Warung Sembako Modal 5 Juta, Solusi Penghasilan Tambahan Untuk Keluarga

Membuka usaha seperti warung bisa menjadi alternatif solusi penghasilan tambahan bagi keluarga. Dengan modal yang cukup kecil sudah bisa membuka usaha warung di rumah sendiri. Warung sembako bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Siapa pun bisa memulai bisnis warung sembako modal 5 jutaan.

Peluang Usaha Warung Sembako.


Warung Sembako memiliki peluang sangat besar untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan.


Ilustrasi warung sembako kecil-kecilan.

Memilih menjual sembako sebagai usaha adalah pilihan yang tepat karena setiap orang membutuhkan sembako setiap hari. Bahan-bahan kebutuhan rumah tangga atau biasa disebut sembako pasti dicari semua orang (karena merupakan kebutuhan pokok).

Menjual sembako akan memperoleh keuntungan yang stabil karena sembako akan terus laku setiap hari. Dengan demikian uang modal yang di investasikan akan terus berputar, dan bisa digunakan untuk mengembangkan usaha warung sembako Anda. Selain itu warung sembako relatif 'aman' dari persaingan. Sebab, meskipun jumlah warung yang menjual sembako terbilang banyak, namun Anda tidak perlu khawatir, karena bahan-bahan pokok pasti akan selalu dibutuhkan orang setiap harinya.

Dengan demikian, warung sembako modal 5 juta memang memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan kesuksesan.

Anda merasa penasaran dengan cara memulai bisnis ini? Mari simak penjelasan selanjutnya dibawah.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Berbisnis Pakaian Di Rumah Bagi Pemula

Cara Memulai Warung Sembako Modal 5 Juta.


Semua bisnis pasti berawal dari level kecil terlebih dahulu, lalu selanjutnya barulah dikembangkan menjadi bisnis yang lebih besar.

Demikian juga bisnis warung sembako modal 5 juta ini, Anda harus berani memulai, walau hanya dari modal kecil terlebih dulu. Yang terpenting ada kesungguhan dalam mengelolanya, agar usaha Anda bisa terus berkembang, dan menjadi salah satu investasi bisnis yang tumbuh subur.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis warung sembako.


1. Gunakan Bangunan Sendiri Sebagai Toko.


Untuk memulai usaha warung sembako modal 5 juta bisa dilakukan di rumah atau bangunan sendiri, agar tidak membutuhkan modal yang besar. Jika membuka warung sembako di rumah maka hanya butuh biaya untuk membersihkan dan mendesain ulang ruangan.

Namun jika membuka warung sembako di toko yang dikontrak, maka modal awal Anda perlu ditambah untuk biaya sewa toko yang mencapai 20 jutaan per tahun. Ini merupakan modal awal yang cukup besar jika menggunakan bangunan sewa toko. Untuk itu guna menghemat modal, akan lebih baik jika Anda menggunakan bangunan sendiri untuk membuka warung sembako.

2. Tentukan Bentuk Toko.


Bentuk toko perlu ditentukan pada saat akan memulai bisnis warung sembako, karena ini akan mempengaruhi tata letak display barang nantinya. Ada berbagai bentuk toko yang bisa digunakan yaitu bentuk mini market, warung biasa atau lainnya.

Untuk memaksimalkan modal akan lebih baik jika menggunakan bentuk toko display biasa yang hanya membutuhkan etalase dan rak barang. Dengan demikian modal 5 juta akan cukup untuk menyiapkan toko dan peralatannya.

3. Siapkan Modal Awal.


Menyiapkan modal awal tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan, karena bisnis warung sembako tanpa modal rasanya mustahil dapat dilakukan. Setidaknya harus ada modal paling minimal. Untuk membuka usaha warung sembako skala kecil, ya Anda cukup berusaha menyiapkan modal awal sebesar 5 juta saja terlebih dulu. Nanti seiring waktu, dengan terus berputarnya cashflow dan penjualan barang, perlahan-lahan pasti isi warung Anda akan berkembang dengan sendirinya.

Modal awal ini bisa berasal dari tabungan pribadi, pinjaman teman atau pinjaman bank syariah.

Semua cara bisa dilakukan asalkan modal awal bisa disiapkan sebelum memulai bisnis ini. Modal sangat dibutuhkan untuk menyiapkan bangunan toko, peralatan toko dan barang dagangan. Dengan modal awal yang disiapkan inilah, akan dapat dimaksimalkan untuk menyiapkan toko dan isi barang dagangan Anda.

4. Lengkapi Peralatan Toko.


Setelah menyiapkan bangunan toko dan modal awal, maka selanjutnya adalah melengkapi peralatan toko yang dibutuhkan. Pertama yang paling dibutuhkan adalah etalase untuk mendisplay barang dagangan. Dengan adanya etalase, maka barang dagangan anda jadi lebih mudah terlihat oleh pengunjung yang akan menjadi calon konsumen.

Selain display, bagian yang dibutuhkan lainnya adalah rak. Ini berfungsi untuk meletakkan barang dagangan yang lebih besar dan tidak muat lagi. Kemudian juga perlu di siapkan timbangan manual untuk menimbang beras, tepung, dan lainnya. Jika ingin Anda membuka warung sembako, maka timbangan adalah salah satu peralatan yang penting untuk disediakan.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Modal 3 Juta Dengan Omset Yang Menggiurkan (Plus Tipsnya)

5. Tentukan Barang Dagangan.


Setelah bangunan toko/warung dan peralatan semuanya sudah disiapkan, maka tiba saatnya bagi Anda untuk menentukan barang dagangan yang akan dijual. Tentukan kategori barangnya, agar nanti pada saat berbelanja stok, produk-produk sembako yang Anda beli lebih tepat dan sesuai dengan pangsa pasar disekitar toko/warung sembako Anda.


Warung Sembako Modal 5 Juta, Solusi Penghasilan Tambahan Untuk Keluarga
Telur, salah satu contoh produk sembako yang selalu laku setiap hari.

Pilih barang-barang yang memang selalu dibutuhkan oleh penduduk sekitar. Sebagai contohnya seperti beras, gula, telur, obat-obatan ringan, minyak kayu putih, dan lainnya.

6. Pilih Supplier Barang Dagangan.


Barang dagangan Anda dapat lebih murah harga modal dan harga jualnya jika Anda bisa mendapatkan produk langsung dari supplier. Jika Anda ingin mendapatkan barang dari supplier langsung, maka tentu saja Anda harus mencari supplier sendiri, agar bisa melihat dan bebas memilih barang yang akan Anda jual.

Pilih supplier yang bisa menyediakan barang dagangan sembako lengkap dengan harga tangan pertama. Dengan demikian toko/warung sembako Anda bisa mendapatkan harga beli dan harga jual yang lebih murah dibandingkan warung sembako mana pun. Jika harga modal produk sembako dari supplier murah, maka tentu warung sembako Anda juga bisa menjual dengan harga murah kepada para pelanggan.

7. Lakukan Promosi Untuk Mendapatkan Pelanggan.


Promosi adalah ujung tombak dari sebuah bisnis.

Mengapa demikian?

Karena semua proses bisnis tidak akan berarti apa-apa jika promosi tidak Anda lakukan. Atau telah Anda lakukan, namun promosi itu tidak berhasil dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan teknik promosi yang benar dan tepat. Hal ini karena promosi erat kaitannya dengan penjualan pada sebuah bisnis. Cara promosi yang benar akan meningkatkan penjualan produk bisnis, demikian juga warung sembako.

Jika melihat jenis warungnya yang menjual sembako maka sasaran utamanya kaum adalah ibu-ibu yang mengatur kebutuhan rumah tangganya. Maka sesuaikanlah teknik promosi Anda dengan kegemaran ibu-ibu yang menyukai diskon. Berikanlah diskon khusus sebagai hadiah pada saat awal pembukaan warung sembako Anda. Dengan demikian pasti akan banyak pelanggan dari kalangan ibu-ibu yang akan datang. Dan akhirnya mereka dapat mengetahui, bahwa ada warung sembako baru di area lingkungan mereka.

Nah, jika Anda sudah mengikuti semua tips untuk membuka warung sembako modal 5 juta di atas, maka sesungguhnya bisnis Anda telah berdiri dan mulai berjalan. ☺

Apakah Anda masih kurang percaya jika bisnis warung sembako bisa dimulai dengan modal 5 juta saja? Coba lihat rinciannya di bawah ini:

Rincian Modal Awal 5 Juta Warung Sembako.


