Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome (Pemilik Sebaiknya Tahu Hal ini)


Indihome merupakan salah satu jasa penyedia internet yang kuat dan stabil. Jika tiba-tiba internet menjadi lemot, maka bisa jadi ada masalah pada jaringannya. Namun jika ternyata tidak ada masalah, maka bisa jadi penggunanya sangat banyak hingga menyebabkan jaringan menjadi lemot. 

Nah, bagaimana cara melihat pengguna wifi indihome baik yang di rumah maupun di kantor?

Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas!

Sebagai pengguna wifi, ada baiknya mengganti kata sandi perangkat secara rutin agar wifi tidak bisa digunakan secara sembarangan. 

Jika takut lupa dengan kata sandinya, maka ada baiknya para pengguna melakukan pengecekan secara rutin siapa saja yang menggunakan atau tersambung pada wifi tersebut. Dengan begitu, pemilik bisa memastikan bahwa koneksi wifi digunakan dengan orang yang semestinya.

Ingin Tahu Siapa Pengguna Wifi Rumah? Coba Lakukan Langkah-langkah Ini

Untungnya kini ada beberapa cara melihat pengguna wifi indihome yang dapat dilakukan oleh para pemilik perangkat. Selain prosesnya mudah, pengguna dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan dari pihak Indihome. 

Bagi yang penasaran siapa saja pengguna wifi rumah, berikut adalah beberapa metode untuk mengeceknya:

1. Menggunakan CMD Untuk Melihat Pengguna Wifi



Cara melihat pengguna wifi indihome pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan CMD. 

Fitur ini ada pada semua laptop maupun CP, jadi pasti bisa dilakukan oleh semua orang. Selain itu dengan cara ini, pemilik tidak harus log in atau membutuhkan username ataupun password untuk log-in.

Untuk membuka CMD silahkan buka menu atau tombol Windows + R yang ada di keyboard. 

Ketika menu sudah terbuka, ketik CMD dan klik enter atau ok. Nantinya, akan ada layar hitam dimana orang harus memasukkan kode perintah untuk melihat pengguna wifi rumah. 

Berikut adalah contoh perintah yang bisa dicoba untuk melihat siapa saja yang terhubung ke wifi:

‘Net view’ (klik enter)

‘arp-a’ (klik enter)

Jika perintah ini berhasil dijalankan, maka pemilik bisa melihat seluruh data IP pengguna wifi tersebut. Apabila ada alamat IP yang mencurigakan atau tidak pernah diketahui ada baiknya untuk memblokirnya agar tidak bisa menggunakan wifi itu lagi.

2. Menggunakan Modem Huawei



Beberapa pengguna Indihome menggunakan modem Huawei di rumahnya sebagai perangkat wifi. Nah, bagi pengguna modem ini, ada kabar baik, karena modem ini bisa digunakan untuk melihat siapa saja pengguna wifi di rumah. 

Pertama, ketahui terlebih dahulu jenis modem yang digunakan karena ini akan menentukan halaman yang harus dibuka di internet nanti.

Salah satu jenis modem yang banyak digunakan oleh pengguna Indihome adalah HG8245A. Untuk pengguna modem ini, maka bukalah halaman 192.168.1.1 melalui browser internet. Bagi yang belum pernah menggunakan alamat ini, maka gunakan username dan password dengan kata Admin.

Jika sudah log-in, maka klik status yang ada pada bagian atas layar dan klik user device information. 

Nantinya akan muncul id perangkat yang tersambung ke wifi beserta ID penggunanya. Jika ada salah satu ID yang mencurigakan atau seharusnya tidak tersambung ke wifi tersebut, maka hapus atau blok ID tersebut.

Selain dapat melihat siapa saja pengguna wifi, di halaman ini para pemilik juga bisa mengubah kata sandi wifi dengan cepat. Untuk mencegah orang asing tersambung lagi dengan wifi rumah, maka ada baiknya untuk mengubah kata sandi secara berkala.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka Blokir WiFi Indihome Agar Bisa Digunakan Kembali

3. Menggunakan Modem ZTE


Jenis modem lain yang juga banyak digunakan oleh pengguna Indihome adalah modem ZTE. Sama halnya dengan modem Huawei, pemilik bisa melihat siapa saja yang tersambung ke modem tersebut.  Cara melihat pengguna wifi indihome adalah dengan membuka IP 192.168.1.1/192.168.100.1.

Jika sudah berhasil membuka halaman tersebut, maka masukkan username sama kata sandinya. 

Biasanya default username dan kata sandi sama yaitu admin. Namun jika tidak bisa, lihatlah pada bagian bawah modem. 

Apabila sudah berhasil log-in, maka masuklah ke menu Network, WLAN lalu associated device. Setelah membuka menu ini, pengguna bisa langsung melihat siapa saja pengguna wifi Indihome.

Info Menarik Lainnya : Rincian Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi

4. Mengunduh & Membuka Aplikasi TP-Link



Bagi pengguna modem TP-Link, maka unduhlah aplikasi TP-Link pada HP ataupun PC. 

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa melihat dan mengetahui banyak hal mulai dari jumlah pemakaian, kecepatan hingga siapa saja yang tersambung ke wifi rumah. 

Pertama, pastikan sudah mengunduh aplikasi ke HP. Selanjutnya, bukalah aplikasi dan pilihlah router atau modem yang ingin diperiksa.

Selanjutnya, masukkan username serta kata sandi untuk bisa log-in ke dalam aplikasi. Sama seperti sebelumnya, informasi mengenai username dan kata sandi aplikasi bisa didapatkan dari bawah modem. 

Jika sudah berhasil masuk, maka pilihlah status wireless. Selanjutnya klik clients untuk melihat data perangkat yang sedang menggunakan wifi saat ini.

Setelah mengetahui siapa saja yang terhubung ke modem wifi di rumah, ada baiknya melakukan penghapusan atau pemblokiran pada orang atau perangkat yang tidak diketahui. Hal ini untuk menghindari jaringan menjadi lemot serta kejadian yang tidak diinginkan. 

Selain itu ada baiknya untuk melakukan penggantian password secara rutin agar perangkat lain tidak mudah terkoneksi ke wifi.

Dengan mengetahui cara melihat pengguna wifi indihome, pemilik modem bisa menghindari kejadian yang tidak menyenangkan seperti jaringan lemot atau pencurian data. 

Selain itu, para pemilik juga bisa menghapus dan memblokir pengguna yang tidak diinginkan. Namun, agar proses ini bisa dilakukan, pastikan untuk mengetahui jenis modem yang digunakan serta username dan kata sandi yang dibutuhkan untuk log-in.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android, Kita Ulas Yuk!

Semoga info ini bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Melihat Pengguna Wifi Indihome (Pemilik Sebaiknya Tahu Hal ini)"