Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!

Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!


Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP - Koneksi wifi sangat dibutuhkan oleh para pengguna smartphone saat ini. Tentunya semua orang berharap bisa menikmati koneksi wifi yang lancar tanpa hambatan. Sayangnya tak selamanya koneksi wifi di HP bisa lancar. Terkadang ada kondisi tertentu yang membuat koneksi wifi jadi lemot.

Lalu bagaimana cara agar wifi tidak lemot di HP? 

Yuk ikuti cara dibawah ini, dijamin bisa membuat koneksi internet Anda selalu lancar jaya.

Penyebab Wifi HP Lemot

Sebelum tahu bagaimana cara agar wifi tidak lemot di HP, ayo cari tahu dulu apa penyebabnya. 

Tentu jaringan wifi bisa lemot karena memang ada faktor yang memicunya. 

Faktor pertama yang paling mungkin terjadi adalah koneksi internet dari provider tersebut memang sedang bermasalah. Oleh sebab itu koneksi wifi secara otomatis juga akan jadi lebih lemot dari biasanya.

Faktor lain yang bisa menyebabkan koneksi wifi lemot adalah letak pemancar sinyal wifi yang terlalu jauh. Misalnya, pengguna smartphone terhubung dengan wifi yang berasal dari hasil hotspot ponsel lain. 

Jika ponsel sumber koneksi tadi berada cukup jauh, maka koneksi akan jadi lebih lemot karena memang jangkauannya terlalu jauh.

Kalau HP terhubung dengan koneksi wifi dari sebuah provider dan menggunakan router wifi, maka kondisi router ini juga bisa berpengaruh. 

Router yang posisinya di bawah atau di tempat tertutup bisa saja membuat jaringan wifi jadi lebih lambat. Selain itu router yang diletakkan dekat logam, atau perangkat lain yang bersifat menghalangi sinyal juga bisa menjadi penyebab wifi lemot.

Cara Mengatasi Wifi Lemot

Masalah wifi lemot ini memang seringkali akan memicu emosi Anda, termasuk saya hehe. ☺

Tapi tenang, sebenarnya ada beberapa pilihan cara yang bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa cara agar wifi tidak lemot di HP:

1. Pakai Aplikasi Penguat Sinyal


Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!

Langkah pertama, coba gunakan aplikasi penguat sinyal. 

Biasanya koneksi wifi jadi lemot karena sinyalnya memang tidak kuat. Agar sinyal lebih kuat dan koneksi jadi lancar, maka pakailah bantuan aplikasi penguat sinyal. Sesuai namanya, aplikasi ini akan memperkuat sinyal yang ditangkap sehingga koneksi pun jadi lebih lancar.

Ada banyak pilihan aplikasi penguat sinyal wifi untuk perangkat HP. Anda bisa langsung mencari aplikasi tersebut di PlayStore atau AppStore. 

Contoh aplikasi penguat sinyal yang cukup direkomendasikan karena fungsinya memuaskan adalah WiFi Booster & Analyzer. Langsung coba saja semua fitur yang ada di aplikasi tersebut, dan rasakan sendiri hasilnya apakah koneksi wifi bisa lebih lancar atau tidak.

2. Ganti Case Handphone


Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!

Coba ganti case handphone yang dipakai karena ternyata benda ini bisa membuat koneksi wifi jadi lebih lambat dari seharusnya. 

Apabila case handphone yang digunakan terbuat dari logam maka bisa dipastikan bahwa case tersebut menghalangi lancarnya sinyal wifi yang diterima. Logam merupakan jenis bahan yang bisa menghalangi tangkapan sinyal sehingga membuat wifi lemot.

Silakan lakukan speed test terlebih dahulu untuk memastikan apakah memang case handphone yang bisa menjadi penyebab. 

Anda bisa melakukan tes dengan menjalankan koneksi wifi saat case handphone terpasang, lalu coba kembali dengan posisi case handphone dilepas. Kemudian coba bandingkan antara kedua kondisi tersebut. 

Segera ganti case handphone dengan bahan lain jika memang case tersebut menyebabkan koneksi wifi jadi lambat.

Info Menarik Lainnya : Cara Setting Wifi Indihome Secara Mandiri

3. Lakukan Update Firmware


Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!

Langkah berikutnya yang bisa dicoba ketika koneksi wifi lemot di HP adalah update firmware. Salah satu penyebab wifi lemot adalah firmware yang sudah ketinggalan zaman. 

Firmware itu sendiri merupakan perangkat software yang bertugas melakukan proses rutin di ROM dan akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet yang berjalan.

Cara update Firmware sangatlah mudah. Pengguna bisa langsung masuk ke menu Pengaturan atau Setting kemudian masuk ke menu About Phone lalu klik opsi System/Software Update. Tinggal tunggu saja proses update dan coba langsung koneksi wifi begitu software tersebut diperbarui.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengecek Kecepatan Internet Indihome, Simak Yuk!

4. Hindari Koneksi Buruk


Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!

Cara agar wifi tidak lemot di HP berikutnya adalah dengan melakukan pengaturan agar HP terhindar dari koneksi internet yang buruk. 

Pengaturan fitur ini sangat mudah, pengguna bisa langsung masuk saja ke menu Settings kemudian klik opsi WiFi dan klik Advanced Settings. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu, langsung saja klik centang pada opsi Hindari Koneksi Yang Buruk atau Avoid Poor Connections.

Cara ini sangat efektif untuk menghindari wifi dengan koneksi yang buruk. Jika fitur ini diaktifkan, maka secara otomatis ponsel akan selalu terhubung dengan koneksi wifi yang lancar. Dengan begitu pengguna tidak akan merasakan wifi lemot dan bisa menikmati internet dengan baik.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Lupa Password Wifi di Android Dengan Mudah & Cepat

5. Pindahkan Posisi Router


Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!

Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah memindahkan posisi router. 

Router ini jelas berpengaruh langsung pada kuat atau tidaknya sinyal wifi yang dipancarkan. Jika posisi router ada di bawah atau ada di tempat tertutup maka bisa saja sinyal tidak kuat. Lebih baik meletakkan router di tempat yang tinggi dan sedikit terbuka.

Jauhkan router dari benda-benda lain yang terbuat dari bahan logam. Selain itu, posisikan router dekat dengan area dimana HP tadi akan digunakan. 

Semakin dekat posisi perangkat HP dengan router maka akan semakin kuat sinyal yang ditangkap. Jika memang lokasi router tidak bisa didekatkan maka pakailah penguat sinyal atau wifi extender.

Itulah pembahasan singkat mengenai penyebab serta cara agar wifi tidak lemot di HP. 

Jika wifi bisa bekerja lancar tentu Anda sebagai pengguna akan merasa lebih bersemangat. Apalagi jika koneksi wifi digunakan untuk keperluan belajar dan bekerja. Pastikan koneksi wifi selalu lancar dan pilihlah provider yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Bagaimana Cara agar Wifi Tidak Lemot di HP? Yuk Kita Ulas!"