5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA Skip to main content

5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA

5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA
Assalamualaikum.

Hai teman-teman semua, jumpa lagi dengan bang izal. ☺

Beberapa waktu belakangan ini saya banyak mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan pelaku usaha toko mainan, dan juga pengusaha perlengkapan bayi. Mereka bertanya melalui chat, inbox, whatsapp dan blackberry mesenger. 

Yang ditanyakan adalah tentang pusat grosir perlengkapan bayi di jakarta. Apa saja nama tokonya? Dan dimana saja lokasinya?

Sebenarnya artikel ini lebih tepat untuk diletakan dalam kategori 'Peluang Usaha' (salah satu kategori di blog ini). Karena pada umumnya usaha toko perlengkapan bayi bersifat berdiri sendiri (baca : tokonya berisi produk untuk bayi semua). 

Namun, ada juga sebagian toko mainan yang menambah koleksi isi tokonya dengan sebagian produk-produk perlengkapan bayi. Begitu pula sebaliknya, ada juga toko perlengkapan bayi yang mencampur isi tokonya dengan berbagai jenis mainan tertentu (biasanya mainan pasaran populer yang sifatnya cepat laku). Oleh karena itulah artikel ini kemudian saya masukan dalam kategori 'Belajar Bisnis/Startup Bisnis Mainan'.

Oke, itulah sedikit kata pembuka artikel ini. Sekarang topik kita lanjutkan!

Hmmmmh,,,,By the way topik tentang produk perlengkapan bayi baru pertama kali ini saya ulas. 

Oleh karena itu, sebelum membahas tentang nama dan letak lokasi toko grosirnya, saya ingin terlebih dahulu mengulas beberapa kiat dan tips terbaik dalam memilih produk bayi ini. Tujuannya agar supaya kita dapat meraih penjualan yang lebih optimal ditoko kita. Soal alamat toko grosirnya, pasti nanti akan saya share dibawah. Sekarang kita akan membahas ilmu marketingnya dulu ya. ☺☺☺

Setuju 'kan teman-teman? Setuju daaaaah hehhe ☺☺☺   
Rekomendasi artikel : 5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

Jadi,,,,produk perlengkapan bayi memang bisa dijadikan sebagai pelengkap isi toko mainan. 

Apa sebab? 

Karena segmen pasarnya sama (konsumennya sama-sama para orang tua dan bayinya). 

Yang paling sering berbelanja adalah dari kalangan ibu-ibu. Oleh karena itulah cukup banyak toko mainan yang nge-mix isi tokonya dengan produk perlengkapan bayi. Tujuannya tiada lain agar semakin memperluas pangsa pasar toko mainan tersebut.   

Pertanyaan pentingnya : jenis produk perlengkapan bayi apa sajakah yang paling tepat untuk kita sediakan pada toko mainan kita? 

Nah, karena produk bayi ini fungsinya hanya sebagai pelengkap, maka sebaiknya kita menyediakan produk-produk yang telah pasaran dan terpopuler saja. 

"Emang apa sih ciri-ciri dan kriteria produk yang telah pasaran dan populer itu bang izal?" 

Produk populer adalah produk yang merupakan 'kebutuhan pokok' dan paling banyak dicari oleh konsumen. Singkatnya : produk yang sudah 'pasaran' (dikenal luas) dan (biasanya) cenderung pasti laku! 

Apa saja contoh produk bayi yang pasaran dan paling banyak dicari itu?

Berikut dibawah ini perincian produknya.

- Baby Walker.
- Stroller bayi.
- Kelambu bayi.
- Tempat (wadah) makanan bayi.
- Gendongan, bantal, guling, alas tidur bayi.
- Play Gym (semacam mainan bayi yang ada tiangnya).
- Mainan gigitan bayi (terbuat dari karet dan didalamnya ada air).
- Mainan putaran bayi. (biasanya yang populer adalah merek merry go round dan musical baby box). 

- Dan lain-lain.

Semua yang saya sebutkan diatas adalah sebagian dari produk perlengkapan dan mainan bayi terpopuler. 

Teman-teman bisa mencari dan menambahkan sendiri produk populer lainnya, sebagai pelengkap koleksi produk ditoko mainannya. Ingat, ciri-ciri dan kriteria produk terpopuler adalah seperti yang telah saya jelaskan diatas. Jadi tinggal teman-teman fikirkan sendiri, kira-kira produk apa lagikah yang paling banyak dicari oleh kaum ibu-ibu? Nah, itulah dia produk pasaran yang populer. ☺

Memang sih, di awal kita mengisi stok perlengkapan bayi ini, pasti akan timbul sedikit kebingungan tentang produk apa saja yang mesti kita sediakan. Masalahnya klasik : karena kita belum tahu banyak produk apa saja yang populer. Dan itu hal wajar, namanya juga masih pemula. ☺

Biasanya di awal teman-teman membangun usaha, pasti akan ada barang tertentu yang terlanjur salah terbeli (karena belum tahu jenis barang pasaran yang laku). Itu hal biasa,,, saya sendiri pun juga pernah mengalami kejadian seperti itu diawal merintis usaha. 

Tapi kejadian tersebut ada hikmahnya, karena dari pengalaman tersebutlah saya jadi mengetahui cara menangani produk yang kurang/tidak laku. Semuanya telah saya tulis lengkap sekali di artikel berikut ini : CARA MENGATASI PRODUK MAINAN YANG TIDAK LAKU (Barang 'mati')

Untuk meminimalisir terjadinya banyak menumpuk 'barang mati' alias tidak laku, cara yang terbaik adalah dengan membeli tiap item produk sebanyak 3 pcs saja. Kalau di asemka itu, bagi para pedagang diperbolehkan membeli barang minimal 3 pcs setiap itemnya. 

Nah nanti seiring waktu, kita pasti akan tahu sendiri : mana produk yang paling banyak dicari (laku) dan mana yang kurang/tidak laku. Produk yang paling laku itulah yang akan kita tambahkan lagi ketika belanja stok diwaktu berikutnya. Dan untuk produk yang kurang/tidak laku cukup kita 'tahan' sebagai pelengkap isi toko saja. 

Kalau kita sudah mengetahui semua hal diatas (dan bisa memilih produk yang tepat untuk dijual), maka kita akan lebih mudah me-minimalisir jumlah 'produk mati', dan dapat lebih mengoptimalkan lagi produk-produk yang laku lainnya.  

Mungkin ada timbul sedikit pertanyaan didalam fikiran teman-teman : "Kenapa kita mesti harus pilih-pilih produk terpopuler saja bang izal?" Kenapa tidak kita sediakan saja semuanya tanpa harus memikirkan barangnya mesti populer dan laku?" Bukankah barang yang tidak populer (kurang laku) juga terkadang ada juga yang mencarinya?"

Hmmmmh,,,,Why not? Kalau memang kita mampu,,, ya silahkan saja sediakan dan jual semuanya, sama sekali tidak ada larangan kok,,, hehehe ☺

Masalahnya,,, apakah kapasitas ruangan toko kita cukup untuk menampung semua isi mainan jika ditambahkan lagi dengan semua produk perlengkapan bayi? 

Memang betul,,, ada toko yang mampu seperti itu, tapi kebanyakan adalah toko mainan dan perlengkapan bayi skala besar. Biasanya toko seperti ini adalah toko grosir (tentunya juga bisa melayani penjualan secara eceran). 

Contohnya seperti toko Tomatco, toko Alice Baby shop, toko Mothercare, toko Tasya Ciracas, toko Istana Baby, dan lain-lain.

