Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)


Cara Cek Power Supply PC dengan Software - Power supply merupakan komponen penting yang akan mendukung kerja sebuah perangkat PC. Fungsinya yaitu untuk menyuplai sumber daya, sehingga komputer bisa bekerja dengan optimal. 

Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan pada power supply, maka jelas akan menghambat kinerja si pengguna PC tersebut. Apalagi jika PC itu sering digunakan untuk keperluan penting, seperti untuk belajar atau bekerja. 

Berikut ini akan dibahas cara cek power supply PC dengan software yang mudah dan hasilnya efektif.

Simak hingga tuntas yuk!

Tanda Ada Masalah pada Power Supply

Sebelum membahas pemakaian software untuk cek power supply lebih lanjut, yuk mari kenali dulu apa saja tanda masalah pada komponen ini. Jika menemukan tanda-tanda tersebut, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Tanda pertama yang paling sering terjadi (ketika power supply bermasalah) adalah komputer tiba-tiba mengalami hang atau error.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi power supply adalah memasok sumber daya agar komputer bisa beroperasi. Jadi jika power supply bermasalah, maka komputer tidak akan bisa beroperasi dengan baik. 

Gejalanya antara lain; komputer mengalami hang, kadang-kadang melakukan restart sendiri, atau bisa juga menyebabkan USB port pada komputer tidak terdeteksi.

Kasus kerusakan lainnya; terkadang komputer masih menyala, namun hardisk tidak bisa terdeteksi di BIOS. Kendala seperti ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya bisa jadi karena ada kabel pada power supply yang terputus. 

Selain itu faktor usia dari power supply juga dapat menurunkan performa kerjanya secara signifikan.

Cek Power Supply dengan Software

Pemeriksaan kondisi power supply pada perangkat PC ini bisa dilakukan menggunakan software. 

Tentunya teknologi software ini akan jauh lebih mudah digunakan. Fungsinya untuk memastikan adanya kerusakan pada power supply dan seberapa parah kerusakan tersebut. 

Berikut ini ada beberapa pilihan cara cek power supply PC dengan software yang perlu diketahui:

1. Pakai AIDA64 Extreme


Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

Cek kondisi power supply bisa dilakukan dengan menggunakan software bernama AIDA64 Extreme

Jenis software yang satu ini telah populer digunakan untuk mendeteksi sekaligus memecahkan berbagai jenis permasalahan perangkat PC. Termasuk salah satunya adalah informasi mengenai kondisi atau status power supply yang digunakan sebagai pemasok daya.

Langsung saja unduh dan install software ini di perangkat komputer yang ingin diperiksa kondisinya. AIDA64 akan menyediakan berbagai fitur yang bisa menunjukkan data-data penting mengenai status komputer. 

Software ini akan melakukan tes kapabilitas dari sistem memori juga CPU. Kemudian AIDA64 juga akan melakukan deteksi kerusakan semua hardware termasuk power supply.

Melalui software ini pengguna bisa melakukan analisis hardware termasuk power supply yang dipakai oleh perangkat PC. Sehingga nantinya bisa diketahui secara pasti apakah memang ada kejanggalan pada power supply atau tidak. 

Setelah melakukan pemeriksaan dengan AIDA64, maka barulah bisa dilakukan tindakan perbaikan lebih lanjut yang sesuai.

2. Gunakan CPUID Hardware Monitor Pro


Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

Software CPUID Hardware Monitor Pro juga bisa dipakai untuk memeriksa kondisi power supply. 

Software ini akan memberikan informasi mengenai pemakaian daya dan tegangan listrik yang mengalir pada perangkat komputer. Selain itu, data tegangan listrik ini akan ditunjukkan sangat rinci sesuai jenis hardware yang menerima daya seperti hardisk, VGA, dan lain sebagainya.

Cara cek power supply PC dengan software CPUID Hardware Monitor Pro ini sangatlah mudah. Langsung saja unduh software tersebut dan install di perangkat PC. Nantinya akan muncul berbagai fitur pemeriksaan jika pengguna mengakses software ini. 

Untuk memeriksa kondisi power supply, pengguna bisa memilih fitur monitoring tegangan dan voltase secara realtime.

Info Menarik Lainnya : Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

3. Periksa Lewat Open Hardware Monitor


Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

Pengguna perangkat PC juga bisa melakukan pemeriksaan kondisi power supply dengan memakai Open Hardware Monitor

Ini merupakan jenis software yang sangat sederhana dan kompatibel untuk berbagai versi Windows. Sangat kompatibel untuk digunakan memeriksa suhu, kecepatan loading, juga tegangan listrik yang diterima oleh perangkat komputer.

Melalui software ini, pengguna bisa memeriksa kondisi power supply secara akurat. Data-data terkait sistem power supply akan ditampilkan secara lengkap. 

Selain itu, software ini juga bisa dipakai untuk monitoring suhu CPU ketika perangkat komputer digunakan. Software ini juga terbilang mudah untuk diakses, sehingga bisa diandalkan oleh para pengguna komputer yang tidak terlalu mahir.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di laptop Windows 10

4. Pantau Lewat Sidebar Diagnostics


Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)


Selain melalui Open Hardware Monitor, pengguna PC juga bisa memantau kondisi power supply dengan mudah lewat software Sidebar Diagnostics

Jenis software yang satu ini memiliki sistem yang terbilang ringan dan cukup mudah untuk digunakan. Cara cek power supply PC dengan software Sidebar Diagnostics ini sangat ramah bagi pengguna awam.

Menariknya lagi, program ini disediakan sendiri oleh Windows untuk memenuhi kebutuhan monitoring sistem perangkat keras PC secara menyeluruh. 

Data yang ditampilkan terkait sistem power supply juga sangat akurat sehingga bisa jadi acuan ketika harus memperbaiki hardware ini. Software ini juga direkomendasikan karena tidak membutuhkan langkah konfigurasi yang rumit.

Info Menarik Lainnya : Cara Ganti HDD ke SSD untuk Perangkat Mac & Windows

5. Gunakan Iolo System Mechanic


Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

Cek power supply PC juga dapat dilakukan dengan Iolo System Mechanic

Software ini sebenarnya merupakan all-in-one PC optimizer yang bisa melakukan screening kondisi komputer secara lengkap. Informasi data terkait pemakaian power supply akan terlihat secara akurat dan bisa jadi acuan untuk mendeteksi adanya kerusakan. 

Tak hanya urusan power supply, software ini juga bisa diandalkan untuk membersihkan memori di hard drive.

Pilihan cara cek power supply PC dengan software ini bisa disesuaikan dengan jenis PC maupun kemampuan masing-masing pengguna. 

Intinya, setiap software ini akan berfungsi efektif menunjukkan data sistem power supply sehingga bisa diketahui letak kejanggalannya. Pemeriksaan power supply bisa dilakukan secara berkala, tidak hanya ketika terjadi tanda kerusakan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)"