Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya

Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya


Microsoft Office Hilang setelah Reset - Pernahkah Anda mengalami masalah Microsoft Office yang hilang setelah melakukan reset perangkat? Kondisi ini tentu sangat merugikan Anda, karena jadi tidak bisa menemukan dan memakai software tersebut. 

Nah, untungnya Microsoft Office hilang setelah reset ini bisa dicegah dengan prosedur yang tepat. 

Artikel ini akan membahas beberapa langkah yang perlu dilakukan, sehingga Microsoft Office tersebut tetap bertahan setelah proses reset.

Simak hingga tuntas yuk!

Mengapa Perlu Melakukan Reset?

Sebelumnya mari kita bahas dulu untuk apa reset dilakukan. 

Reset perangkat biasanya dilakukan untuk mengembalikan kondisi perangkat ke posisi semula. Umumnya langkah ini diambil ketika perangkat tidak bisa bekerja secara optimal, atau saat perangkat sering lemot. 

Selain itu reset juga dilakukan ketika pengguna baru saja memperbarui software atau fitur tertentu di dalam perangkat.

Langkah reset ini jelas akan mengembalikan semua fitur maupun software ke posisi semula (default). 

Reset bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah perangkat. Namun bisa juga menimbulkan masalah baru. Salah satu contohnya adalah ada software yang tiba-tiba hilang. Software tersebut tiba-tiba tidak bisa ditemukan, seolah tidak pernah di-install ke perangkat.

Salah satu satu software yang bisa hilang setelah proses reset adalah Microsoft Office. Padahal software ini sangat penting dan sering sekali digunakan. 

Parahnya lagi, proses reset ini bisa menyebabkan semua data di Microsoft Office juga ikut lenyap. Jika sudah lenyap maka akan sulit untuk memulihkannya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu.

Reset perangkat memang memiliki risiko, yaitu hilangnya banyak data. Termasuk Microsoft Office dan semua isi data di dalamnya. Hal seperti ini mungkin akan sulit untuk dipulihkan. 

Kalaupun bisa dipulihkan, biasanya tidak semua data bisa kembali lagi. Yang lebih parah lagi jika lisensi dari Microsoft Office yang dimiliki juga ikut hilang, sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Solusi yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah Microsoft Office hilang setelah reset. Jika ingin melakukan reset, maka pengguna komputer harus melakukan penyelamatan data terlebih dahulu (agar tidak lenyap begitu saja). 

Berikut ini langkah pencegahan yang bisa dilakukan:

1. Aktifkan System Restore Points


Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya

Cobalah untuk mengaktifkan System Restore Points sebelum melakukan reset. 

Ini merupakan titik pemulihan sistem yang akan menjaga perangkat setelah dilakukan perubahan signifikan. Tidak hanya melindungi Microsoft Office, fitur ini juga akan melindungi berbagai software lain yang ada di dalam perangkat. Namun perlu diketahui bahwa fitur ini hanya berlaku bagi pengguna Windows.

Sesuai dengan namanya, sistem ini akan membantu kondisi perangkat kembali seperti semula. Cara ini dinilai sangat efektif untuk mempertahankan sebagian besar file, maupun software yang sudah tersimpan sebelumnya. 

Dengan adanya fitur ini maka proses reset bisa berjalan lebih mudah dan tidak berisiko tinggi lagi.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Microsoft Office Expired (Agar Bisa Dipakai Lagi)

2. Atur Proses Reset


Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah Microsoft Office hilang setelah reset adalah mengatur proses reset tersebut. Sebelum melakukan reset, disarankan untuk membuat pengaturan agar Microsoft Office dan file-file lainnya tetap tersimpan di perangkat. 

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Masuk ke kotak taskbar yang ada di bagian tepi samping (tampilannya bisa vertikal atau horizontal).
  • Ketikkan Reset this PC dan masuk ke program reset.
  • Langsung masuk ke menu Recovery dan tekan opsi Get Started yang menjadi bagian dari menu Reset this PC tadi.
  • Klik opsi Keep My Files untuk menjaga keamanan file-file termasuk software yang ada di perangkat (biasanya opsi ini akan muncul secara otomatis setelah pengguna menekan Reset this PC).
  • Muncul laman daftar aplikasi atau software yang akan terhapus jika proses reset dijalankan (langsung klik Next saja jika sudah mematikan software dan aplikasi aman).
  • Tekan menu Reset dan tunggu sampai proses reset tersebut berhasil dilakukan.

Cara ini akan menyelamatkan aplikasi, software, dan berbagai data penting lainnya setelah proses reset. Nantinya software atau aplikasi perlu diinstal ulang setelah reset selesai dilakukan. Sementara itu, semua file-nya masih tersimpan lengkap dan tak perlu diberi perlakuan apapun.

Info Menarik Lainnya : Cara Aktivasi Microsoft Office 365, Simak Yuk!

3. Alihkan ke Tempat yang Aman


Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya

Untuk mengoptimalkan perlindungan semua data dan aplikasi (ketika dilakukan reset), maka coba alihkan penyimpanan ke tempat yang aman. 

Salin semua data dan master dari software yang ingin diselamatkan ke tempat yang tidak akan terpengaruh oleh reset. Untuk menyimpan, bisa juga dengan cara menggunakan hardisk eksternal. 

Setelah reset selesai, maka semua data tadi bisa dikembalikan lagi.

Bagaimana Jika Terlanjur Hilang?

Semua cara yang dibahas diatas adalah langkah pencegahan agar Microsoft Office tidak hilang setelah reset. Lalu, langkah apa yang bisa dilakukan jika Microsoft Office sudah terlanjur hilang? 

Jika memang sudah terlanjur hilang, maka lakukanlah instalasi ulang. Pemasangan ulang ini akan membantu pengguna untuk mendapatkan kembali software atau aplikasi yang hilang tadi. Hanya saja, proses ini cukup rumit dan memakan banyak waktu.

Segera lakukan instalasi ulang agar bisa menggunakan Microsoft Office kembali. Gunakan nomor pengguna yang sudah didapatkan sebelumnya untuk mengaktifkan lisensi yang masih dimiliki. 

Namun jika pengguna memakai Microsoft Office versi palsu (ba*akan), maka instalasi ulang biasanya tidak bisa dilakukan. Solusinya adalah dengan membeli terlebih dahulu lisensi yang asli, kemudian menginstalnya.

Info Menarik Lainnya : Cara Aktivasi Microsoft Office 2010 Dengan Mudah dan Aman

Seperti itulah langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah Microsoft Office hilang setelah reset. Jika memang sudah terlanjur hilang, maka atasi saja dengan instalasi ulang. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Microsoft Office Hilang setelah Reset? Ini Solusinya"