Semua toko yang saya sebutkan diatas, selain koleksi mainan anak-anaknya komplit, produk perlengkapan bayinya juga tersedia lengkap. Nah, kriteria toko seperti itu jelas membutuhkan modal yang sangat besar. Jadi kalau kita memang mampu memiliki toko seperti itu (modalnya kenceng), ya tidak perlu-lah dipikirkan lagi masalah memilih 'produk pasaran dan populer' yang telah saya bahas sebelumnya diatas. ☺☺☺

Itulah diatas beberapa tips dan strategi untuk toko mainan yang ingin memperluas pangsa pasar tokonya. Yaitu dengan menambah koleksi isi tokonya dengan produk perlengkapan bayi. 
Rekomendasi artikel : 5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

Nah ada pula kondisi sebaliknya. Yaitu toko yang produk utamanya adalah perlengkapan bayi, namun ingin mengembangkan pangsa pasar tokonya dengan menjual produk mainan anak-anak terpopuler. 

Seperti kita ketahui, banyak keluarga muda yang baru 5-7 tahun menikah biasanya memiliki beberapa orang anak. Diantara mereka ada yang anaknya masih bayi. Dan beberapa keluarga muda lainnya ada yang memiliki 2 atau 3 orang anak. Yang satu masih bayi, dan anaknya yang lainnya berumur 3 dan 5 tahun.

Nah ketika keluarga muda ini ingin membeli perlengkapan untuk bayinya, biasanya pasti membawa serta anaknya yang berumur 3 dan 5 tahun tersebut. Peluang inilah yang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pelaku usaha toko perlengkapan bayi dengan menyediakan mainan anak terpopuler ditokonya. 

'Kan teman-teman tahu sendiri bagaimana reaksi anak-anak umur 3 dan 5 tahun ketika melihat mainan yang sedang musim atau populer terpampang di depan matanya? Ya apalagi kalau bukan merengek minta dibelikan. Alhasil produk perlengkapan bayi laku, mainan anak-anak pun ikut laris terjual!

Artinya? Ibarat kata pepatah : Sekali mendayung, 2-3 pulau pun terlampaui. LARIS MANIS! heehehe ☺  

Oleh karena itulah (pada umumnya) banyak pengusaha toko perlengkapan bayi yang mencampur produk mereka dengan mainan anak-anak. Demikian pula sebaliknya banyak pelaku usaha toko mainan anak yang menambahkan koleksi isi tokonya dengan produk perlengkapan bayi terpopuler. 

Tujuannya adalah satu : Agar jangkauan pangsa pasar mereka menjadi lebih luas.
Rekomendasi artikel : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Ada pula tipe yang ketiga, yaitu toko perlengkapan bayi yang benar-benar hanya fokus menjual produk perlengkapan bayi saja. Biasanya toko seperti ini benar-benar komplit menyediakan berbagai produk untuk bayi, karena toko seperti ini memang benar-benar 'spesialis dibidangnya'. 

Bagi toko seperti ini tidak ada istilah 'mesti pilih-pilih produk terpopuler', atau hanya menyediakan barang yang laku saja. Semua produk pasti disediakan, baik yang populer maupun kurang populer, yang laris maupun yang kurang laku semua pasti disediakan. 

Tidak ada istilah 'pilih kasih. 

Karena apa? 

Karena produk yang tidak populer atau pun kurang laku pasti akan tetap ada peminatnya (baca : pasti tetap ada yang mencarinya). Dan jika sebuah toko memang telah diniatkan untuk fokus dan spesialis menjual produk perlengkapan bayi saja, memang sudah seharusnya semua produk 'wajib' untuk disediakan. 

Sehingga akan menimbulkan kesan bagi para pelanggannya bahwa toko tersebut lengkap, karena hampir semua produk tersedia. Dan hal ini bagus untuk sisi branding bagi toko spesialis perlengkapan bayi tersebut.  

Demikianlah, telah saya ulas secara detail sekali beberapa tips, teknik dan strategi marketing yang berbeda untuk masing-masing toko diatas. Bagi toko yang mencampur produk utamanya dengan beberapa jenis produk lain, tentu berbeda teknik dan strateginya dengan toko yang hanya fokus pada satu produk utama saja. Semua hal tersebut dimaksudkan agar hasil yang dicapai dapat menjadi lebih maksimal.

Semoga sedikit pemaparan ilmu dagang diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman pengusaha perlengkapan bayi yang mencampur produknya dengan perlengkapan bayi, dan yang sebaliknya. Begitu pula bagi teman-teman yang hanya fokus menjual produk perlengkapan bayi saja. 

Semoga sharing ini dapat bermanfaat.
Rekomendasi artikel : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 2 (Pasar Senen)

Oh iyaaaa,,,,, yang bagian pusat toko grosir dan alamatnya belum dibahas ya??! Hahahaha,,, keasyikan menulis malah jadi lupa dan udah mau say good bye aja sayanya wkwkwkwkwk ☺☺☺  
Untung saja saya inget ehehehe. ☺

Baiklah, berikut dibawa ini akan saya berikan informasi 5 pusat toko grosir perlengkapan bayi di jakarta.

Diantaranya : 

#1. Toko Tomatco.

Alamat : Jln. Perniagaan timur No.39, Rt.004/Rw.01 Glodok Tambora, Kota Jakarta barat.

Telpon : (021) 690 1857
5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI ASEMKA JAKARTA
Salah satu bagian toko tomatco
Toko ini merupakan pusat grosir terlengkap kolam renang dan berbagai mainan untuk bayi. Saya sendiri sering berbelanja grosir ke toko ini. Produk yang sering saya beli diantaranya kolam renang bayi, swim trainer (pelampung bayi), mainan gigitan bayi, merry go round, play gym dan berbagai produk mainan bayi lainnya.  

Ada satu kelebihan kalau berbelanja ke toko ini, yaitu jika kita berbelanja grosir cukup banyak hingga sejumlah nominal tertentu, maka akan mendapatkan potongan harga diskon 5% dari total nilai belanja tersebut. 

Dan bila kita telah berlangganan dalam waktu yang lama, kadang-kadang suka diberi bonus mainan tertentu. Seperti saya pernah diberi bonus selusin mainan balon karakter. Ketika itu saya berbelanja dalam jumlah cukup banyak, sehingga selain mendapat potongan harga 5%, juga diberikan hadian balon tersebut.

Lokasi toko tomatco ini berada di salah satu jalur utama kawasan asemka, jadi relatif mudah untuk ditemukan. Letak tokonya bersebelahan dengan kantor bank BCA yang ada dijalur jalan perniagaan timur itu, sehingga lebih mudah untuk mencari patokan alamatnya.  

#2. Toko Sinar Agung.

Alamat : Pintu Kecil 2 No.30 Rt.004/Rw.01 Roa Malaka Tambora, Kota Jakarta barat.

Telpon : 0812 - 8019 - 8888
5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA
Salah satu bagian isi toko Sinar Agung 
Toko Sinar Agung ini merupakan salah satu toko grosir perlengkapan bayi terlengkap dikawasan asemka. Lihat saja pada foto diatas, tampak berbagai produk perlengkapan bayi tersusun begitu rapat. Itu hanya tampak sebagian dari salah satu sudut tokonya. Kalau secara keseluruhan, tentu akan lebih banyak lagi berbagai produk perlengkapan bayi lainnya, karena toko Sinar Agung ini tergolong besar.      

Oleh karena itulah toko grosir ini menjadi salah satu yang saya rekomendasikan. Bagi teman-teman pengusaha perlengkapan bayi yang ingin menambah kelengkapan isi tokonya, maka toko grosir Sinar Agung dapat menjadi salah satu pilihan untuk tempat berbelanja.  

#3. Toko Apit.

Alamat : Pasar Pagi kecil 1, Rt.003/Rw.02 Roa Malaka, Tambora Kota Jakarta barat.

Telpon : (021) 692 2056 
5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI ASEMKA JAKARTA
Penampakan salah satu sudut toko apit
Toko apit ini juga merupakan toko grosir yang menjual lengkap segala macam perlengkapan bayi. Mulai dari baju bayi, popok, pampers, gendongan bayi, tempat makan bayi, dan masih banyak lagi berbagai perlengkapan bayi lainnya.  

