Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Butuh Pengganti Microsoft Office? Ini 6 Software yang Direkomendasikan!


Butuh Pengganti Microsoft Office?


Pengganti Microsoft Office - Microsoft Office menjadi salah satu jenis software yang sangat populer di kalangan pengguna komputer. Software ini memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen, slide presentasi, mengolah data, dan lain sebagainya. 

Saat ini ada beberapa jenis software yang punya fungsi sama dan bisa menjadi alternatif pengganti Microsoft Office. 

Nah artikel kali ini akan membahas tentang software pengganti tersebut.

Simak hingga tuntas yuk!

Mengapa Butuh Software Pengganti?

Microsoft Office menyediakan fitur yang sangat lengkap, sehingga cocok sekali digunakan oleh pelajar dan para pekerja. Dengan menggunakan Microsoft Office, maka pengolahan data dan pembuatan dokumen jadi jauh lebih mudah dilakukan. 

Produktivitas juga bisa meningkat berkat adanya software yang satu ini. 

Lalu mengapa butuh software pengganti jika Microsoft Office sudah cukup lengkap?

Perlu diketahui bahwa Microsoft Office ini membutuhkan biaya agar bisa digunakan. Jika ingin memakai software ini secara legal, maka dibutuhkan lisensi yang resmi. 

Nah pembelian lisensi Microsoft Office membutuhkan biaya yang cukup mahal. Jadi mungkin bagi sebagian orang cukup terasa berat untuk bisa memakai software ini secara legal.

Sebenarnya banyak juga pengguna yang memilih untuk memakai Microsoft Office, namun dalam versi ilegal. Fiturnya mungkin sama, namun versi palsu ini bisa diblokir kapan saja oleh Microsoft. 

Ujung-ujungnya pengguna tetap harus membeli lisensi asli agar bisa menggunakan Microsoft Office dengan lancar tanpa diblokir.

Itulah mengapa dibutuhkan software pengganti yang bisa menjadi alternatif. Daripada menggunakan Microsoft Office versi palsu yang resikonya bisa diblokir berulang kali, maka lebih baik pakai saja software pengganti yang fungsinya hampir sama. 

Mari simak terus apa saja jenis software alternatif yang bisa digunakan.

Pilihan Pengganti Microsoft Office

Jika memang tak memungkinkan untuk menggunakan Microsoft Office secara legal, maka tak masalah. Masih cukup banyak pilihan software yang dapat dipakai jika memang membutuhkan fitur-fitur dari Microsoft Office. 

Berikut ini beberapa pilihan software pengganti Microsoft Office yang direkomendasikan:

1. WPS Office

Butuh Pengganti Microsoft Office?

Pilihan pertama adalah WPS Office yang cukup populer sebagai pengganti Microsoft Office. 

WPS ini merupakan kependekan dari Writer, Presentation, Spreadsheets. Kompatibel untuk digunakan di perangkat dengan berbagai jenis sistem operasi. Contohnya seperti Windows, Linux, Android, dan lain sebagainya. WPS juga memungkinkan untuk digunakan lewat perangkat mobile.

Ada dua versi yang tersedia, yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya, pengguna harus bersabar karena biasanya akan muncul iklan ketika menggunakan aplikasi ini. 

Secara keseluruhan, WPS Office ini sangat efektif dipakai sebagai pengganti dari Microsoft Office. 

Desainnya juga terbilang simple sehingga tak sulit untuk diakses oleh para pemula.

2. FreeOffice

Butuh Pengganti Microsoft Office?

Kemudian ada pula FreeOffice yang sangat direkomendasikan bagi pengguna dengan budget terbatas. 

Software ini bisa digunakan secara gratis sesuai dengan namanya. Layout-nya juga terlihat menarik dan sangat mirip dengan Microsoft Office. Jika pengguna ingin melakukan upgrade, maka bisa membeli versi berbayar dari FreeOffice ini.

Info Menarik Lainnya : Cara Memperbaiki Microsoft Office yang Tidak Bisa Dibuka

3. Google Workspace

Butuh Pengganti Microsoft Office?

Pilihan berikutnya datang dari Google. Sebagai kompetitor terbesar dari Microsoft, Google berusaha menghadirkan software yang mirip dan bermanfaat, yakni Google Workspace.

Melalui Google Workspace ini pengguna bisa mengakses Google Docs, Slides, Sheets, dan masih banyak lagi. Sangat efektif digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan maupun tugas dari kampus.

Selain itu Google Workspace juga sudah terintegrasi dengan akun Google milik penggunanya. Hal ini membuat penggunaan Google Workspace jadi lebih efektif dan sangat praktis. Pengguna juga bisa lebih cepat membagikan hasil dokumen yang sudah dibuat kepada pengguna lain.

Info Menarik Lainnya : Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya

4. Polaris Office

Butuh Pengganti Microsoft Office?

Rekomendasi pengganti Microsoft Office berikutnya adalah Polaris Office

Ini merupakan software yang kompatibel digunakan pada perangkat Android, Windows, iOS, juga MacOS

Umumnya Polaris Office ini banyak digunakan oleh orang-orang di bidang bisnis. Selain menyediakan versi gratis, Polaris Office juga hadir dalam versi bisnis yang bisa terus di-upgrade (agar fitur-fiturnya bertambah lengkap).

Info Menarik Lainnya : Cara Aktivasi Microsoft Office 365, Simak Yuk!

5. iWork


Butuh Pengganti Microsoft Office?

Khusus bagi pengguna Mac atau perangkat iOS, Microsoft Office bisa diganti dengan iWork

Software ini menyediakan beberapa fitur yang bisa menggantikan fungsi dari Word, Excel, dan PowerPoint. Fitur-fitur tersebut diberi nama Pages, Numbers, dan Keynote

Sebelumnya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Mac, namun seiring waktu berjalan kini bisa juga diakses pada perangkat iPhone dan iPad.

Salah satu poin menarik dari software ini adalah bisa membuka semua jenis tipe file Microsoft. Jadi semua tipe file tersebut secara otomatis akan disesuaikan dan bisa diakses melalui iWork. Sangat praktis dan efisien bagi para pengguna iOS yang ingin membuat atau mengedit dokumen.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Microsoft Office Expired (Agar Bisa Dipakai Lagi)

6. LibreOffice


Butuh Pengganti Microsoft Office?

Pilihan berikutnya datang dari LibreOffice. Software yang satu ini didirikan oleh The Document Foundation. 

LibreOffice memungkinkan untuk diakses lewat perangkat Mac, Windows, juga Linux. Namun penting untuk diketahui bahwa aplikasi ini bersifat open-source. Artinya, LibreOffice tidak menghadirkan support bagi para penggunanya.

Pilihlah software yang fiturnya paling lengkap dan paling mirip dengan Microsoft Office. Sesuaikan saja pilihan software tersebut dengan kebutuhan Anda. 

Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk karena kebutuhan pemakaian setiap orang berbeda-beda. Tak masalah jika ingin mencoba dulu dengan mengunduh versi gratisnya untuk beberapa kali pemakaian.

Semua software pengganti Microsoft Office ini memiliki fitur yang memang hampir sama. Intinya tiap software menyediakan platform yang memungkinkan penggunanya lebih produktif. 

Daripada menggunakan software ilegal yang berkualitas palsu, jauh lebih aman untuk memakai software lain yang aman diakses. Dengan begitu pengguna tak perlu khawatir software kena blokir dan tidak bisa dipakai lagi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Butuh Pengganti Microsoft Office? Ini 6 Software yang Direkomendasikan!"