Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Contoh Iklan Produk Sabun yang Efektif Menarik Pembeli

Contoh Iklan Produk Sabun yang Efektif Menarik Pembeli


Iklan yang baik dan menarik pasti bisa secara efektif menarik perhatian audiens. Tentunya penyusunan iklan harus disesuaikan dengan jenis produk yang diiklankan. 

Dalam pembahasan kali ini akan diambil contoh iklan produk sabun. Produk ini sangat umum digunakan oleh masyarakat dan menjadi salah satu contoh produk yang digunakan sehari-hari.

Lalu, Seperti Apa Sih Contoh Iklan Produk Sabun yang Efektif Menarik Pembeli?

Yuk kita ulas secara detail hingga tuntas!

Strategi Marketing yang Bisa Digunakan

Sebelum melihat lebih banyak contoh iklan sabun, mari kenali dulu apa saja pilihan strategi marketing yang bisa diterapkan. Jenis produk seperti ini memang akan selalu dibutuhkan namun bukan berarti tidak butuh strategi marketing. 

Berikut ini adalah beberapa strategi marketing atau pemasaran produk sabun:

1. Personal Selling

Strategi pertama yang bisa dicoba adalah personal selling. 

Ini merupakan jenis promosi dengan teknik komunikasi dua arah, dimana nantinya penjual akan menjelaskan langsung detail produk kepada pembeli. Strategi marketing ini dinilai sangat efektif untuk mengiklankan produk sabun dan sudah sangat sering dijumpai khususnya lewat iklan televisi.

Melalui personal selling ini, maka bisa dibuat tagline yang akan disampaikan oleh pengiklan kepada calon pembeli. 

Tagline ini nantinya akan selalu diingat oleh audiens dan menunjukkan keterkaitan yang kuat dengan produk sabun tersebut. Misalnya tagline seperti ‘Tuntas Membunuh Kuman’ dan ‘Membuat Kulit Halus dan Sehat’.

2. Iklan di Media Sosial

Saat ini media sosial merupakan sebuah platform yang besar dan sangat efektif dipakai untuk beriklan. 

Iklan melalui media sosial benar-benar efektif dan bisa menjangkau target pasar yang sangat luas. Platform medsos juga banyak diminati karena biaya promosi di sini terbilang hemat biaya.

Instagram dan TikTok kini menjadi dua jenis media sosial yang paling banyak digunakan untuk promosi produk. Iklan produk sabun pun sangat memungkinkan untuk dilakukan lewat dua jenis platform ini. 

Keduanya sama-sama populer di kalangan masyarakat dan memiliki banyak pilihan fitur marketing yang menarik. Banyak sekali contoh iklan produk sabun yang bisa ditemui di dua jenis platform tersebut.

3. Public Relation

Strategi marketing berikutnya yang bisa dicoba untuk memasarkan produk sabun adalah public relation. 

Cara ini cukup banyak dilakukan di zaman sekarang dan memang terbukti efektif untuk meningkatkan angka penjualan. Contoh mudahnya, sebuah brand sabun mengadakan acara yang menggandeng beberapa mitra. Acara tersebut harus bisa memberi manfaat untuk masyarakat.

Strategi marketing melalui public relation ini ternyata sangat efektif untuk membangun brand awareness. Citra positif yang dimiliki oleh sebuah brand bisa meningkat dengan strategi tersebut. 

Selain itu, cara ini juga bisa membuat masyarakat semakin menyukai sebuah brand, karena brand tersebut berusaha untuk lebih dekat dan mampu memberi manfaat.

4. Direct Marketing

Ada pula strategi direct marketing yang juga dinilai efektif untuk memasarkan produk sabun. Direct marketing ini artinya perusahaan akan langsung berkomunikasi dengan konsumen yang menjadi target. 

Contoh paling mudahnya adalah dengan memberikan iklan layanan masyarakat yang berhubungan dengan produk tersebut. Misalnya untuk produk sabun, bisa dibuat iklan layanan masyarakat pentingnya mencuci tangan.

5. Promosi Penjualan

Khusus untuk strategi yang satu ini biasa dilakukan oleh perusahaan atau produsen sabun yang sudah memiliki nama besar. 

Biasanya promosi dilakukan melalui acara-acara televisi, film, dan lain sebagainya. Dibutuhkan budget yang besar pula untuk melakukan promosi dengan cara seperti ini. Walau biaya iklannya mahal, tapi  sebanding dengan hasil yang akan didapatkan (karena jangkauan target promosinya begitu luas).

Strategi marketingnya jelas harus ditentukan dengan cermat. Harus disesuaikan antara produk dan target konsumen yang diinginkan. 

Selain itu juga harus disesuaikan dengan budget yang tersedia serta target penjualan yang ingin dijangkau. Tujuannya tentu agar iklan tersebut dapat menghasilkan penjualan produk yang maksimal.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi Eyelash Extension Agar Konsumen Tertarik

Contoh Iklan Sabun yang Menarik

Ada banyak sekali bentuk contoh iklan produk sabun yang bisa ditemui di berbagai media. Kali ini akan coba kita bahas contoh-contoh iklan yang menggunakan kalimat iklan atau kalimat promosi. Jenis iklan seperti ini biasanya digunakan di media cetak maupun media sosial. 

Berikut adalah beberapa contoh iklan yang bisa dipakai untuk memasarkan produk sabun:

1. Sabun Mandi

Produk sabun mandi jelas selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Agar bisa membuat kalimat iklan yang efektif, maka perlu ditampilkan manfaat dari pemakaian produk sabun tersebut. 

Harus ditonjolkan kelebihan dari sabun ini. Jadi audiens bisa tahu apakah produk sabun ini cenderung mengarah ke produk antibakteri atau termasuk jenis produk sabun kecantikan.

Contoh kalimat iklan:

"Rawat kulit cantik indahmu dengan kelembutan sabun LUX Shimmering Sandalwood Musk. Terasa lembut di kulit dan melembabkan secara sempurna. Aromanya yang khas membuat kamu semakin berani ekspresikan cantikmu!"

2. Produk Sabun Wajah

Selain sabun mandi, sabun wajah juga sangat banyak beredar di pasaran dan cukup diminati banyak orang. Untuk jenis produk ini maka spesifikasinya lebih cenderung mengarah ke kecantikan atau manfaat untuk kulit wajah. Jadi bisa ditonjolkan fungsi produk untuk kecantikan kulit wajah setelah pemakaian.

Contoh kalimat iklan:

"Bersihkan wajah setelah seharian beraktivitas dengan Ponds White Beauty Facial Foam. Efektif mengangkat kotoran, mencerahkan kulit, juga memudarkan spot hitam di wajah. Dilengkapi rosehip seed extract yang akan membuat kulit terasa lebih lembab".

3. Detergen

Jenis sabun lainnya yang juga umum dipakai di masyarakat adalah sabun cuci atau detergen. Iklan untuk jenis produk ini bisa menonjolkan kualitasnya dalam mengangkat kotoran dan membersihkan noda di baju. Selain itu aroma sabun cuci juga bisa jadi poin penting yang ditampilkan dalam iklan.

Contoh kalimat iklan:

"Noda membandel di baju favorit dijamin hilang seketika dengan Rinso Matic. Cocok digunakan untuk mencuci baju menggunakan mesin cuci. Sangat efektif menghilangkan noda dalam satu kali cuci. Disertai aroma lembut yang tahan lama menempel di baju Anda!"

4. Sabun Cuci Piring

Berikutnya mari kita ambil contoh iklan produk sabun cuci piring. Jenis sabun ini digunakan untuk membersihkan peralatan makan dari lemak dan kotoran sisa makanan. Oleh sebab itu bisa ditonjolkan kelebihan produk dalam mengangkat lemak juga menghilangkan aroma bekas makanan yang membandel.

Contoh kalimat iklan:

"Basmi semua noda membandel di piring dan alat masak dengan Sunlight Jeruk Nipis 100! Efektif mengangkat lemak dan noda membandel dalam satu usapan. Bau amis bekas makanan juga hilang seketika dalam satu kali cuci".

5. Produk Sabun Cuci Tangan

Di era pandemi ini, aneka jenis produk cuci tangan bermunculan. Iklan yang menarik dan efektif tentu saja akan sangat dibutuhkan agar bisa meningkatkan angka penjualan. Untuk jenis produk ini sebaiknya ditonjolkan khasiat produk sebagai antibakteri yang bisa membasmi kuman di tangan.

Contoh kalimat iklan:

"Jaga diri di masa pandemi dengan rajin cuci tangan pakai Lifebuoy! Efektif memberantas bakteri dan virus yang menempel di tangan. Badan lebih sehat dan bebas dari infeksi penyakit menular!"

Itulah diatas pembahasan singkat mengenai contoh iklan produk sabun yang efektif dan menarik. Tentunya kalimat iklan perlu disesuaikan dengan spesifikasi produk serta media iklan yang digunakan. 

Selain itu kalimat iklan juga harus dibuat sesuai dengan kategori pasar yang menjadi target konsumen. Misalnya, untuk sabun cuci piring maka buat kalimat yang familiar dengan kalangan ibu rumah tangga.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Iklan Produk Sabun yang Efektif Menarik Pembeli"