Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak

Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak


Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak - Ada kalanya seorang pengguna Twitter harus mengecek akunnya sedang sehat atau tidak. Dalam artian, perlu sekali-kali untuk di cek secara detail, apakah akun Twitter tersebut sedang ada masalah tertentu.  

Twitter termasuk salah satu media sosial yang paling banyak digunakan orang. Medsos tersebut sangat bermanfaat untuk media pertemanan. 

Selain itu, Twitter juga efektif digunakan untuk sarana promosi bisnis. Oleh karena itu, tentu sangat disayangkan jika seorang pengguna mendapati akunnya sedang 'tidak sehat'. 

Nah di artikel kali ini akan kita bahas tentang cara mengecek akun Twitter sehat atau tidak.

Nanti juga akan kita ulas solusi apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Simak hingga tuntas yuk!

Mengenal Shadow Ban

Bicara tentang akun Twitter yang tidak sehat, mungkin banyak orang bertanya-tanya apa maksud dari istilah tersebut. Bagaimana bisa sebuah akun media sosial mengalami kondisi tidak sehat, seperti layaknya manusia. 

Sebutan "tidak sehat" ini sering diungkapkan untuk akun Twitter yang tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya (selayaknya seperti akun yang normal).

Akun Twitter yang bermasalah biasanya akan menunjukkan tanda-tanda kejanggalan. Seperti jumlah followers yang semakin berkurang, postingan yang tidak bisa dilihat oleh orang lain, dan masih banyak lagi gejala lainnya. Warga Twitter mengenal kondisi seperti ini sebagai Shadow Ban.

Mari kita berkenalan dulu dengan Shadow Ban agar bisa tahu lebih lengkap lagi mengenai akun Twitter yang tidak sehat. 

Shadow Ban merupakan sebuah bentuk hukuman yang diberlakukan pihak Twitter kepada seorang pengguna akun. Hukuman ini diberikan karena pengguna akun telah melakukan pelanggaran  pemakaian akun. 

Menariknya, hukuman ini tidak diinformasikan langsung kepada pemilik akun tersebut.

Jadi bisa dikatakan bahwa shadow ban ini adalah sebuah hukuman yang diterapkan secara diam-diam. 

Orang yang dihukum biasanya tidak tahu kalau akunnya sedang terkena sanksi. Pengguna Twitter yang mengalami shadow ban masih bisa login, membuat cuitan, dan juga bisa membalas komentar. 

Namun hampir semua cuitan itu tidak akan terlihat oleh pengguna lain, hanya segelintir kecil saja yang masih bisa melihat. Artinya, visibilitas (keterlihatan) akun akan dibatasi oleh pihak Twitter.

Mengecek Shadow Ban

Pada kondisi tertentu, sanksi atas pelanggaran pemakaian akun memang bisa langsung diketahui oleh pemilik akun tersebut. Namun untuk jenis shadow ban ini tidak akan diketahui oleh pemilik akun, oleh karena itu harus dicari secara mandiri. 

Berikut ini beberapa cara mengecek akun Twitter masih sehat atau tidak:

1. Pakai Kolom Pencarian Twitter

Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak


Pemilik akun bisa langsung melakukan pengecekan melalui kolom pencarian di Twitter. Ini menjadi langkah pemeriksaan yang dianggap sangat praktis dan aman, karena langsung dari fitur Twitter-nya sendiri. 

Berikut adalah petunjuk dan cara pemeriksaannya:

  • Masuk ke menu peramban atau browser lalu aktifkan mode incognito.
  • Kunjungi laman website https://twitter.com/explore
  • Ketik from:username di kolom search yang tersedia, pastikan untuk mengganti tulisan username menjadi nama akun Twitter yang dimiliki.
  • Klik menu Enter atau Search.

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka akan langsung muncul daftar akun-akun Twitter. Cobalah untuk mencari dari tab Top, People, Photos, Videos, juga Latest

Jika akun tidak terkena Shadow Ban, maka nama akun Anda akan langsung muncul di laman tersebut. Bahkan untuk akun yang mengaktifkan fitur proteksi sekalipun tetap akan muncul (selama statusnya sehat).

Sebaliknya, jika akun Twitter mengalami Shadow Ban atau dengan kata lain sedang "sakit", maka tidak akan muncul di laman hasil pencarian tersebut. Jika nama akun tidak muncul sekalipun di semua kolom tab tadi, maka besar kemungkinan akun sedang tidak sehat. 

Hendaknya pastikan untuk mencari nama akun secara teliti dan jangan tergesa-gesa.

Info Menarik Lainnya : Cara Melihat Akun Twitter yang di Private tanpa Follow

2. Gunakan Layanan shadowban.eu


Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak


Selain melakukan pemeriksaan melalui Twitter langsung, pemilik akun juga bisa cek status akun lewat layanan pihak ketiga bernama Shadowban.eu

Layanan ini sangat efektif digunakan untuk mengetahui status akun mengalami shadow ban atau tidak. 

Berikut ini petunjuk dan cara mengecek akun Twitter sehat atau tidak dengan shadowban.eu:

  • Buka peramban atau browser.
  • Masuk ke laman https://shadowban.eu/
  • Masukkan nama akun di kolom username.
  • Klik tombol Check.
  • Tunggu sampai muncul hasil pencarian.

Setelah proses pencarian selesai, maka akan muncul informasi lengkap mengenai nama akun yang dimasukkan tadi. 

Nanti akan muncul informasi apakah memang akun tersebut mengalami shadow ban atau tidak. Kemudian muncul juga informasi mengenai jenis hukuman apa saja yang diberlakukan untuk akun Twitter tersebut.

Perlu diketahui bahwa shadow ban ini jenis hukumannya sangat beragam. Setiap pengguna akun juga bisa berbeda-beda model hukuman yang diterimanya. 

Jadi melalui shadowban.eu ini bisa diketahui apa saja sanksi yang diberlakukan. Apakah akun tidak bisa mengunggah cuitan, tidak bisa memberi komentar, tidak bisa follow, atau model sanksi yang lainnya.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Akun Twitter yang Ke Lock karena Umur

Solusi yang Bisa Dilakukan

Pada dasarnya tidak ada solusi yang paling ampuh untuk mengatasi masalah shadow ban ini. Jika akun Twitter terbukti sedang tidak sehat dan mengalami Shadow Ban, maka yang bisa dilakukan adalah menunggu sampai masa Shadow Ban berakhir. 

Namun ada beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh pemilik akun, agar sanksi segera selesai dan akun jadi sehat kembali.

Pertama, cobalah menghapus semua jenis konten yang dirasa melanggar aturan Twitter. Hapus konten-konten yang mungkin menyinggung SARA atau bersifat negatif. Kemudian, cobalah membuat batasan akses ke akun tersebut. Untuk beberapa waktu jangan melakukan akses apapun ke akun Twitter tadi.

Bagaimana pengguna bisa tahu apakah akunnya masih kena Shadow Ban atau tidak? 

Caranya mudah, yaitu lakukan pengecekan secara berkala. Durasi shadow ban ini sangat bervariasi. Tidak ada aturan pasti mengenai waktu pemberlakuan sanksi ini. Jadi memang harus rajin-rajin di cek sendiri.

Cara mengecek akun Twitter sedang sehat atau tidak sebenarnya relatif mudah. Hasilnya pun bisa cepat diketahui, sehingga bisa langsung tahu apakah mengalami shadow ban atau tidak. 

Lebih baik berjaga-jaga dengan selalu mengikuti aturan pemakaian sesuai ketentuan dari pihak Twitter. Aturan shadow ban ini tidak hanya berlaku di Twitter, tapi juga media lain seperti TikTok.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak"