Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Agar Sukses & Laris di Pasaran

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Agar Sukses & Laris di Pasaran

Salah satu jenis usaha yang akan selalu dicari oleh orang adalah bisnis baju online. Baju merupakan salah satu kebutuhan primer manusia sehingga akan selalu dibutuhkan oleh semua orang. Untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar yang semakin luas, maka salah satu cara terbaik memulai bisnis ini adalah melalui online. 

Nah, bagi yang sedang ingin memulai usaha baru, yuk pelajari cara memulai bisnis online shop baju yang mudah dan murah.

Untuk memulai sebuah bisnis baju secara online, pemilik tidak perlu memiliki brand tersendiri melainkan menjadi reseller dulu. 

Dengan belajar menjadi reseller, orang tidak perlu mendesain dan memproduksi baju sendiri. Dengan begitu, para pemilik bisa fokus terhadap penjualan dan perkembangan bisnisnya terlebih dahulu.

Cara Mudah Untuk Memulai Online Shop Baju

Cara memulai bisnis online shop baju bisa dikatakan sangat mudah. Bahkan ibu rumah tangga, anak SMA hingga mahasiswa bisa memulai bisnis ini dengan modal yang sangat kecil. Hanya dengan modal HP, koneksi internet dan niat, bisnis online shop sudah bisa berjalan. 

Tidak percaya? 

Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa cara mudah untuk memulai bisnis baju secara online.

1. Menjadi Drop shipper

Bagi yang tidak memiliki modal besar namun ingin mencoba berbisnis, maka cara memulai bisnis online shop baju dapat dilakukan dengan menjadi dropshipper. 

Ketika menjadi dropshipper, pemilik tidak perlu membeli atau memiliki stock baju di dalam tokonya. Dengan kata lain, dropshipper merupakan perantara toko lain dengan pembeli.

Cara menjadi dropshipper sangatlah mudah. 

Pertama-tama carilah toko baju yang memang mencari rekan Kerjasama sebagai dropshipper. Kemudian, mintalah atau ambilah foto-foto produknya dan tampilkan pada toko atau situs online yang kalian miliki. Usahakan untuk menjual baju dengan harga yang sama dengan penjual aslinya.

Selanjutnya ketika ada pembeli yang ingin membeli, pemilik akun online tinggal menghubungi toko aslinya. Nantinya, toko tersebut akan langsung mengirimkan produk ke pembeli tanpa melalui memiliki dropshipper. 

Jangan lupa untuk menginformasikan kepada pemilik toko untuk menuliskan toko dropshipper.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi dropshipper memang tidak besar. Namun, cara ini sangat menguntungkan, karena pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, tapi tetap bisa mendapatkan keuntungan. 

Bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tambahan, cobalah menjadi dropshipper.

2. Melakukan Riset

Untuk yang ingin membuka bisnis online shop baju dengan memiliki stok, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. 

Pertama, tentukan target pasar yang diinginkan, mulai dari jenis kelaminnya sehingga usianya. 

Selanjutnya, tentukan apakah ingin menembak pasar menengah ke bawah atau menengah ke atas. Karena ini akan menentukan jenis baju yang akan dijual.

Jika sudah menentukan target pasarnya, maka saatnya melakukan riset baju yang saat ini sedang menjadi tren. Untuk proses ini, lakukan pencarian di internet atau dari sosial media dan e-commerce. 

Cobalah cari jenis dan model yang baju berbeda dan tidak pasaran agar orang semakin tertarik untuk membelinya. Apabila ingin mendapatkan baju yang unik, maka cobalah memilih baju import.

Info Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Pakaian (Panduan Lengkap Untuk Pemula)

3. Membuat Akun Sosial Media & Situs Online

Cara memulai bisnis online shop baju yang berikutnya adalah dengan membuat akun atau situs online. Jika masih baru dan belum memiliki modal yang besar untuk membuat situs sendiri, maka buatlah akun sosial media saja. 

Pilihlah sosial media yang banyak digunakan seperti Instagram, Facebook atau Twitter. Jangan lupa juga untuk membuat akun di e-commerce untuk melebarkan peluang.

4. Membeli Baju & Mulai Promosi

Setelah berhasil melakukan riset, maka belilah baju yang dirasa akan laris di pasaran. Belilah beberapa jenis baju yang berbeda, namun dengan jumlah yang terbatas. Dengan begitu, pembeli akan mengetahui jika produk tersebut limited stock dan membuatnya ingin membelinya.

Sambil menunggu produknya datang, lakukan promosi terlebih dahulu di akun sosial media yang telah dibuat. Informasikan jenis baju yang akan dijual dan promo yang akan diberikan pada saat awal pembukaan. 

Jika memiliki foto baju yang dibeli, tampilkan gambarnya tanpa menyertakan harganya. Dengan promosi seperti ini, pembeli bisa mendapatkan gambaran mengenai jenis baju yang akan dijual.

Info Menarik Lainnya : Cara Berbisnis Pakaian Di Rumah Bagi Pemula

5. Menentukan Harga Jual

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menentukan harga jual untuk setiap baju. Pertama, tentukan margin yang diinginkan dan tambahkan dengan biaya lainnya yang telah dikeluarkan. 

Biaya lainnya yang harus diperhitungkan diantaranya adalah ongkos kirim, operasional hingga gaji pegawai. Untuk mengetahui apakah harga yang ditetapkan mahal atau tidak, lakukan perbandingan dengan penjual lain.

Jika ingin bisnis online shop laris manis, usahakan untuk tidak memberikan harga yang lebih mahal dari pesaing. Apabila harga jualnya memang lebih mahal, maka pastikan ada keistimewaan dari produk atau jasa yang diberikan untuk menarik para pembeli.

6. Saatnya Menjual Produk

Jika akun sudah dipromosikan dan baju telah datang, maka saatnya berjualan! 

Jangan ragu untuk terus melakukan promosi baik secara offline dan online melalui semua media yang dimiliki. Dengan begitu, orang bisa mengetahui bahwa ada toko online baru dan mengintip akun atau situsnya.

Info Menarik Lainnya : 5 Pusat Toko Grosir Perlengkapan Bayi Di Jakarta

Tips Melariskan Usaha Baju Online

Jika sudah mengetahui cara memulai bisnis online shop baju, maka saatnya mempelajari tips agar usaha dapat laris manis di pasaran. Hal pertama yang harus dilakukan dan diperhitungkan dalam menjalankan usaha baru adalah biaya promosi.

Sebagai usaha atau toko yang baru, wajar jika belum banyak orang yang mengetahui nama toko serta jenis usahanya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengalokasikan biaya promosi di modal awal. 

Lakukan promosi secara online dan offline serta lakukan update mengenai jenis produk yang dimiliki. Jadi, tanpa harus membuka situs atau akunnya, orang lain dapat mengetahui jenis baju yang dijual.

Selanjutnya, jangan lupa untuk memberikan promosi atau penawaran yang menarik. Setiap pembeli pastinya suka dengan promosi atau diskon. Jadi, untuk menarik mata para pembeli, pastikan untuk menuliskan diskon hingga penawaran yang bisa mereka dapatkan.

Terakhir, usahakan untuk membeli baju yang unik dan tidak pasaran. 

Orang Indonesia cenderung tidak suka baju yang pasaran atau banyak dimiliki oleh orang. Usahakan untuk mencari baju yang memang unik dan tidak banyak di Indonesia. Meskipun harganya mahal, orang akan tetap rela membelinya jika bajunya bagus dan unik.

Apabila usaha baju onlinenya mulai ramai, maka jangan lupa untuk mengembangkannya secara perlahan. Perkembangan usaha dapat dilakukan dengan menambah variasi baju atau membuka kategori baru. 

Info Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

Meskipun sudah ramai, jangan lupa untuk tetap terus mempromosikan dan mengenalkan bisnisnya agar semakin ramai dan diserbu para pembeli.

Cara memulai bisnis online shop baju tidaklah sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja selama ada minat. Bagi yang baru mulai dan memiliki modal terbatas, menggunakan cara dropship terlebih dahulu. 

Namun, jika ingin yang lebih besar dan menguntungkan, maka lakukan tips-tips di atas agar usahanya dapat berjalan dengan lancar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju Agar Sukses & Laris di Pasaran"