Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi - Salah satu persoalan yang kerap dialami oleh pemilik laptop adalah masalah baterai dan charger laptop. Permasalahan yang sering terjadi yaitu baterai laptop yang tidak bisa terisi saat di charger. Bahkan seringkali bukannya terisi, malahan daya baterainya terus berkurang saat di charger. 

Lalu, apakah ada cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi?

Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sebelum membeli charger atau baterai baru, ada baiknya para pemilik melihat dulu penyebab hal ini terjadi. Apakah yang rusak itu chargernya, atau baterai laptopnya? Atau sebenarnya tidak ada masalah dari kedua komponen tersebut, tapi justru masalah ada dari drivernya? 

Nah sebelum membeli komponen yang baru, ada baiknya mencoba beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi. 

Yaitu dengan langkah-langkah mudah berikut:

1. Melepas Baterai


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Jika memiliki laptop yang baterainya dapat dilepas, maka matikan laptop terlebih dahulu lalu lepaskan baterainya. Selanjutnya, masih dalam kondisi baterai lepas, maka nyalakan kembali laptop dengan tetap tercolok dengan charger. 

Apabila laptop masih bisa nyala dengan normal, maka bisa disimpulkan bahwa tidak ada masalah dengan charger laptop.

Namun untuk memastikan kembali kondisi baterai laptop, pasang kembali baterai dengan posisi yang benar. Jika baterai sudah mulai terisi, maka kemungkinan tadi tidak bisa mengisi itu adalah karena posisi baterai yang tidak pas. 

Tapi setelah semua upaya diatas telah dilakukan namun baterainya tetap tidak bisa terisi, maka bisa disimpulkan bahwa memang baterainya yang sudah bermasalah. Solusinya yaitu mengganti baterai lama itu dengan yang baru.

2. Mendinginkan Laptop


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Salah satu penyebab yang bisa menyebabkan baterai laptop tidak bisa terisi dengan normal adalah karena telah digunakan terlalu lama hingga overheat. Jika ini adalah penyebabnya, maka cobalah mendinginkan laptop dengan membiarkannya selama 1-2 jam.

Baterai laptop sangat rentan terhadap suhu yang sangat panas dan dapat berpengaruh terhadap kinerja sensornya. Apabila temperatur laptop terlalu panas, maka sensor baterai akan membaca bahwa baterai seolah sudah penuh. Sehingga sudah tidak bisa mengisi daya baterai lagi.

Oleh karena itu, cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan memberikan waktu istirahat pada laptop. Atau jika memang tidak sempat istirahat, maka berikan ventilasi atau kipas laptop agar temperaturnya tidak sampai terlalu panas. Hal ini bisa membantu agar suhu laptop dapat terjaga dan tidak terlalu panas.

3. Memperbaiki Driver Baterai


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Penyebab lainnya yang seringkali menyebabkan baterai tidak terisi adalah karena driver baterai yang error. Hal ini bisa terjadi karena siklus pengisian data baterai yang kurang tepat. Untungnya masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah.

Jika hal ini terjadi, maka bukalah Windows dan Device Manager. Nantinya akan muncul beberapa opsi menu, lalu pilih Batteries. Klik bagian kanan mouse dan akan muncul Microsoft ACPI atau Microsoft AC Battery. Pilih salah satu dan klik Disable Device atau Uninstall Device. 

Kemudian restart kembali laptop dan hubungkan kembali dengan charger. Jika penyebabnya adalah karena driver baterai yang error, maka harusnya baterai bisa mulai terisi kembali setelah langkah ini dilakukan.

4. Update Driver Baterai


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Bagi yang memiliki driver baterai, namun kondisinya sudah lama, maka tinggal update drivernya. Langkah yang perlu dilakukan sama seperti sebelumnya diatas, hanya saja pada saat klik kanan pada Microsoft ACPI atau Microsoft AC Battery, pilih Properties

Selanjutnya, klik Driver dan pilih Update Driver, nanti Driver akan secara otomatis terupdate. 

Agar bisa kembali digunakan dengan sempurna, maka jangan lupa untuk restart kembali laptop terlebih dahulu.

Info Menarik Lainnya : Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh

5. Uninstall Software


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan, namun baterai masih tidak bisa juga terisi, maka cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi selanjutnya adalah dengan menghapus Software Manajemen Power

Meskipun tidak ada yang menjelaskan secara detail penyebabnya, namun dengan uninstall software tersebut, baterai dapat terisi secara cepat.

Contohnya, pada hampir semua laptop Lenovo terdapat Lenovo Energy Management. Informasinya, jika software ini di uninstall, baterai laptop bisa mulai terisi dengan normal. Jadi, sebelum membawa laptop ke tukang servis, cobalah menggunakan cara ini dulu.

Info Menarik Lainnya : Cara BIOS Flash Laptop Dengan Benar, Simak Yuk!

6. Membersihkan Colokan Charger di Laptop & Charger


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan baterai laptop tidak terisi adalah karena colokannya tidak terpasang secara sempurna. 

Hal ini biasanya disebabkan oleh colokan pada charger maupun pada laptop itu sudah kotor. Jadi untuk mengoptimalkan koneksinya, cobalah membersihkan bagian colokan dengan tusuk gigi atau benda kecil lainnya.

Bersihkan bagian dalam charger maupun laptop dan keluarkan debu, atau residu lainnya yang ada di dalam laptop. Namun pastikan untuk selalu berhati-hati saat membersihkannya. 

Jadi jangan sampai saat membersihkan malah merusak komponen yang ada di dalamnya. Kalau bisa, cobalah meniupnya dengan pelan agar kotoran di dalamnya dapat keluar secara perlahan.

Info Menarik Lainnya : Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

7. Mengganti Kabel Charger


Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi


Jika semua cara diatas sudah dilakukan dan tidak ditemukan ada masalah pada baterai laptop, maka penyebabnya bisa jadi pada charger laptopnya. Mungkin ada salah satu bagian dari kabel carger yang putus, sehingga daya listrik tidak dapat bekerja dengan baik.

Jika hal ini terjadi, maka cobalah mengganti bagian kabel charger yang rusak saja. Sebelum membeli yang baru, cobalah menggunakan kabel orang lain yang sejenis. Jika berhasil, maka sudah dapat dipastikan bahwa yang bermasalah adalah chargernya. 

Untuk menghindari kabel laptop terputus, maka jangan melipat kabel terutama bagian ujungnya. Hal ini sangat berpotensi untuk merusak kabel charger, terutama jika tidak disimpan di tempat yang aman.

Itu diatas beberapa penyebab serta cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi. 

Sebelum membeli barang baru, cobalah untuk memperbaikinya dengan langkah-langkah yang mudah terlebih dahulu. Jika berhasil, maka pengguna tidak perlu membeli baterai ataupun charger baru. 

Tapi jika semua upaya sudah dilakukan namun belum juga ada hasilnya, maka sudah saatnya untuk mengganti komponen yang rusak tersebut dengan yang baru.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi"