Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

10 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif (Sesuai Trend)


Bagi Anda yang sedang mencari contoh usaha kreatif dan inovatif, maka sangat tepat datang ke sini. Pada penjelasan ini akan diberikan referensi usaha yang bisa dicoba di tahun 2022, khususnya untuk anak muda. Kreativitas pastinya sangat diperlukan, tujuannya agar dapat bersaing dalam kompetisi usaha yang makin sengit.

Usaha yang memiliki kreatifitas tinggi akan mampu bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan bisnis lain yang minim kreasi, stagnan dan akhirnya tutup (biasanya karena berjalan begitu-begitu saja tanpa inovasi). 

Jika kreativitas diolah dengan baik, maka sebuah bisnis akan lebih mudah untuk terus berkembang. Mungkin jenis usaha yang sedang dijalankan sama dengan milik orang lain, tapi bila ada inovasi baru, hal itu akan membuatnya jadi lebih unik, sehingga mampu bersaing.

Namun untuk mewujudkan usaha yang sesuai dengan kriteria seperti itu (kreatif dan inovatif) tentu tidak mudah. Butuh kejelian tersendiri dalam mengatamati selera pasar. 

Jadi Anda harus tahu jenis usaha apa yang sedang trend dan banyak diminati produknya oleh konsumen. Kemudian usaha yang sedang itu Anda kemas dengan penuh kreativitas, sehingga mampu menarik pembeli.

Berikut ini Ada Beberapa Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif  yang Direkomendasikan.

Usaha itu dapat Anda pilih salah satunya, dan kemudian dikembangkan lagi dengan kreativitas sendiri.

1. Desain Mahar

Usaha pertama yang memerlukan kreativitas dan inovasi dari pelakunya adalah desain mahar. Tren pembuatan mahar dengan model tertentu memang tengah diikuti hampir semua calon pengantin. Peluang inilah yang memberikan omzet lumayan.

Variasi desain diperlukan supaya mahar dan seserahan terlihat menarik. Calon pengantin pun akan merasa lebih terkesan. Untuk memenuhi permintaannya, pelaku usaha dapat membebaskan pelanggan menentukan desainnya sendiri.

2. Desain Grafis 

Sama-sama berupa desain, tapi jenis usaha yang kedua ini medianya berbeda. Desain grafis merupakan bentuk kreativitas dalam membuat rancangan untuk keperluan media cetak dan digital. Bagi yang ahli di bidang tersebut, wajib menjadikannya peluang bisnis.

Keahlian desain grafis terus dicari semua orang, terutama perusahaan. Biasanya melayani pembuatan logo, kemasan produk, serta poster. Daya jual dari jenis jasa ini bisa meningkat jika pemilik usaha mampu membuat inovasi, terutama dalam hal pelayanan.

3. Furniture

Peluang usaha yang memberikan omset lumayan tiap bulannya adalah furnitur. Banyak yang memilih tata ruang dan dekorasi menggunakan perabotan estetik. Jika memiliki kreativitas dalam membuatnya, hadirkan furniture kekinian berbahan alami, seperti rotan.

Pengrajin dapat menciptakan terobosan baru dengan menghadirkan furnitur bergaya unik. Apalagi rotan termasuk bahan baku bertekstur lentur, sehingga lebih mudah dibentuk. Rotan juga melahirkan kesan nature yang kental dan hangat dalam ruangan.

4. Case HP Custom

Contoh usaha kreatif dan inovatif kekinian yang banyak peminatnya adalah casing handphone. Dulu casing hanya difungsikan sebagai pelindung HP saja. Tapi saat ini, banyak model yang bisa dihadirkan untuk membuat tampilannya lebih menarik.

Dalam menjalankan usaha jual casing HP, seller bisa membebaskan konsumennya memilih desain sendiri. Sistem custom memang lebih diminati. Selain itu, sediakan pula casing berbagai bahan, contohnya candy case atau hard case.

Info Menarik Lainnya : 6 Usaha Es Kekinian dan Peluang Keuntungannya

5. Cemilan Unik

Rata-rata orang Indonesia melakukan aktivitasnya sambil ngemil makanan ringan. Tingginya permintaan melahirkan peluang usaha yang menjanjikan dengan omzet besar. Karena itulah, tidak ada salahnya mencoba bisnis satu ini dan menjual camilan aneka ragam.

