Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis

Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis

Cara Membalas Pesan WA Otomatis - WhatsApp atau WA ialah aplikasi chatting yang banyak digunakan di berbagai negara. Fitur yang disediakan oleh WA ternyata begitu lengkap dan sangat memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah fitur balas pesan secara otomatis. Yuk kita ulas selengkapnya.

Cara membalas pesan WA otomatis pada akun bisnis dan akun biasa sebenarnya tidak terlalu berbeda. 

Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Fitur Balas Otomatis

Mengapa WA menghadirkan fitur akun bisnis dengan layanan balas pesan secara otomatis? Tentunya fitur ini hadir untuk mempermudah para pengguna WA dalam menggunakan fitur aplikasi satu ini. 

Akun bisnis itu sendiri diciptakan untuk mempermudah para pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya, dan melayani konsumen secara optimal.

Fitur balas pesan secara otomatis dinilai sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. 

Dengan adanya fitur ini maka konsumen bisa mendapatkan balasan pesan kapan saja, dimana saja, tanpa harus bergantung pada ketersediaan waktu dari admin, atau pelaku bisnis itu sendiri. 

Fitur ini secara otomatis akan meningkatkan kredibilitas juga kualitas layanan bisnis yang dihadirkan pada konsumen.

Selain bisa diterapkan pada akun bisnis ternyata fitur balas otomatis juga bisa dicoba di jenis akun WA biasa. 

Jadi, pengguna akun WA reguler juga tetap bisa membalas pesan secara otomatis dengan bantuan aplikasi ketiga. Tentunya hal ini akan sangat mempermudah dan membuat pengguna WA jadi merasa semakin nyaman.

Balas Pesan Otomatis di WA Bisnis

Akun WA bisnis memang dihadirkan untuk mempermudah pebisnis melayani konsumennya. Oleh sebab itu fitur auto reply menjadi fitur alami yang memang ada di akun WA bisnis ini. 

Berikut ini adalah cara membalas pesan WA otomatis melalui akun bisnis:

1. Buat Akun


Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis


Pertama, buat akun dulu di aplikasi WA bisnis. Jika sudah ada akunnya maka langsung saja login ke akun tersebut. 

Setelah itu langsung masuk saja ke menu Pengaturan. Pada intinya cara login dan posisi menu Pengaturan di WA bisnis sama saja dengan yang ada di akun WA reguler. 

Posisi opsi Pengaturan atau Setting bisa ditemukan dengan klik tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas.

2. Pilih Opsi Fitur Bisnis


Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis

Setelah masuk ke menu Pengaturan maka bisa langsung klik opsi Fitur Bisnis yang ada di sana. Opsi ini terdiri dari beberapa pilihan fitur yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis. Mulai dari fitur profil bisnis, katalog, fitur perpesanan, label pesan, dan lain sebagainya.

3. Lakukan Edit Isi Pesan


Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis


Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah edit isi pesan yang akan dijadikan sebagai balasan otomatis di akun bisnis. Caranya adalah dengan memilih opsi Fitur Perpesanan

Ada beberapa opsi balasan yang bisa digunakan. Mulai dari Pesan di luar jam kerja, Salam untuk menyambut pelanggan baru, serta fitur Balas cepat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Setelah selesai melakukan pengaturan maka fitur Auto Reply ini bisa segera digunakan. 

Pengguna bisa memasukkan berbagai jenis informasi yang bermanfaat lewat fitur balas otomatis tersebut. Misalnya dengan menyertakan nama bisnis, merek, produk, website, media sosial, jam operasional, dan lain sebagainya. 

Selain itu bisa juga dimanfaatkan fitur berbagi foto otomatis bagi pelanggan.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi Jual Pulsa di WhatsApp agar Banyak Pembeli

Membalas Pesan Otomatis di WA Reguler

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa fitur balas otomatis tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna akun bisnis WA. Fitur ini ternyata juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna akun reguler. 

Ini bisa jadi solusi yang sangat baik bagi pengguna yang tidak punya akun bisnis tapi ingin menggunakan fitur balas pesan secara otomatis. 

Berikut adalah cara membalas pesan WA otomatis lewat akun reguler:

1. Unduh Aplikasi Auto Reply


Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis

Khusus untuk akun bisnis, fitur Auto Reply ini sudah ada secara otomatis. WA memang sudah menyertakan fitur tersebut untuk keperluan pengguna akun bisnis. 

Sementara itu, untuk pengguna akun reguler tidak bisa mendapatkan fasilitas dari fitur ini. Oleh sebab itu harus ada bantuan dari pihak ketiga, yaitu berupa aplikasi Auto Reply yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

2. Buka Aplikasi dan Lakukan Pengaturan


Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis


Jika aplikasi sudah berhasil diunduh dan dipasang di perangkat smartphone maka segera buka aplikasi Auto Reply tersebut. 

Izinkan aplikasi ini untuk membaca notifikasi dari pesan WA yang masuk. Selanjutnya langsung klik ikon + yang terdapat di halaman utama aplikasi Auto Reply tadi. Ikon ini berada di bagian tengah bawah interface aplikasi. Fungsinya adalah untuk membuat Chatbot.

Pada bagian ini pengguna juga harus menentukan jenis akun WA yang digunakan. Apakah ingin memakai WA bisnis atau WA reguler. Dalam hal ini pengguna harus memilih jenis akun WA reguler untuk dihubungkan dengan aplikasi Auto Reply.

3. Tuliskan Pesan Balasan


Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis

Langkah berikutnya adalah tuliskan pesan balasan yang nantinya akan muncul secara otomatis ketika ada pengguna lain yang mengirim pesan. 

Sebelum membuat pesan balasan, pengguna harus memasukkan kata kunci terlebih dahulu. Caranya dengan mengetik tanda bintang * lalu pilih opsi All untuk membalas semua pesan yang masuk.

Setelah diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan, maka bisa langsung dibuat pesan balasan otomatis tersebut. Pesan tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna. Isi kalimatnya juga sesuai dengan keinginan pengguna. 

Jika pesan sudah selesai dibuat maka langsung klik ikon centang yang ada di bagian bawah kanan dari tampilan aplikasi.

Info Menarik Lainnya : Cara Merubah Nomor Whatsapp Menjadi Nomor Luar Negeri

Itulah tadi petunjuk cara membalas pesan WA otomatis paling praktis dan mudah. Jadi baik pengguna akun WA bisnis maupun WA reguler kini bisa menggunakan fitur balas otomatis. Silakan gunakan fitur ini sesuai kebutuhan demi kemudahan pelayanan bisnis maupun kemudahan pribadi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis"