Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu dari Rumah dan Tantangannya


Usaha Ternak Modal 300 Ribu - Menekuni usaha ternak bisa sangat menguntungkan bagi yang sudah berpengalaman dan tahu seluk beluknya. Namun, sebagian orang masih urung melakukannya dengan berbagai alasan. Salah satu yang paling sering jadi hambatan adalah modal dan lahan. 

Padahal sebenarnya ada lho usaha ternak modal 300 ribu yang bisa dijalankan dari rumah.

Yuk simak ulasannya!

Untuk orang yang tidak memiliki tanah atau lahan kosong, bisa coba menjalankan usaha ternak dari rumah. Tentu dengan skala yang harus disesuaikan dengan lahan di rumah. 

Dengan berbagai tantangannya, usaha ternak ini bisa memberikan keuntungan bagi pelakunya dan penggerak roda ekonomi secara umum.

Pilihan Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu dari Rumah

Ada fenomena menarik yang terjadi selama pandemi Covid 19 terjadi di Indonesia. Yaitu, meningkatnya bisnis peternakan, khususnya bagi milenial. Generasi muda milenial ternyata menaruh minat besar terhadap usaha ini dan cenderung memanfaatkan lahan di rumah untuk memulai usaha.

Nah, bagi yang juga tertarik menekuni usaha ternak tapi ingin menjalankannya dari rumah, berikut ini pilihan yang bisa dikulik:

1.  Beternak Lele

Di Indonesia, ikan lele adalah jenis ikan yang sangat digemari dan banyak dikonsumsi. Tua muda, anak-anak dan dewasa, semuanya menyukai ikan ini. Beruntungnya, ikan lele dapat diternakkan di lahan sempit seperti rumah. 

Caranya bisa dengan menggunakan kolam terpal atau ember (budikdamber). Di pasaran, banyak dijual kolam terpal yang sudah jadi begitupun ember ternak lele.

Modalnya sangat murah, cukup beli 100 ekor bibit lele dengan harga sekitar 100-120 ribu Rupiah sebagai permulaan. Setelah sukses dengan 100 ekor pertama, lanjutkan dengan menambah jumlah bibit. 

Perawatan lele pun tidak sulit, cukup dengan rajin menjaga kebersihan air, menjaga PH air, juga memperhatikan pakan.

2.  Ternak Ikan Cupang

Cupang sedang menjadi tren di kalangan anak muda secara khusus dan pecinta ikan secara umum. 

Ternak cupang merupakan usaha ternak modal 300 ribu yang bisa dijalankan dari rumah karena tidak memerlukan lahan luas. Bahkan, tempat usahanya dapat memanfaatkan ruangan-ruangan di rumah. 

Kemudian, usaha ini juga bisa dilakukan sendirian. Cukup menghemat pengeluaran di awal, bukan?

Pandemi covid 19 tampaknya juga meningkatkan permintaan ikan hias. Orang butuh hobi baru karena waktu di rumah lebih banyak. 

Terlepas dari masa pandemi, kebutuhan ikan hias selalu ada. Datangnya bisa dari perorangan untuk kebutuhan mempercantik rumah, dan juga perkantoran atau hotel untuk dekorasi ruangan.

3.  Ternak Jangkrik

Binatang yang seringkali dianggap hama ini nyatanya bisa jadi sumber pendapatan. Permintaan datang dari para pecinta burung kicau dan juga ikan. 

Jangkrik sering digunakan sebagai pakan hewan-hewan tadi. Karena sulit mencari di alam bebas, maka membeli dari peternak jangkrik lebih diminati. Disinilah peluang usahanya.

Beternak jangkrik tidak memerlukan modal besar dan bisa dimulai dari nominal 300 ribu. Selain itu, tidak memerlukan tempat yang luas sehingga cocok dijalankan dari rumah. 

Perawatannya pun tidak sulit karena hanya cukup memberi makan saja. Pakannya pun tidak sulit karena bisa ditemukan dengan mudah contohnya daun pisang kering, sayuran, serta over ayam.

Info Menarik Lainnya : Berapa Modal Usaha Pecel Lele Yang Ideal Untuk Pemula?

4.  Ternak Ayam

Jika kebetulan memiliki pekarangan di belakang rumah, maka manfaatkanlah untuk beternak ayam. 

Kandang bisa dibuat dari bambu untuk menghemat biaya. 

Kemudian, belilah indukan ayam dengan jumlah sesuai dengan modal yang ada. Jumlah betina bisa lebih dari satu, sedangkan pejantan bisa satu saja.

Satukan betina yang bagus dengan pejantan dalam satu kendang untuk reproduksi. Setelah itu, betina akan mulai bertelur. Jumlah telur ini bisa dikumpulkan untuk ditetaskan lagi. 

Ayam bisa dijual sebagai pedaging atau jika sebagai petelur pun bisa. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan dan pembersihan kandang.

5.  Ternak Kelinci

Kelinci merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan dan banyak digemari orang. Selain untuk peliharaan, ada juga jenis kelinci yang ditujukan untuk konsumsi. Nah, dari sini, ada peluang untuk beternak kelinci dari rumah. 

Dengan modal 300 ribu ternyata sudah bisa beternak kelinci, lho. Caranya dengan membeli sepasang kelinci, biasanya seharga 150 ribu sepasang.

Di awal, jangan langsung satukan kelinci betina dan jantan karena bisa beresiko betina mati. Pisahkan dulu kandangnya. Setelah masuk usia siap reproduksi, baru satukan mereka dalam satu kandang. 

Saat betina mulai hamil, sebaiknya juga pisahkan kandang. Usahakan menjaga kebersihan kandang, jangan biarkan situasi jadi terlalu dingin atau lembab.

Info Menarik Lainnya : Mau Merintis Bisnis Pet Shop? Ikuti Langkah Berikut Ini

6.  Beternak Udang Vaname

Usaha ternak modal 300 ribu lainnya yang bisa dijalankan di rumah adalah udang vaname. Udang ini merupakan jenis udang air tawar yang ternyata bisa dibudidayakan di kolam terpal. Maka, beternak udang vaname dari rumah bisa dicoba. 

Manfaatkan lahan kosong di rumah misalnya pekarangan, halaman belakang, atau garasi untuk memulai.

Kunci keberhasilan adalah dengan memilih bibit yang unggul. Cirinya yaitu tampilan serta ukuran lebih besar daripada udang lain. Kemudian, tubuhnya ramping serta panjang dan tidak berlumut. Gerakannya pun lebih lincah. Nah, setelah memilih bibit, jaga kebersihan dan suhu air serta jangan berlebihan memberi pakan.

7.  Beternak Burung Puyuh

Burung puyuh bisa jadi alternatif usaha ternak dari rumah. Apalagi jika lahan yang dimiliki di rumah memadai. Daging serta telur burung puyuh digemari orang karena rasanya lezat dan bergizi. 

Bahkan, telur puyuh bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Dari besarnya permintaan ini, maka beternak burung puyuh bisa coba dijalankan.

Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan kandang indukan, mempersiapkan penetasan dan juga perawatan anakan. Perhatikan pakan yang diberikan. Di minggu-minggu pertama, pakan haruslah berupa tepung. Setelah lebih 3 minggu, makanan bisa mulai diganti ke biji-bijian.

Info Menarik Lainnya : Memulai Bisnis Pakan Burung Dan Tips Supaya Untung Besar

Permasalahan Beternak dari Rumah

Setiap usaha pasti memiliki permasalahannya masing-masing. Pun untuk beternak dari rumah. Ada banyak sekali hal yang bisa jadi sumber masalah. Salah satunya yaitu tentang limbah peternakan. 

Kotoran hewan, sisa pakan, dan segala sesuatu yang bersifat disposal, harus dipikirkan pembuangannya. Jangan sampai mencemari lingkungan.

Kotoran hewan yang tidak dikelola dengan baik apalagi di lingkungan perumahan atau pemukiman, bisa jadi masalah baru. Pencemaran lingkungan dari kotoran hewan bisa menyebabkan masalah pada air bersih. 

Belum lagi bau yang ditimbulkan dari peternakan seperti dari hewan ayam, bebek, lele, kambing, dan juga sapi.

Masalah ini tidak boleh dibiarkan saja dan diabaikan. Jika usaha ternak dilakukan di perumahan dan tidak diperhatikan masalah kebersihan ini, bisa jadi ada tuntutan dari tetangga atau warga sekitar yang merasa terdampak. 

Di sisi lain, biasanya setiap daerah memiliki Perda mengenai beternak dari rumah ini. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui juga apa yang boleh dan tidak soal usaha ternak dari rumah.

Itulah diatas ulasan mengenai ide usaha ternak modal 300 ribu yang dapat dijalankan dari rumah. 

Dengan meningkatnya bisnis peternakan, maka tidak ada salahnya ikut terjun ke bisnis ini. Namun, jangan sampai mengabaikan aspek-aspek lingkungan. Usahakan mengelola juga limbah dari usaha ternak ini dengan baik agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Ide Usaha Ternak Modal 300 Ribu dari Rumah dan Tantangannya"