Sedikit berbeda dengan toko tomatco yang berada dijalan utama, lokasi toko apit ini agak sedikit berbeda. Letak tokonya berada di salah satu jalan kecil (gang) yang ada dikawasan asemka tersebut. Jadi bagi teman-teman yang baru pertama kali mencari toko ini mungkin akan sedikit mengalami kesulitan untuk menemukannya. 

Namun tenang saja,,, ada solusinya kok. ☺

Yaitu dengan menggunakan jasa ojeg atau bajaj yang banyak tersedia dikawasan asemka tersebut. Orang-orang disana pasti sudah tahu dengan seluk beluk kawasan asemka, jadi teman-teman tinggal bilang : "Tolong antarkan saya ke toko apit grosir perlengkapan bayi bang!". Pasti akan segera mereka antarkan sampai ke tujuan. ☺  
Rekomendasi artikel : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 3 (Pasar gembrong) 

#4. Toko Baby Purnama.

Alamat : Jln. Matraman No.242, Rt.005/Rw.06, Bali Mester Jatinegara Jakarta timur.

Telpon : (021) 859 12112
5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA
Ruko Baby Purnama
Baby Purnama ini merupakan salah satu pusat toko grosir perlengkapan bayi terlengkap dikawasan jatinegara jakarta timur. Tokonya berbentuk ruko tiga tingkat (lihat foto atas). 

Toko ini menjual lengkap berbagai perlengkapan bayi. Mungkin tidak perlu saya ulang lagi untuk memperinci isi produknya yah, pokoknya sangat lengkap deh! hehe ☺
5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA
Penampakan toko Baby Purnama dari depan 
Toko ini termasuk cukup mudah untuk ditemukan, karena posisinya yang persis terletak dijalur utama jalan matraman jatinegara. Untuk mencapai toko ini kita bisa menggunakan angkutan kendaraan konvensional (bis/angkot), dan bisa juga dengan menggunakan armada angkutan online.

#5. Toko Adi Bersaudara.

Alamat : Pasar Blok A Tanah Abang Lantai 1 Los G No.18 Jln, KH Mas Mansyur, Kp. Bali, Tanah Abang Jakarta pusat. 

Telpon : 0813-6493-8006
5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA
   
Toko yang satu ini merupakan salah satu pusat toko grosir perlengkapan bayi terlengkap dikawasan pasar tanah abang jakarta pusat. Menjual lengkap berbagai jenis perlengkapan bayi dari 'A sampai Z'. 

Pokoknya lengkap banget deh! Kalau gak yakin, coba lihat foto salah satu bagian isi tokonya dibawa ini.
5 PUSAT TOKO GROSIR PERLENGKAPAN BAYI DI JAKARTA
Tuuh bener 'kan lengkap hehe ☺
Bagi teman-teman yang selama ini telah terbiasa berbelanja ke pasar tanah abang, maka toko Adi bersudara ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat berbelanja. ☺ 

Pasar tanah abang merupakan lokasi yang paling mudah ditemukan. Karena lokasinya terletak di salah satu jantung kota jakarta, maka bisa dikatakan semua armada angkutan umum pasti tersedia menuju tempat ini. Mulai dari angkot, ojeg, bus, hingga kereta api. Selain itu pasar ini juga sangat lengkap, sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja ke pusat grosir pakaian terbesar di indonesia tersebut.

Fiuuuh,,,, Akhirnya benar-benar rampung juga saya tulis artikel kali ini hehehe. ☺    

Karena topik di artikel ini baru pertama kali saya tulis, oleh karena itulah sengaja saya susun selengkap mungkin. Tujuannya agar supaya informasi yang teman-teman dapatkan benar-benar utuh dan lengkap. Mulai dari teknik pemilihan produk, hingga teknik marketing dalam memasarkan produk-produk tersebut. 