Umumnya, orang-orang lebih suka camilan yang unik dan rasanya khas. Jenisnya mungkin sudah ada sebelumnya. Tapi dengan inovasi baru, camilan mampu menarik pelanggan. Misalkan membuat keripik kekinian, makaroni pedas, dan camilan basah serta kering lainnya.

6. Usaha Kue dan Roti

Jenis usaha selanjutnya yang tidak kalah menjanjikan adalah membuat aneka kue dan roti. Tidak banyak yang ahli dalam bakery. Karenanya, penuhi kebutuhan pasar dengan melayani pemesanan roti untuk semua acara. 

Kreativitas dalam pembuatan kue akan melahirkan daya tarik sendiri. Contohnya seperti menjadikan satu kue banyak rasa dan menggabungkan beberapa bahan. Layani juga permintaan pemesan untuk membuat kue karakter sesuai keinginan. 

Info Menarik Lainnya : 7 Usaha Dagang yang Laku Tiap Hari & Tips Suksesnya

7. Scape Frame

Kembangkan kreativitas menjadi ide bisnis dengan membuat bingkai kekinian. Frame foto yang dijual di toko sudah biasa. Agar terlihat lebih menarik, buat inovasi dengan mendesain scape frame berbagai tema.

Scape frame digemari anak muda karena cocok dibuat kado ulang tahun, hadiah wedding, atau ucapan selamat. Frame tidak hanya diisi oleh foto dan gambar saja. Tapi dibuat tiga dimensi dan menggabungkan bahan-bahan, seperti kain dan kertas.

8. Produk Daur Ulang 

Jika masih bingung bagaimana cara menghasilkan cuan, coba saja ide bisnis berikut. Produk daur ulang merupakan contoh usaha kreatif dan inovatif yang ramah lingkungan. Beragam benda bernilai jual tinggi dapat diciptakan dari bahan-bahan tak terpakai.

Potensi usaha yang dihasilkan dari pembuatan produk daur ulang tergolong menjanjikan. Untung yang diperoleh cukup besar karena modalnya sedikit. Selain itu, ide bisnis ini termasuk upaya mengurangi keberadaan sampah yang menumpuk. 

Info Menarik Lainnya : 9 Ide Bisnis Gila yang Berpotensi Menghasilkan Cuan

9. Fotografer dan Videografer

Referensi yang selanjutnya termasuk berbisnis sambil menjalankan hobi. Jika merasa memiliki keahlian dalam pengambilan gambar yang estetik, segera maksimalkan sebagai ide usaha. Apalagi fotografi dan videografi selalu dibutuhkan di banyak acara, seperti pernikahan dan festival. 

Inovasi pemasaran untuk usaha ini juga lebih beragam dibandingkan lainnya. Pelaku bisnis dapat menawarkan paket pengambilan foto-video per jam atau harian. Bisa juga melayani pembuatan konten iklan yang dibutuhkan pemilik usaha lain.

10. Thrift Store

Tidak punya modal banyak bukan halangan untuk berbisnis. Coba saja membuka thrift store dan menjual barang-barang preloved. Produk yang paling banyak dicari adalah baju impor bekas dengan model kekinian.

Kira-kira, modal yang diperlukan untuk menyetok barang mulai Rp500.000-Rp1.000.000. Pakai juga sistem pre-order sebagai antisipasi penumpukan produk dan meminimalkan modal. Paling penting, pilih barang yang modelnya tengah menjadi tren.

Itulah 10 contoh usaha kreatif dan inovatif yang tengah hits di kalangan anak mudah. Ide bisnis di atas dapat berkembang pesat jika didukung kreativitas penyajian barang. Selain itu, inovasi diperlukan saat promosi dan pemenuhan pesanan.

Jenis usaha, seperti desain, fotografi, dan videografi sangat diperlukan di zaman serba digital. Biasanya, ketiganya menjadi materi iklan yang ampuh menarik pelanggan. Ide bisnis pembuatan barang material alam dan daur ulang juga mendatangkan keuntungan besar, karena modalnya sedikit.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "10 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif (Sesuai Trend)"