Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)

Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)


Perbedaan Monitor LCD dan LED - Kualitas layar monitor yang baik tentu saja akan mendukung kenyamanan penggunanya. Perlu diketahui bahwa saat ini ada dua jenis layar monitor yang bisa digunakan, yaitu monitor tipe LCD dan LED. 

Apakah ada diantara Anda yang sedang berencana untuk membeli monitor? 

Nah sebelum membeli, maka penting untuk memahami perbedaan monitor LCD dan LED terlebih dahulu.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas tentang apa saja perbedaan dari kedua jenis monitor tersebut. 

Simak hingga tuntas yuk!

Apa Itu Monitor LCD dan LED?

Sebelum membahas perbedaannya, mari pahami dulu pengertian dari layar LCD dan LED. 

LCD itu sendiri merupakan kependekan dari Liquid Crystal Display. Layar jenis ini bekerja dengan menggunakan latar cahaya putih (sering disebut juga sebagai white backlight atau sidelight).

Layar LCD memiliki titik cahaya atau piksel yang jumlahnya banyak. Setiap titik cahaya ini terbentuk dari sebuah kristal cair. 

Kristal tersebut tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya didapatkan dari lampu neon berwarna putih yang posisinya ada di belakang susunan kristal cair tersebut. Titik cahaya atau piksel yang jumlahnya banyak itu, kemudian akan membentuk tampilan grafis pada monitor.

Sementara itu LED merupakan kependekan dari Light Emitting Diode

Ini merupakan jenis layar yang hanya bisa memancarkan cahaya jika pandel menerima arus listrik. Dengan begitu cahaya yang dihasilkan akan jauh lebih efisien. 

Perlu diketahui bahwa LED ini merupakan hasil pengembangan dari teknologi layar LCD. Panel yang digunakan adalah panel LCD, namun sumber cahayanya memakai teknologi LED.

Saat ini layar monitor LCD maupun LED masih banyak digunakan di kalangan masyarakat. Keduanya dianggap masih sangat relevan untuk digunakan. Hanya saja memang ada beberapa perbedaan mencolok dari dua jenis layar monitor tersebut. 

Perbedaan itulah yang akan jadi pertimbangan bagi pengguna, sehingga bisa menyimpulkan mana jenis monitor yang paling bagus sesuai kebutuhan.

Perbedaan Monitor LCD dan LED 

Berdasarkan pengertian layar LCD dan LED diatas, maka sebenarnya sudah bisa diketahui perbedaan utama dari keduanya. Perbedaannya jelas terletak pada teknologi yang digunakan, sehingga layar bisa menghasilkan tampilan grafis. 

Selain itu, ada beberapa perbedaan monitor LCD dan LED lainnya yang juga penting untuk dipahami. 

Berikut beberapa perbedaan tersebut:

1. Konsumsi Daya Listrik


Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)

Perbedaan pertama terletak pada konsumsi daya listrik dari dua jenis layar monitor ini. 

Pada dasarnya layar LCD maupun LED dianggap sangat hemat listrik. Daya yang dibutuhkan oleh dua jenis layar ini terbilang relatif kecil. 

Material dari masing-masing tipe layar ini tidak membutuhkan daya yang besar, sehingga bisa menjadi alternatif terbaik (jika Anda butuh monitor dengan konsumsi listrik yang lebih hemat).

Namun bila membandingkan antara layar LCD dan LED, maka bisa dikatakan bahwa layar LED jauh lebih hemat. 

Pada umumnya layar LED membutuhkan konsumsi daya listrik 20% sampai 30% lebih rendah daripada layar LCD. Ini memang sesuai dengan konsepnya, yaitu LED merupakan pengembangan teknologi dari LCD, sehingga dibuat jauh lebih baik terutama dari segi konsumsi daya listrik.

2. Teknologi Back Lightning


Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)

Dua jenis layer ini menggunakan teknologi back lighting atau cahaya latar yang berbeda. Ini merupakan perbedaan mencolok dari monitor LCD dan LED. 

Untuk tipe layar LCD, penyinaran akan didapatkan dari Cold Cathode Fluorescent Lamps atau CCFL. Sementara itu LED akan mendapatkan cahaya latar dari Light Emitting Diode.

Perbedaan teknologi cahaya latar inilah yang membuat konsumsi daya listrik kedua jenis layar ini berbeda. Light Emitting Diode akan membutuhkan lebih sedikit daya listrik dibandingkan CCFL. Hal ini pula yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas grafis yang ditampilkan oleh layar.

Info Menarik Lainnya : Desain Ruang TV Sederhana Tanpa Sofa (Selonjoran Santuy)

3. Hasil Gambar


Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)

Seperti apa perbedaan monitor LCD dan LED dilihat dari segi tampilan gambarnya? 

LED bisa menghasilkan gambar yang jauh lebih baik. Visualisasi grafis pada layar LED jauh lebih tajam dan lebih detail. Selain itu, kepadatan warnanya juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan gambar yang dihasilkan oleh monitor LCD.

4. Ketebalan Layar


Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)

Sebenarnya monitor LCD dan LED sudah dibuat setipis mungkin, sehingga tampak praktis dan lebih modern. 

Sekilas orang awam mungkin akan menganggap bahwa ketebalan layar LCD dan LED itu sama. Namun jika dilihat lebih teliti lagi, ternyata dua layar ini memiliki ketebalan yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan material yang digunakan oleh kedua layar tersebut.

Layar LED cenderung memiliki ukuran yang lebih tipis daripada layar LCD. 

Hal itu disebabkan oleh minimnya pemakaian material LED di dalam layar (sehingga membuatnya tampak jadi lebih tipis dan hemat tempat). Sedangkan penggunaan material di layar LCD jauh lebih besar, sehingga wadah pembungkusnya pun terlihat jauh lebih tebal.

Info Menarik Lainnya : Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

5. Pengaruh pada Lingkungan


Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)

Dua jenis layar ini juga bisa dibandingkan berdasarkan pengaruhnya terhadap lingkungan. 

LED diketahui lebih ramah lingkungan dibandingkan layar LCD. Hal ini karena teknologi display yang digunakannya. 

Sementara itu LCD jauh lebih berbahaya untuk lingkungan karena memakai bahan kristal cair di dalamnya. Kristal cair ini memiliki kandungan raksa yang bisa memberikan efek buruk pada lingkungan.

Kesimpulannya LED memakai komponen dioda yang jauh lebih mudah untuk didaur ulang. Jadi potensi pencemaran lingkungan jauh lebih rendah dibandingkan tipe layar LCD. Oleh karena itu, penulis lebih prefer (merekomendasikan), agar Anda memilih jenis layar LED saja. Tapi keputusan utama tentu tetap ditangan Anda.

Itulah beberapa perbedaan utama antara monitor LCD dan LED. 

Sebenarnya bukan hal yang aneh jika LED terlihat jauh lebih baik (secara keseluruhan) dibandingkan layar LCD. Karena LED merupakan teknologi terbaru, sehingga mampu menutupi semua kelemahan teknologi layar LCD. 

Hanya saja, ada satu sisi "kekurangan" dari LED yaitu harganya juga jauh lebih mahal dari LCD. Kualitas memang berbanding lurus dengan harga, seperti yang sering orang bilang "Ada harga ada rupa". ☺ 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)"