Konsekuensinya : Artikel ini menjadi sangat panjaaaang. ☺☺☺ 
Butuh waktu hingga 2 hari bagi saya untuk merampungkan artikel selengkap ini ehehehe  ☺

Sangat besar harapan saya semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jika teman-teman menyukai artikel ini, silahkan dibagikan (share ulang) agar dapat pula bermanfaat untuk teman-teman kita yang lainnya.

Semoga sukses selalu untuk teman-teman semua.

Salam.

Penulis by : Bang izal. 

Artikel Menarik Lainnya

Comments

  1. Makasih atas infonya smoga keberkahan menyertai anda selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,, terima kasih sekali atas doa dan apresiasinya gan :)

      Delete
  2. Inspiratif sekali blog abang izal ini.
    Ada ga ya bang yg jual dalam bentuk start up awal gitu, soalnya mau nemulai usaha dan bingung mau belanja apa aja hehe. Untuk perlengkapan bayi.
    Makasih banget bang Izal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya :)

      Btw saya agak kurang paham dengan pertanyaannya nih om,,,,, "yg jual dalam bentuk start up awal", ini maksudnya gimana ya om?

      Delete
    2. Maksutnya kita beli paketan semua barang gitu bang, semacam waralaba gitu lho sudah disediakan semua barang hehe, tapi bukan waralaba beneran ya. Misal neh ada agen yg jual paket 30juta, disediain semua barang top seller,dll per 4pcs gitu bang hehe, jadi untuk pemula terbantu lah ya ga bingung cari2 barang apa saja yg musti dibeli. Makasih lho bang izal :)

      Delete
    3. Wah yg kayak gitu mah gak ada om,,, lagian eunak banget klo ada yg kayak gitu mah hehehe :D

      Delete
  3. mau tanya mas, dari kelima toko diatas, yg jual popok branded kayak goon, pamper, mamy poko, dsb yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mohon maaf,,, klo untuk info produknya secara detail saya kurang tahu,,, untuk memastikannya coba hubungi aja no kontaknya. Kan di artikelnya udah saya cantumkan nomor kontaknya

      Delete
    2. Kalau popok model spt itu cr distributor nya...nnt mnta no sales nya...sales nya suka jln2 ke toko2 swalayan gt klo pas lg jln ktmu bs mnta no nya...

      Delete
  4. Salah sambung.. no Toko Adinya mas. Jadi malu deh 😫

    ReplyDelete
  5. gan mau nanya kalau mainan mobil aki anak termurah terlengkap dimana? heheh thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di asemka om,,,, namun sayangnya toko mobil aki disana tidak ada papan namanya. Tapi ada patokannya, yaitu cari toko mainan Starkid terlebih dulu. Nah setelah ketemu, kemudian coba lihat beberapa toko disebelahnya, pasti akan terlihat toko yang khusus menjual mainan mobil aki tersebut.

      Delete
  6. Assalamu'alaikum ka, mau nanya kalo dari toko toko tsb harganya sudah harga pas atau tawar tawaran ya? Saya males nawar orangnya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau toko grosir biasanya sudah harga pas mbak. Terkecuali kalau toko grosir itu juga menjual produknya secara eceran, nah barulah bisa kita tawar.

      Delete
  7. Klo dari bogor naik krl turunnya di stasiun apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya mau menuju ke mana nih? Kalau maksudnya ingin ke Asemka, maka turunnya di stasiun akhir, yakni stasiun Jakarta kota.

      Delete
  8. Makasih bang. Ah saya pengen tau harga nya bang. Soalnya kadang harganya beda jauh dari satu toko sama toko lain padahal sama sama grosir gitu bang

    ReplyDelete

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

ARTIKEL PILIHAN

Monggo Ikuti Blog Ini

POSTINGAN TERPOPULER

PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

PELUANG USAHA TOKO PLASTIK DAN BAHAN KUE YANG PROSPEKNYA SEMAKIN MENJANJIKAN