Dalam menyiapkan modal yang dibutuhkan ketika ingin memulai warung sembako maka Anda harus tahu rincian modalnya. Untuk memulai bisnis warung sembako, maka tentu membutuhkan modal uang untuk menyiapkan segala keperluan bisnis Anda tersebut.

Dari modal yang hanya 5 juta itu, harus bisa di alokasikan ke dalam 4 kategori di bawah ini:


1. Bangunan toko. Dengan modal yang terbatas ini, maka tidak mungkin bisa menyewa tempat. Oleh karena itu, Anda harus punya bangunan rumah sendiri untuk nantinya digunakan sebagai warung sembako. Anda cukup membuat gerai dari papan triplek atau menambahkan rolling door murah pada garasi rumah Anda. Untuk bagian ini mungkin hanya butuh modal sekitar 1 jutaan saja.

2. Peralatan toko. Bagian kedua adalah menyiapkan peralatan toko. Seperti etalase, rak barang, timbangan, dll. Untuk peralatan toko sediakan saja sekitar 1,5 juta rupiah.

3. Barang dagangan. Sisa modalnya bisa digunakan untuk belanja barang sembako yang akan dijual, seperti beras, minyak, sabun, gula, telor, obat-obatan ringan, pasta gigi, diterjen, rokok dan lainnya. Sebanyak mungkin sampai menghabiskan 2,5 juta sisa modal yang ada untuk mengadakan barang dagangan.

4. Bekerja sama dengan distributor/supplier sembako menggunakan sistem konsinyasi. Nah pada bagian inilah letak kunci dan rahasia utamanya. Jika warung sembako Anda telah berdiri dan mulai ramai di datangi pembeli, maka nanti pasti akan ada saja pihak distributor/supplier yang menawarkan kerjasama dengan sistem konsinyasi.

Apa itu konsinyasi?


Sederhananya rumus konsinyasi itu seperti ini : Pihak distributor/supplier menitipkan barang ditoko/warung sembako Anda, nanti Anda akan membayarnya barang itu di akhir periode (tempo periode sesuai kesepakatan kedua belah pihak). Jadi jika distributor/supplier menitipkan produknya hari ini, maka Anda bisa membuat kesepakatan membayarnya sebulan kemudian kepada distributor/supplier tersebut.

Dalam sistem konsinyasi ini masing-masing pihak sama-sama mendapatkan keuntungan (mutualis simbiosisme). Anda mendapatkan keuntungan karena bisa mendapatkan produk tanpa harus keluar modal terlebih dahulu, dan pihak distributor/supplier juga memperoleh keuntungan karena mendapatkan mitra kerjasama untuk bisa memutarkan produknya.

Jadi intinya dalam hal ini Anda harus berani buka usaha dulu (walaupun dengan modal minim), yang penting warung sembako Anda telah real berdiri.

Dan ingat, Anda harus bersungguh-sungguh dalam mengelolanya. Ini penting dan wajib dilakukan! Supaya usaha Anda bisa terus berkembang dan maju.


Nanti seiring waktu, ketika warung sembako Anda mulai ramai, pasti akan ada saja pihak distributor dan supplier yang mengajak untuk bekerjasama (secara konsinyasi). Jadi di situlah letak rahasianya kenapa warung sembako bisa berdiri walau dengan modal minim 5 juta saja. ☺ 

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan

Demikianlah diatas rincian modal yang dibutuhkan, untuk dapat memulai bisnis warung sembako modal 5 jutaan.

Setelah menyiapkan modal dan mengalokasikannya, maka Anda akan tahu bahwa warung sembako modal 5 juta itu adalah bisnis yang fleksibel untuk dilakukan. Cukup menyiapkan modal awal 5 juta saja, maka bisnis warung sembako Anda sudah bisa dimulai.

Soal keterbatasan modal, nanti dalam perjalanan usaha Anda ke depan, pasti ada solusinya. Salah satunya adalah; akan ada saja pihak yang mengajak Anda untuk bekerja sama. Syaratnya: Asalkan usaha Anda terlihat nyata kemajuannya berkat kesungguhan dan kegigihan Anda dalam mengelolanya.

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Semoga dapat bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Warung Sembako Modal 5 Juta, Solusi Penghasilan Tambahan Untuk Keluarga"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel