Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome, Simak Yuk!


Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome - Dengan internet, orang bisa melakukan hampir semua jenis kegiatan mulai dari belanja, sekolah hingga bekerja. Maka dari itu banyak yang memilih berlangganan internet seperti Indihome misalnya. Sayangnya, provider Indihome terkadang mengalami gangguan yang tidak diduga. Sebagai pengguna tentu Anda berhak melakukan komplain. 

Namun sebelum melakukan komplain ke pihak Indihome, ada baiknya para pengguna mengetahui cara mengecek kecepatan internet Indihome 

Tujuannya agar pengguna dapat mengetahui apakah jaringan internet Indihome sedang mengalami gangguan atau tidak.

Kecepatan internet dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari jumlah pengguna wifi hingga aplikasi apa saja yang dibuka. Jadi bisa saja kecepatan internet yang dipilih tinggi, namun jika penggunanya banyak, maka kecepatan akses internet akan turun. 

Selain itu, jenis kegiatan yang mereka lakukan juga akan mempengaruhi kecepatannya, terutama jika pengguna mengunduh atau melakukan streaming.

Untuk mengetahui apakah kecepatan internet memang lemot atau tidak, maka pengguna bisa mengecek kecepatan internet Indihome sendiri. 

Nah, untuk yang ingin mengetahui kecepatannya, berikut ini akan di ulas tentang cara mengecek kecepatan internet Indihome (baik dari PC maupun HP).

Yuk simak hingga tuntas!

1. Mengunduh Speedtest.net



Salah satu cara termudah untuk mengetahui kecepatan internet adalah dengan membuka situs online sepertI speedtest.net

Ketika sudah membuka situs tersebut, jangan lupa untuk klik Go, yang ada pada tengah layar. Nantinya, situs tersebut akan melakukan speed test pada internet yang tersambung dengan perangkat tersebut.

Proses speed test tidak terlalu lama, sekitar 1-2 menit saja. Selanjutnya, situs tersebut akan menginformasikan kecepatan internet tersebut. Dalam situs itu, pengguna juga bisa mengetahui kegiatan apa saja yang menyebabkan internet menjadi lemot dan berkurang.

Selain tersedia secara online, situs ini ternyata juga tersedia secara aplikasi. Jadi, bagi para pengguna Android maupun iPhone juga bisa melakukan speedtest menggunakan aplikasi ini dari ponsel masing-masing.

2. Membuka Situs Indihome Speedtest


Situs online lainnya yang bisa membantu melihat kecepatan internet, namun khusus pengguna Indihome saja adalah situs resmi Indihome Speedtest. 

Pertama, bukalah situs resminya di https://fast.indihome.web.id/ 

Selanjutnya sama dengan sebelumnya, klik opsi GO yang ada pada halaman utama situs.

Situs tersebut akan melakukan speedtest pada internet Indihome yang digunakan. 

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, jangan membuka situs atau aplikasi lain. Proses speedtest ini juga tidak lama, jadi harap bersabar. Setelah beberapa menit hasil perhitungan akan muncul pada layar. 

Pada situs ini, para pengguna juga bisa mengetahui ping dan jitternya.

3. Menggunakan Fast.com



Bagi yang suka menggunakan internet Indihome untuk menonton film Netflix, maka pastikan koneksi internetnya tidak terganggu dengan menggunakan Fast.Com. Sama halnya dengan situs lain, cara mengecek kecepatan internet Indihome sangat simpel dan cepat.

Cukup masuk ke dalam situsnya, yaitu ww.fast.com/id/

Nantinya, situs akan bekerja secara sendirinya dan langsung menghitung kecepatan internet yang sedang aktif di perangkat tersebut. 

Jadi, pengguna tidak perlu klik apapun untuk memulai prosesnya. Selanjutnya, hasil kecepatan internet akan tampak pada layar bagian tengah dalam satuan megabits per second.

Salah satu kelebihan dari Fast.com adalah kemudahan dalam pemakaiannya serta dapat digunakan untuk semua jenis perangkat. Jadi, bagi yang menggunakan HP, tablet maupun PC, bisa melihat kecepatan internet dengan menggunakan situs ini.

Info Menarik Lainnya : Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome (Pemilik Sebaiknya Tahu Hal ini)

4. Membuka Situs Meter.Net



Bagi Anda yang tidak ingin menambah memori dalam ponselnya, maka cara melihat kecepatan internet bisa menggunakan meter.net. Secara keseluruhan, situs ini sistem kerjanya hampir sama dengan Speedtest dimana ada PING dan informasi mengenai download speed ataupun upload speed.

Untuk memulai proses pengecekan, klik tombol start pada bagian tengah layar. Selanjutnya, sistem akan memproses speed test untuk melihat kecepatan internet. 

Proses ini hanya membutuhkan 30 detik, jadi usahakan untuk tidak membuka atau menggunakan aplikasi lainnya. Setelah 30 detik, informasi mengenai kecepatan internet akan muncul pada layar dengan beberapa informasi lainnya.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengetahui Nomor Indihome Secara Mudah, Simak Yuk!

5. Mengunduh Meteor



Bagi yang tidak suka membuka situs secara online, maka cobalah unduh aplikasi Meteor pada ponsel masing-masing. 

Aplikasi ini tidak hanya mengetes kecepatan internet saja, namun juga bisa menampilkan detail informasi lainnya seperti aplikasi yang bisa berjalan maksimal dengan koneksi internet yang dimiliki. 

Selain itu, aplikasi ini bisa menginformasikan kecepatan yang bisa didapatkan jika pengguna ingin mengunduh atau mengunggah suatu data.

Cara melakukan tes kecepatan pada aplikasi ini adalah dengan membuka aplikasi terlebih dahulu. Tanpa harus perlu menekan tombol apapun, aplikasi akan langsung menghitung kecepatan internet saat itu. 

Dalam beberapa detik, informasi yang dibutuhkan akan tampil semua pada layar ponsel.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka Blokir WiFi Indihome Agar Bisa Digunakan Kembali

6. Menggunakan Wifi Router Master


Jika ingin aplikasi yang multifungsi, maka unduhlah Wifi Router Master pada ponsel masing-masing. 

Aplikasi ini sangat membantu dalam melihat kecepatan internet serta bisa menginformasikan tempat terbaik untuk mendapatkan sinyal yang kuat. Nantinya, aplikasi ini akan menginformasikan pengguna dengan memberikan tanda bunyi jika sinyal pada area tersebut kuat dan stabil.

Nah, bagi yang ingin melihat kecepatan internet wifi, maka bukalah tab speed. Selanjutnya klik speed test pada bagian bawah menu. Nantinya aplikasi akan menunjukkan nama wifi yang dites beserta kecepatannya.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah pengguna juga bisa melihat siapa saja yang menggunakan wifi tersebut. Jika ada orang yang tak diinginkan menggunakan wifi tersebut, maka pengguna bisa memblokir atau menghapus orang tersebut secara langsung. 

Jadi bagi mereka yang suka penasaran dengan kecepatan internetnya dan siapa saja penggunanya, maka unduhlah aplikasi ini.

Dengan kebutuhan internet yang begitu tinggi, tidak heran jika situs serta aplikasi ini banyak digunakan untuk melihat kecepatan internet. 

Bagi Anda yang sedang mengalami internet yang lemot, maka cobalah cara mengecek kecepatan internet Indihome dengan cara-cara diatas. Selain cepat, cara-cara diatas dapat dilakukan dengan gratis tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome, Simak Yuk!"