

Jika sudah memasukkannya, maka klik Log in. Selanjutnya, jangan lupa untuk pilih opsi WAN dan New untuk menyelesaikan pengaturan WAN.

2. Menyalakan Port LAN


Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri


Apabila langkah 1 sudah berhasil dilakukan, maka lanjutkan dengan mengaktifkan port LAN. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mencentang seluruh pilihan LAN, mulai LAN 1,2,3, dan 4. Menu LAN sendiri berada di sebelah WAN jadi harusnya mudah ditemukan.

3. Melakukan Pengaturan DHCP Server Configuration


Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri


Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh para pengguna adalah melakukan pengaturan DHCP

Untuk bisa melakukan pengaturan ini, pengguna harus membuka menu LAN terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih LAN Port Work Mode dan pilihlah opsi DHCP Server Configuration. Jika benar, maka seharusnya muncul banyak kolom informasi yang harus diisi.

Beberapa data yang harus diisi oleh para pengguna diantaranya adalah Start IP address, hingga Least Time penggunaan. Jika ada data yang tidak diketahui informasinya, maka cek terlebih dahulu pada buku panduannya serta bawah modem. Biasanya seluruh informasi sudah tersedia di kedua bagian tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome, Simak Yuk!

4. Mengatur Konfigurasi WLAN (Wi-Fi)


Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri


Setelah berhasil melakukan pengaturan untuk LAN dan WAN, maka saatnya mengatur konfigurasi WLAN

Pada bagian kiri layar, pilih WLAN dan pilihlah WLAN Advanced Settings. Nantinya tinggal mengisi data yang diperlukan saja seperti, SSID name (nama wifi yang diinginkan), hingga WPA pre shared key (password yang diinginkan).

Jika semua informasi sudah diisikan dengan benar, maka tinggal klik Apply. Apabila semua langkah di atas dilakukan dengan benar, maka pengguna seharusnya sudah bisa mulai menggunakan wifi yang ada.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Lupa Password Wifi di Android Dengan Mudah & Cepat

5. Mengganti Nama & Password Wifi


Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri


Bagi yang lupa atau tidak sempat mengganti nama serta password wifi, jangan khawatir karena baik nama dan passwordnya masih bisa diubah. 

Untuk bisa mengubah kedua komponen tersebut, pastikan PC sudah tersambung ke jaringan wifi terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke  http://192.168.1/1 melalui HP atau PC.

Ketika sudah terbuka, pengguna diharuskan memasukkan Username dan ID terlebih dahulu. Pada umumnya username dan passwordnya adalah admin (dengan huruf kecil semua). Jika tidak berhasil, maka cek username dan password yang ada dibawah modem.

Apabila sudah berhasil log in, pilihlah Network. Untuk yang ingin mengubah nama wifi, maka pilihlah WLAN dan Multi SSDI Settings. Nantinya, pengguna tinggal mengubah nama wifi pada kolom SSID Name

Sedangkan bagi yang ingin mengubah password tinggal masuk ke Network dan bagian Security. Untuk mengubah password, ubahlah informasi yang ada pada kolom WPA passphrase dan masukkan password baru sesuai dengan yang diinginkan. 

Terakhir, jangan lupa untuk Submit perubahan agar dapat terupdate.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka Blokir WiFi Indihome Agar Bisa Digunakan Kembali

6. Mengatur Pengguna yang Terhubung ke Wifi


Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri

Selain mempelajari cara mengubah nama dan passwordnya, ada baiknya pengguna juga mempelajari cara setting Wifi Indihome agar tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. 

Masuklah ke halaman yang sama seperti diatas dengan cara yang sama juga. Ketika sudah berhasil masuk, pilihlah Menu, Network, lalu WLAN dan Multi SSI Setting.

Nantinya akan muncul banyak pilihan, maka pilihlah Maximum Clients. Dalam pengaturan ini, para pengguna bisa membatasi berapa orang yang bisa terhubung ke wifi tersebut. Tinggal pilih jumlahnya dan tekan Submit.

Pada menu yang sama, pengguna juga bisa melihat siapa saja yang sudah menggunakan wifi tersebut. 

Apabila ada pengguna tidak diinginkan yang menggunakan wifi tersebut, maka pengguna bisa menghapus hingga memblokir ID perangkat tersebut. Dengan begitu, mereka tidak bisa tersambung lagi ke jaringan tersebut.

Itulah diatas beberapa langkah serta cara setting Wifi Indihome yang bisa dicoba oleh pengguna secara mandiri. Untuk memudahkan proses pengaturan, pastikan membaca buku panduan atau bukalah internet untuk mempermudah prosesnya. 

Selain mempelajari cara pengaturan Indihome, ada baiknya para pengguna juga mempelajari cara pengaturan yang lain seperti mengatur jumlah pengguna jaringan tersebut. Dengan begitu, jaringan bisa aman dari pengguna jahil yang bisa menyebabkan tagihan membengkak.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri"