Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Cara Promosi Jualan Online Agar Cepat Laku


Cara Promosi Jualan Online Agar Cepat Laku - Memiliki usaha dengan berjualan secara online saat ini sangat penuh dengan tantangan. Setiap pelaku usaha online sangat dituntut agar bisa memikirkan cara promosi yang tepat. Tujuannya agar produknya cepat laku dan mampu bersaing dengan pebisnis online lainnya. 

Terlebih lagi jika si pebisnis online memasarkan produknya melalui platform e-commerce/marketplace. Persaingan yang berlaku di kedua platform belanja daring itu bisa diibaratkan seperti hukum rimba. Jadi disana berlaku semacam aturan tak tertulis "siapa yang kuat maka dialah yang menang". 

Namun walau bagaimanapun, (mau tidak mau) persaingan itu harus tetap dihadapi. Jadi bagi pelaku usaha online yang baru memulai jangan terlalu cepat menyerah. Anda masih tetap punya peluang untuk bisa bersaing asalkan punya strategi promosi jualan online yang tepat.  

Lalu, apa saja sih cara promosi jualan online agar cepat laku?

Berikut ini ada beberapa langkah dan cara untuk membuat jualan online Anda cepat laku terjual.

Yuk simak hingga tuntas.

1. Mengenali Produk

Sebagai pelaku usaha, mengenali produk yang dijual merupakan cara promosi jualan online agar cepat laku yang utama. Dalam hal ini, produk tidak harus dibuat sendiri. Bisa saja penjual merupakan reseller atau dropshipper, karena keduanya bisa berjualan di pasar online.

Baik produsen, seller, reseller, maupun dropshipper harus mengenali produknya dengan baik. Jadi seorang pebisnis online harus tau jenis dan model produk yang sedang laku (ngetrend). Tujuannya agar bisa memasarkan dan menjual produk tersebut dengan maksimal.

2. Jeli Melihat Pangsa Pasar

Hal kedua yang harus diperhatikan sebagai cara promosi jualan online agar cepat laku adalah harus jeli melihat pangsa pasar. Setiap produk memiliki keunikan masing-masing dan seorang pebisnis online harus paham akan hal ini.

Sebagai contoh, jika pelaku usaha memiliki produk kecantikan dan perawatan kulit, tentu harus memilah segmen pria dan wanita, dan menyesuaikan produk-produk mana yang sesuai untuk perawatan pria dan wanita. Tidak semua skin care pasti cocok untuk pria dan wanita.

Soal pangsa pasar ini terkadang suka diabaikan oleh sebagian pebisnis online. Padahal, jika pelaku usaha berhasil menemukan pasar yang tepat, maka kemungkinan untuk sukses menjual produk akan lebih tinggi. 

3. Tentukan Harga yang Sesuai

Meskipun setiap pedagang bebas menentukan harga untuk produknya, namun sebaiknya harga tersebut berada dalam level wajar. Dikatakan wajar adalah jika harga yang dipasang tidak terlalu mahal, tetapi juga tidak terlalu di bawah harga pasar.

Terkait hal ini, penting bagi pelaku usaha untuk melakukan survey sebelum terjun berdagang. Salah satu cara promosi jualan online dengan penentuan harga yang tepat, juga akan membantu pedagang agar produknya cepat laku.

Beberapa pembeli barangkali tidak keberatan dengan harga yang sedikit lebih tinggi, jika pembeli tersebut sudah loyal atau sudah menjadi langganan. 

Disarankan agar jangan memasang harga yang terlalu rendah (walau mungkin tujuannya sebagai strategi untuk menjaring konsumen). Karena toko online yang melakukan praktek seperti itu justru bisa dicurigai sebagai percobaan penipuan (produk tidak sesuai). 

Selain itu, harga yang terlalu tendah juga dapat memicu persaingan tidak sehat diantara pedagang.

Jadi pasanglah tarif produk yang wajar. Kalaupun Anda ingin melakukan promo dengan harga miring, maka tentukanlah batas waktu berlakunya. Sehingga baik pembeli maupun seller lain paham bahwa harga miring itu hanya untuk promosi saja. 

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi di Instagram Ads dan Manfaat yang Diperoleh Pebisnis

4. Desain Toko Online

Suka atau tidak, seorang pedagang online harus meluangkan waktunya untuk ‘menata toko’. Dalam hal ini, toko online yang dibuka dengan berbagai platform e-commerce, membutuhkan 'perhatian khusus' dari pemiliknya agar tampil menawan.

Hal ini juga diyakini menjadi cara promosi jualan online agar cepat laku. Pembeli tentu akan tertarik dengan toko yang menarik secara desain, memberikan foto-foto dengan resolusi yang pas, deskripsi barang yang jelas, serta kontak bisnis yang transparan.

Hal tersebut diatas tentu tidak boleh dianggap sepele oleh pedagang online. Bahkan walau hanya berjualan melalui media Whatsapp sekalipun, kata-kata promosi yang diunggah dalam WA story juga harus diperhatikan. 

Selain itu, kalau bisa tambahkan juga dengan testimoni dari pelanggan (agar calon costumer semakin percaya dengan toko online Anda).

Aturlah desain toko online dengan sedemikian rupa. Usahakan isi di dalamnya (secara eksplisit) menggambarkan profesionalisme Anda sebagai pemilik usaha. 

Tampilkan bagian khusus yang menampilkan testimoni dan rating toko. Dengan demikian, konsumen yang sudah membeli barang dapat segera memberikan review kepada produk dan juga toko.

Info Menarik Lainnya : Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Agar Sukses & Laris di Pasaran

5. Gunakan Media Sosial

Teknik lain yang dapat dilakukan sebagai cara promosi jualan online agar cepat laku adalah dengan mengoptimalkan social media. Semua orang tahu, bahwa media sosial saat ini telah berhasil mengambil alih hampir 100% aktivitas publik, terutama di masa pandemi.

Hal tersebut menjadi celah yang baik bagi pedagang online, salah satunya untuk dimanfaatkan menjadi tempat mempromosikan produknya. Gunakan dengan aktif semua media sosial yang ada untuk aktivitas berjualan. 

Media sosial terdekat adalah whatsapp. Optimalkan fungsinya, bukan hanya sekadar untuk bikin status, tapi juga untuk berjualan online. 

Unggah beberapa foto, kata-kata promosi, atau testimoni melalui WA story secara rutin. Pedagang juga bisa memanfaatkan grup WA untuk menyebarkan informasi produknya, sepanjang tidak melakukan spam.

Selain itu, media lain yang lazim dipakai adalah Facebook. Penjual online bisa berpromosi menggunakan fanpage. Yaitu dengan cara mengunggah informasi di feed/story yang akan dibaca oleh followers. Pedagang online juga bisa memasang Ads (iklan) untuk menjangkau target pasar lebih luas.

Berjualan menggunakan media sosial itu akan sangat menuntut konsistensi Anda. Lakukan secara terjadwal dan konsisten, setidaknya untuk membuka pasar terlebih dahulu. Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan respons dengan cepat.

Info Menarik Lainnya : Ingin Produk Anda Laris? Cobalah Cara Iklan Tokopedia Ini

6. Berpromosi dengan Konsisten

Media apapun yang digunakan, cara promosi jualan online agar cepat laku adalah konsistensi dalam melakukan promosi. Sebagai contoh, jika menggunakan media sosial seperti whatsapp, facebook, atau Instagram, maka pedagang harus konsisten mengunggah konten promosi.

Lakukan dalam jeda yang tidak terlalu jauh, misalnya setiap hari atau dua hari sekali di waktu-waktu yang paling sering dilihat oleh para followers. Waktu tersebut bisa dipelajari melalui insight media sosial, sehingga penggunaannya akan semakin efektif.

Selain itu, konsistensi juga bisa dilakukan dengan menata konten. Misalnya, pedagang hanya akan melakukan promosi di Hari Senin, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Pada hari yang lain, pedagang bisa menyisipi dengan candaan, quotes, atau unggahan motivasi. Dengan begitu, tata letak media sosial akan terlihat lebih konsisten dan rapi.

7. Service Excellence

Meskipun hanya berjualan secara online, dalam artian tidak bertemu pembeli secara langsung. Penjual online juga tetap harus memberikan pelayanan prima kepada pembeli. 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan kesigapan dan keramahan komunikasi. Tak sedikit pembeli yang kabur karena penjual slow response, atau tidak ramah ketika menjawab pertanyaan.

Bagian ini mungkin tampak sepele, namun justru harus menjadi perhatian para penjual online. Kesan pertama dari pembeli harus benar-benar diraih, agar jualan Anda cepat laku. 

Selain itu, jika ada konsumen yang membeli produk, berikan juga pelayanan yang baik. Misalnya dengan tidak terlambat mengirim barang, atau memberikan konfirmasi transfer serta resi pengiriman.

Pelayanan yang baik bukan hanya pada saat konsumen datang ke toko. Setelah pembeli selesai dengan transaksi dan menerima barangnya, pedagang online tetap bisa melanjutkan pelayanan sekadar dengan bertanya kabar, atau mengabarkan produk terbaru dari toko. 

Kabarkan juga jika ada promo atau diskon. Hal itu tentu akan segera menarik perhatian pelanggan Anda.

Info Menarik Lainnya : Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!

Setelah mengetahui cara promosi jualan online agar cepat laku, maka pedagang dapat segera mengeksekusi cara-cara tersebut diatas melalui platform yang biasa digunakan. Anda bisa mempraktekkannya di platform media sosial, e-commerce, maupun marketplace.

Kesimpulannya: seorang pedagang online haruslah jeli melihat celah pasar, dan memanfaatkan celah tersebut sebagai media untuk menjual produknya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Cara Promosi Jualan Online Agar Cepat Laku"