Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat

Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat


Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat - WhatsApp sampai saat ini dikenal sebagai aplikasi chatting yang paling efektif dan nyaman untuk digunakan. Lalu, bagaimana jika pengguna yang terlanjur nyaman memakai WhatsApp tiba-tiba ingin mengganti nomor? 

Untuk menjawab pertanyaan itu, yuk simak cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat secara tuntas di artikel berikut.

Cekidot!

Alasan Mengganti Nomor

Mengapa pengguna WhatsApp perlu mengganti nomor? 

Sebenarnya penggantian nomor WhatsApp ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Alasan paling sering ditemui adalah karena nomor lama yang digunakan untuk akun WhatsApp telah terblokir. 

Artinya nomor tersebut tidak bisa difungsikan lagi seperti sedia kala, sehingga pengguna tak punya pilihan selain harus menggantinya.

Selain itu ada pula yang memilih untuk mengganti nomor WhatsApp tanpa penyebab khusus. Artinya memang pengguna hanya ingin ganti nomor saja tanpa sebab yang pasti. 

Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang yang nomornya tidak digunakan untuk keperluan penting, sehingga bisa diganti sesuka hati. Meskipun terdengar aneh, namun nyatanya memang cukup banyak orang yang mengganti nomor hanya karena iseng.

Apapun alasannya, penggantian nomor tentu akan mendatangkan risiko. Salah satunya adalah data-data yang tersimpan dalam nomor tersebut bisa hilang. Apalagi jika nomor dipakai untuk menjalankan aplikasi chatting seperti WhatsApp. 

Tapi tenang, ada cara yang tepat dan aman untuk membantu mempertahankan data kontak dan chat meskipun nomor WhatsApp diganti.

Cara Mengganti tanpa Hilang Data

Tentu akan sangat menyenangkan jika bisa mengganti nomor tanpa kehilangan satu data sekalipun. 

Sebenarnya caranya sangat mudah, hanya saja sebagian besar merasa enggan untuk mencari tahu cara tersebut, sehingga memilih untuk mengorbankan data-datanya ketika mengganti nomor. 

Nah, berikut ini adalah panduan cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat:

1. Masukkan Kartu SIM Baru


Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan kartu SIM baru yang akan digunakan. 

Tentunya cara ini perlu dilakukan dulu agar nomor baru tersebut dapat langsung terdeteksi oleh perangkat smartphone yang dipakai. Pastikan kartu SIM lama sudah dilepas dari slotnya. Pemasangan kartu SIM baru harus dipastikan benar, agar dapat terbaca oleh perangkat smartphone yang digunakan.

2. Input Nomor Lama dan Nomor Baru


Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat

 

Selanjutnya pengguna bisa melakukan input nomor lama dan nomor baru yang akan digunakan. 

Caranya mudah, langsung saja masuk ke aplikasi WhatsApp, kemudian klik menu Setelan atau Settings. Langsung pilih Akun, klik opsi Ganti Nomor, dan klik menu Lanjut untuk mendapatkan kolom Input Nomor.

Setelah klik opsi Lanjut tadi, maka akan muncul tampilan dua kolom. Kolom pertama dipakai untuk input nomor telepon lama, sedangkan kolom kedua untuk input nomor telepon yang baru. 

Pastikan bahwa nomor lama maupun nomor baru yang dimasukkan ini tertulis dalam format internasional yang lengkap. Cek dulu nomor yang dimasukkan dan pastikan keduanya sudah benar.

Info Menarik Lainnya : Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis

3. Aktifkan Fitur Beri Tahu Kontak


Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan fitur Beri Tahu Kontak

Fitur ini digunakan agar kontak lain yang terdaftar di nomor pengguna bisa mengetahui bahwa telah dilakukan penggantian nomor. Notifikasi tersebut nantinya akan muncul di kolom chat dengan pengguna yang bersangkutan tadi. 

Setelah selesai mengaktifkan fitur ini langsung saja klik menu Selesai.

4. Lakukan Verifikasi


Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat


Tahap terakhir yang perlu dilakukan agar proses penggantian nomor ini selesai tanpa mengorbankan data apapun adalah proses Verifikasi. Lakukan verifikasi sesuai permintaan atau perintah yang diberikan oleh pihak WhatsApp. Nantinya juga akan muncul notifikasi apabila proses verifikasi tersebut telah berhasil dilakukan.

Jika semua langkah ini sudah selesai dilakukan, maka pengguna bisa mulai memakai nomor barunya untuk keperluan chatting memakai WhatsApp. 

Info Menarik Lainnya : Cara Melihat Status WA yang Di Hidden, Simak Yuk!

Kini akun WhatsApp yang digunakan sudah berganti nomor dan semua data masih tersimpan dengan baik seperti semula. Semua riwayat obrolan dan data foto tidak akan terhapus. Selain foto, media video maupun dokumen juga akan tersimpan rapi.

Bagi pengguna yang tergabung sebagai anggota dalam grup chat tertentu, maka statusnya masih tetap anggota. Artinya, pengguna tersebut tidak akan keluar dari grup meskipun sudah mengganti nomor teleponnya. 

Kontak WhatsApp yang tersimpan di akun dengan nomor lama juga masih utuh, sehingga pengguna tak perlu merasa khawatir.

Setelah Penggantian Nomor

Jika sudah mengikuti petunjuk cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat ini, maka apa yang akan terjadi? Ada beberapa hal yang akan ditemukan oleh pengguna setelah proses penggantian nomor selesai. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan ditemui:

  • Muncul notifikasi dalam grup bahwa pengguna A telah melakukan penggantian nomor dan masih terdaftar sebagai anggota di grup tersebut.
  • Pengguna yang berstatus sebagai admin dalam sebuah grup akan tetap menjadi admin meskipun baru saja mengganti nomor.
  • Jika ada pengguna lain yang mengirimkan pesan ke nomor lama, maka pesan tersebut tidak akan diterima. Itulah mengapa penting untuk mengaktifkan fitur Beri Tahu Kontak dan informasikan juga pengubahan nomor WhatsApp secara langsung.
  • Akun WhatsApp akan berfungsi seperti sedia kala tanpa ada gangguan dan nomor kontak masih tersimpan secara utuh.

Info Menarik Lainnya : Cara Merubah Nomor Whatsapp Menjadi Nomor Luar Negeri

Itulah tadi petunjuk cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat. Tentunya cara ini akan membantu para pengguna WhatsApp untuk lebih mudah melakukan penggantian nomor. 

Pastikan penggantian nomor ini memang benar-benar dibutuhkan dan akan memberi manfaat. Jika tidak benar-benar diperlukan, maka sebaiknya pertahankan saja nomor yang lama.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Ganti Nomor WhatsApp tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat"