Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware


Macam Macam Software Firewall - Sebuah sistem jaringan komputer dapat beroperasi dengan baik berkat dukungan banyak faktor. Salah satu faktor pendukung yang terlibat adalah firewall. Mengenai firewall ini sendiri, maka jenisnya sangat beragam. Selain itu, firewall juga kompatibel digunakan pada sistem operasi yang berbeda-beda. 

Artikel kali ini akan membahas secara lebih lengkap apa itu firewall. Selain itu juga akan di ulas tentang macam macam software firewall yang dapat diandalkan.

Simak hingga tuntas yuk!

Mengenal Firewall

Firewall merupakan sebuah sistem keamanan pada komputer. Software ini akan bekerja melindungi komputer dari serangan malware. 

Sebenarnya tak hanya malware, firewall juga dapat menjadi pelindung jaringan komputer dari serangan virus, spam, dan jenis gangguan lainnya yang mengancam sistem komputer.

Di tengah banyaknya tindak cyber crime saat ini, maka firewall dapat diandalkan untuk mencegah akses ilegal. 

Software firewall juga akan menjalankan tugas utamanya, yaitu untuk melakukan monitoring dan mengontrol berbagai jenis akses keluar masuk jaringan (sesuai dengan aturan keamanan yang sudah ditentukan).

Ada macam macam software firewall yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan jenis dan sistem operasi komputer. Tentunya peran software firewall ini sangatlah penting. Data komputer dapat terlindungi dengan baik dari serangan hacker. 

Selain itu pengguna juga bisa memblokir konten-konten yang tak diinginkan berkat firewall. Secara garis besar, firewall ini menjadi tembok pertahanan bagi semua sistem jaringan komputer.

Macam-Macam Firewall

Ternyata software firewall ada banyak jenisnya. Dan setiap jenis firewall itu memiliki spesifikasi dan kompatibel untuk sistem operasi yang berbeda. 

Berikut ini macam macam software firewall yang penting untuk diketahui:

1. ZoneAlarm Free Firewall


Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware


Jenis software firewall yang satu ini sudah sangat populer dan banyak dimanfaatkan oleh pengguna pemula, menengah, dan yang sudah profesional. 

ZoneAlarm Free Firewall bisa memberi perlindungan dari semua jenis gangguan maupun askes program untuk sebuah website. Fitur dari software ini sangat mudah dipahami dan interface-nya juga user friendly.

Pengguna bisa menyusun pengaturan keamanan sesuai kebutuhan pemakaian. Selain itu mudah juga bagi pengguna untuk mematikan firewall (mematikan sementara ketika tidak diperlukan). 

Firewall ini memiliki kontrol yang sangat sederhana, hanya dikemas dalam bentuk visual side bars yang mempermudah proses pengaturan.

2. Comodo Firewall

Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

Berikutnya ada software Comodo Firewall yang memberikan fitur keamanan penuh dan sangat direkomendasikan bagi pengguna tingkat lanjut (advance). 

Software ini juga bisa diakses secara gratis dan memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk melakukan kontrol dan kustomisasi yang lebih beragam. Hanya saja jenis firewall ini tidak memiliki komponen built-in di dalamnya.

3. AVS Firewall


Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

AVS Firewall pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna perangkat komputer. 

Jenis firewall ini dapat diakses dan digunakan secara gratis. 

Modul perlindungannya terbilang lengkap dan bisa diandalkan untuk memberi perlindungan yang optimal. Modulnya antara lain registry defender, banner blocker, dan beberapa kontrol perlindungan yang lainnya.

Konfigurasi software firewall ini juga terbilang mudah. Fitur-fitur tambahan yang tersedia lumayan lengkap, bahkan ada beberapa fitur yang tidak terdapat di software firewall lainnya. 

Namun ada juga kekurangannya, yaitu firewall ini tidak bisa memblokir situs-situs tertentu. Pengguna hanya bisa menambahkan daftar situs yang dipercaya dan memungkinkan akses ke situs tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

4. Iptables


Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

Jika 3 jenis software firewall tadi kompatibel untuk sistem operasi Windows, maka Iptables ini kompatibel untuk Linux. 

Iptables sering dikenal juga dengan nama Netfilter dan memakai basis CLI saat bekerja memberi perlindungan. Iptables banyak difavoritkan karena terbilang gesit dan efektif memberikan baris pertahanan yang kuat.

5. Untangle NG Firewall


Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

Berikutnya ada Untangle NG Firewall yang juga digunakan untuk sistem operasi Linux. 

Ini merupakan jenis software open source yang sangat kuat dan bisa melakukan konfigurasi firewall yang kompleks sekalipun. Interface dari software ini cukup intuitif dan responsif. 

Untangle dinilai sangat kuat dalam menjaga keamanan, menganalisis sistem secara mendalam, juga mendukung konektivitas yang baik.

Info Menarik Lainnya : Cara Ganti IP Address secara Mudah dan Aman

6. TinyWall


Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

Kembali lagi ke sistem operasi Windows, ada TinyWall sebagai pilihan software firewall yang bisa diandalkan. 

TinyWall ini sebenarnya merupakan sebuah program yang ringan. Bahkan file instalasi TinyWall hanya 1 MB. Proses instalasinya mudah dan langkah konfigurasinya juga terbilang sangat praktis. Pengguna bisa melakukan pengaturan dengan memilih modus operasi melalui menu pop-up.

TinyWall sangat direkomendasikan bagi pengguna pemula. Tidak dibutuhkan pengetahuan yang kompleks agar bisa memakai software firewall yang satu ini. Selain itu semua menu pengaturan bisa diakses praktis melalui menu pop-up.

Namun bagi sebagian pengguna pengaturan melalui menu pop-up ini dianggap terlalu mudah dan membuat konfigurasinya jadi kurang lengkap.

7. Private Firewall


Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

Berikutnya ada Private Firewall yang merupakan produk firewall komersial. 

Software ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap untuk melindungi perangkat komputer pengguna. 

Melalui Private Firewall, pengguna bisa memantau adanya virus zero-hour, spyware, juga melindungi dari berbagai jenis malware. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengaktifkan perlindungan registry sehingga akses terbilang aman.

Ada beberapa tingkatan perlindungan yang disediakan oleh software ini yaitu High, Low, dan Custom. Pengguna bisa memilih tingkat perlindungan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pemakaian. 

Selain itu, pengguna juga dapat memilih profil pemakaian, apakah Home, Office, atau Mobile (remote). Sehingga Firewall ini dinilai sangat efektif karena sistem perlindungannya yang begitu lengkap.

Info Menarik Lainnya : Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

Itulah diatas macam macam software firewall yang perlu diketahui. 

Semua jenis firewall ini memiliki kemampuan perlindungan yang berbeda-beda. Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan pemakaian. Selain itu sesuaikan pula dengan jenis sistem operasi yang digunakan oleh perangkat komputer.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware"