Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Cara Membuat Akun Microsoft Teams & Keuntungan Menggunakannya

Cara Membuat Akun Microsoft Teams & Keuntungan Menggunakannya

Cara Membuat Akun Microsoft Teams - Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, sistem kerja remote dan work from home semakin familiar di kalangan masyarakat. Untuk mendukung sistem kerja jarak jauh seperti ini, dibutuhkan platform atau software yang memadai seperti Microsoft Teams. 

Nah artikel kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai cara membuat akun Microsoft Teams.

Nanti juga akan di ulas apa saja keuntungan dan kelebihannya.

Simak hingga tuntas yuk!

Tentang Microsoft Teams

Sebelumnya mari berkenalan dulu dengan platform Microsoft Teams. Ini merupakan sebuah platform yang mengusung konsep kolaborasi berbasis obrolan dengan fitur sangat lengkap. 

Di dalamnya pengguna bisa mengakses fitur berbagi dokumen, rapat online, serta fitur lain yang bisa mendukung sistem kerja remote. Sangat efektif digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi di dunia bisnis dan profesional.

Kehadiran Microsoft Teams ini seolah memenuhi kebutuhan masyarakat di era pandemi. Di saat aktivitas kerja harus dilakukan dengan jarak jauh (daring), Microsoft Teams membuat segala kebutuhan pekerjaan bisa terpenuhi secara efektif. 

Bahkan platform ini juga memungkinkan komunikasi jarak jauh baik antar individu maupun komunikasi tim. Bisa dikatakan bahwa Microsoft Teams akan menjadi platform yang wajib dimiliki oleh para pekerja remote di masa kini.  

Secara garis besar memang benar bahwa Microsoft Teams ini hampir sama dengan platform Zoom dan Google Meet. 

Agar bisa menggunakan berbagai macam fitur di Microsoft Teams maka pengguna harus membuat akun terlebih dahulu. Pembuatan akun di platform ini tidaklah rumit, bahkan bisa diselesaikan dalam waktu singkat.

Pembuatan Akun Microsoft Teams

Microsoft Teams memang dihadirkan sebagai platform yang mempermudah para pekerja, yaitu untuk menyelesaikan berbagai jenis tugas secara efektif dan efisien. Proses pembuatan akunnya juga tak sulit untuk diikuti. 

Berikut ini beberapa petunjuk dan cara membuat akun Microsoft Teams:

1. Akses Website Resmi Microsoft


Cara Membuat Akun Microsoft Teams & Keuntungan Menggunakannya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke laman website resmi dari Microsoft. 

Gunakan browser yang terpasang di perangkat dan masuk ke situs https://www.microsoft.com/en-us/microsoft-365/microsoft-teams/group-chat-software 

Setelah itu klik opsi Sign Up Free untuk memulai proses pembuatan akun.

2. Lakukan Registrasi Email


Cara Membuat Akun Microsoft Teams & Keuntungan Menggunakannya

Setelah berhasil masuk ke laman website tersebut, kemudian lakukan registrasi menggunakan alamat email. Silakan daftarkan alamat email Anda yang masih aktif digunakan. Nanti akan muncul pilihan alasan membuat akun Microsoft Teams, pilih opsi For Work.

Artikel Menarik Lainnya : Butuh Pengganti Microsoft Office? Ini 6 Software yang Direkomendasikan!

3. Buat Akun

Cara Membuat Akun Microsoft Teams & Keuntungan Menggunakannya

Jika registrasi email berhasil dilakukan, maka pengguna bisa langsung membuat akun Microsoft Team. 

Silakan buat kata sandi yang akan digunakan dan lengkapi data diri. Kemudian langsung saja klik opsi Set Up Teams dan tunggu sampai muncul notifikasi bahwa proses registrasi akun berhasil.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Memperbaiki Microsoft Office yang Tidak Bisa Dibuka

4. Unduh Aplikasi


Cara Membuat Akun Microsoft Teams & Keuntungan Menggunakannya


Setelah menyelesaikan proses registrasi email dan pembuatan akun, maka langsung unduh saja aplikasinya. Buka browser di perangkat smartphone maupun laptop. Lalu unduh aplikasi Desktop Teams atau Teams Web App dan lakukan login menggunakan akun yang sudah dibuat tadi.

Cara membuat akun Microsoft Teams ini sangatlah mudah dan proses konfirmasinya juga tidak butuh waktu lama. 

Namun perlu diketahui bahwa terkadang ada kondisi dimana proses registrasi ini tidak bisa berhasil. Penyebab kegagalan registrasi ini sangat beragam. Salah satu contohnya akun yang didaftarkan tidak memenuhi syarat, biasanya karena informasi data diri yang dimasukkan salah.

Jika proses pembuatan akun Microsoft Teams ini gagal, maka pengguna bisa mengganti alamat email yang didaftarkan. Gunakan alamat email baru dan pastikan data diri yang dimasukkan benar. 

Silakan hubungi bantuan jika pembuatan akun tetap gagal meskipun sudah menggunakan alamat email yang baru dan data diri yang benar.

Artikel Menarik Lainnya : Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya

Keuntungan Pemakaian

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari akun Microsoft Teams ini. Dibandingkan dengan platform lain, Microsoft Teams ini punya banyak kelebihan dan sangat direkomendasikan untuk menyelesaikan urusan pekerjaan. 

Berikut ini ada beberapa keuntungan pemakaian Microsoft Teams:

Bisa membuat grup komunikasi: Melalui Microsoft Teams, pengguna bisa membuat grup komunikasi. Dalam grup ini pengguna bisa memasukkan orang-orang yang memang ingin dimasukkan dalam tim tersebut. Nantinya bisa dibuat beberapa kanal untuk keperluan komunikasi tim sesuai dengan keinginan. 

Ada fitur komunikasi dalam bentuk thread: Di Microsoft Teams, pengguna bisa melakukan komunikasi tim dalam bentuk thread. Sama halnya seperti thread pada Twitter dimana pengguna bisa saling berbagi komentar dan menanggapi satu sama lain berdasarkan satu topik tertentu.

Mudah menyimpan file: Platform untuk bekerja remote seperti Microsoft Teams ini seharusnya memang menyediakan kemudahan penyimpanan file. Melalui Microsoft Teams, pengguna bisa berbagi file dan menyimpan file tersebut dalam laman khusus.

Banyak fitur konferensi video: Microsoft Teams ini menyediakan banyak fitur dukungan konferensi video. Ini menjadi salah satu keunggulan Microsoft Teams yang sangat mempermudah para pekerja remote, karena bisa berkomunikasi jarak jauh dengan tim.

Dari semua kelebihan yang disebutkan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa Microsoft Teams merupakan sebuah platform yang sangat tepat untuk para pekerja remote. Terutama bagi pekerja remote yang tergabung dalam sebuah tim. 

Pengelolaan tim bisa jadi lebih mudah dan komunikasi juga berjalan lancar bahkan dalam komposisi tim besar sekali pun.

Itulah informasi singkat mengenai cara membuat akun Microsoft Teams serta keuntungan pemakaiannya dalam dunia kerja. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Akun Microsoft Teams & Keuntungan Menggunakannya"