Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet

Jika diibaratkan dengan makhluk hidup, maka hubungan pulsa dengan smartphone bagaikan tubuh dengan nyawa. Sebab sebuah smartphone mutlak membutuhkan pulsa agar bisa dioperasikan. Dengan adanya pulsa, maka perangkat smartphone tersebut dapat digunakan untuk mengirim sms, telephone, akses internet dan lain-lain. Sehingga semua orang yang memiliki smartphone pasti akan membutuhkan pulsa.

Fakta diatas dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang prospektif. Apa itu? Ya apalagi kalau bukan usaha konter pulsa dan kuota internet. 😊

Nah, bagi yang ingin membuka bisnis konter pulsa dan kuota internet, berikut dibawah beberapa penjelasan tentang cara memulai usaha ini. Lengkap dengan rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet. Cekidot!

Cara Memulai Usaha Konter Pulsa.


Ketika di awal membuka usaha konter pulsa ini, Anda tidak perlu merasa bingung tentang tahapan dan langkah-langkah apa saja yang diperlukan. Karena semuanya akan dijelaskan secara detail dan rinci di artikel ini. Yuk kita mulai dari tahapan pertama.

1. Mencari dan Mempersiapkan Tempat Usaha.


Perlu diketahui, bahwa usaha konter pulsa sebenarnya tidak memerlukan tempat yang terlalu besar.


Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet
Ilustrasi Kios Pulsa dan Kuota Internet.

Cukup dengan kios kecil berukuran 3 X 5 meter, maka Anda sudah bisa membuka sebuah konter pulsa. Hal yang lebih penting untuk diperhatikan justru adalah area parkir. Usahakan mencari kios yang memiliki area parkir yang luas.

Mungkin Anda akan bertanya : "Kan ukuran depan kiosnya hanya 3 meter bang izal, bagaimana mungkin area parkirnya bisa jadi luas?"


Iya saya paham sekali tentang hal itu. Yang saya maksud adalah, cari kios yang area parkirnya memanjang. Jadi posisi kios itu tidak terlalu mepet ke jalan. Tentu Anda pernah melihat bangunan kios yang agak menjorok ke belakang. Ada kios yang jaraknya dari jalan 3 meter, bahkan 5 meter. Sehingga walau kiosnya kecil, tapi parkirannya luas/lega. Nah, kios seperti inilah yang saya sarankan untuk dicari.

Jika parkir kiosnya luas, maka orang akan lebih suka untuk mampir, ketimbang parkir kecil yang selalu penuh dengan kendaraan. Saya rasa semua orang pasti sepakat dengan hal ini, termasuk penulis. Saya sendiri seringkali enggan mampir ke kios pulsa yang sulit untuk parkir kendaraan disana.

Selain itu, usahakan cari lokasi konter yang strategis dan berada di pinggir jalan raya. Lokasi konter pulsa terbaik adalah yang dekat dengan pusat keramaian. Seperti area perkantoran, tempat wisata, sekolahan, universitas, dan lain-lain.

Jika kebetulan memiliki rumah di pinggir jalan raya strategis, maka Anda bisa mendirikan usaha konter pulsa di halaman rumah tersebut. Buatlah tempat semi permanen. Tentang ukuran bangunan, karena ini milik sendiri, ya terserah Anda.

Anda boleh-boleh saja membuat bangunan toko semi permanen berukuran 4 x 8 meter misalnya. Karena bangunannya tergolong besar, maka selain menjual pulsa, Anda juga bisa menyediakan aksesoris smarthphone di toko milik Anda tersebut.

Membuat bangunan toko sendiri memang butuh modal besar di awal, tapi akan lebih mengemat modal untuk jangka panjang. Sebab Anda tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk biaya sewa kios/toko selama-lamanya.

Bagi Anda yang masih bingung tentang berapa modal yang harus disiapkan, nanti dibawah akan saya jelaskan tentang rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet ini. Yuk pantengin terus isi artikelnya sampai habis. 😉

Artikel Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Konter Hp (Plus Rahasia Mendapatkan Untung Besar)

2. Menyiapkan Peralatan Dan Perlengkapan Konter Pulsa.


Ketika di awal memulai usaha konter pulsa dan kuota internet, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan. Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan antara lain kursi, etalase, smartphone, tempat untuk kartu perdana dan smartphone, sim micro cutter, rak display mundo, rak gantung kunci kecil, dan spanduk atau banner.

Bagi Anda yang tidak ingin menjual akseseoris, maka tidak perlu membeli rak display mundo dan rak gantung kecil.

Semua yang saya sebutkan diatas adalah salah satu bagian penting dalam usaha konter pulsa. Karena nantinya pasti akan dibutuhkan untuk penunjang operasional konter pulsa Anda.

Peralatan dan perlengkapan konter pulsa ini juga cukup mudah didapatkan. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. Jika dana Anda terbatas, maka Anda bisa membeli peralatan atau perlengkapan bekas, asalkan kondisinya masih bagus. Cara ini akan dapat meminimalisir biaya modal yang mesti Anda keluarkan.

3. Mencari Supplier.


Langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat ingin memulai usaha konter pulsa dan kuota internet adalah mencari supplier yang terpercaya. Perlu diketahui bahwa langkah ini meliputi pencarian penyedia saldo pulsa, penjual kartu perdana dan penjual aksesoris handphone. Penyedia saldo tersebut nantinya akan memberikan saldo pulsa yang dapat digunakan untuk mengisi pulsa elektrik.

Selain itu, saldo tersebut juga dapat digunakan untuk pulsa listrik, isi paket sms, isi paket internet, voucher game online, pulsa bolt 4G dan untuk bayar tagihan bulanan seperti PDAM, PLN, Telkom. Dan perlu diingat, yaitu Anda harus hati-hati dalam memilih penyedia saldo. Saat akan memilih penyedia saldo, maka jangan melihat hanya dari segi harganya saja, namun juga harus dilihat kualitas pelayanan dan kecepatannya.

Setelah mendapatkan penyedia saldo, maka langkah selanjutnya adalah mencari agen yang menjual kartu perdana dan voucher fisik. Anda bisa membeli kartu perdana secara grosir di konter besar atau konter grosiran.

Saat membeli kartu perdana, Anda harus berhati-hati dan jangan tergesa-gesa.


Apa sebab?


Karena kartu perdana itu memiliki masa aktif, sehingga masa pakainya bisa kadaluarsa. Jadi, pada saat membeli kartu perdana, Anda jangan langsung membeli kartu perdana dalam jumlah yang banyak. Belilah kartu perdana 10 buah saja untuk setiap operator. Sedangkan bagi Anda yang ingin menjual aksesoris smartphone, maka carilah di toko aksesoris smartphone yang lengkap dan menerima harga grosir.

Biasanya seorang pemula akan cenderung agak bingung ketika di awal membeli saldo pulsa, kartu perdana dan aksesoris (karena belum paham rinciannya). Namun Anda jangan sampai bingung dan khawatir. Karena pada ulasan berikutnya dibawah akan terdapat rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet ini.

4. Mempromosikan Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet Anda.


Mempromosikan usaha konter pulsa sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mempromosikannya dengan cara yang mudah dan sederhana. Siapkanlah spanduk promosi di depan kios Anda. Lampirkan keterangan yang bertuliskan diskon untuk produk tertentu di spanduk tersebut. Cara seperti ini cukup efektif untuk menjaring pembeli.

Selain itu, agar selalu diminati oleh pelanggan, maka Anda harus konsisten terhadap jam buka dan tutup konter pulsa Anda. Jadi pastikan jam buka konter pulsa Anda tetap stabil, dan selalu siaga di waktu yang ramai. Contohnya pada saat orang berangkat atau sepulang kerja. Maka pada moment tersebut Anda harus stand by di konter Anda, demi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Metode promosi lainnya bisa dengan cara memperkenalkan konter pulsa Anda melalui postingan di media sosial. Saat ini banyak sekali platform medsos yang efektif untuk sarana promosi. Contohnya seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Whatsapp. Saat melakukan promosi, maka jangan lupa mencantumkan daftar produk beserta harganya.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Bisnis Pulsa All Operator Untuk Pemula

Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet.


Jika Anda sudah memahami semua tahapan, teknik, dan metode di atas, maka kini tiba saatnya untuk membahas tentang rincian modal usaha konter pulsa ini. Rincian modal ini sangat bergantung dari seberapa besar skala usaha Anda. Jadi nanti Anda dapat menyesuaikan sendiri besaran rincian modalnya.

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet.

1. Perhitungan Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet.


Perlu diketahui bahwa perhitungan ini meliputi hitungan biaya tetap dan biaya variable.

Bagi yang belum paham tentang biaya tetap dan biaya variabel, berikut penjelasannya :

Biaya Tetap.


Etalase : Rp 1.500.000,-
Kursi plastik : Rp 100.000,-
Telephone selluler : Rp 500.000,-  (Telephone khusus untuk deposit)
TOTAL                : Rp 2.100.000,-

Biaya Variabel.


Deposit pulsa elektrik                  : Rp 3.000.000,-
Sewa kios + listrik                  : Rp 600.000,-
Kartu perdana + voucher internet : Rp 5.000.000,-
TOTAL                    : Rp 8.600.000,-

Jadi modal awal yang harus dipersiapkan dalam memulai usaha konter pulsa ini adalah biaya tetap, ditambah dengan biaya variabel. Penjelasan di atas menunjukkan bahwa biaya tetap sebesar Rp 2.100.000,- dan biaya variable sebesar Rp 8.600.000,-.

Dengan begitu, maka modal awal yang harus dipersiapkan ialah sebesar Rp 10.700.000,-.

2. Asumsi Keuntungan Dari Hasil Penjualan Pulsa Dan Kuota Internet Selama 1 Bulan.


Kita memang tidak dapat memastikan seberapa kali orang akan membeli pulsa setiap harinya. Namun kita masih dapat memprediksikan besaran keuntungannya. Kebanyakan penjual kartu perdana dan voucher internet mengambil margin sekitar 30% dari modal. Sedangkan untuk penjualan pulsa, kebanyakan pedagang pulsa mengambil margin sekitar 10%.

Berikut perhitungan keuntungan keseluruhan dari usaha konter pulsa :


Keuntungan dari penjualan kartu perdana dan voucher internet.

( 5.000.000 x 30% ) - 5.000.000    = Rp 1.500.000,-
Keuntungan dari penjualan pulsa
( 3.000.000 x 10% ) - 3.000.000    = Rp   300.000,-
TOTAL hasil penjualan
1.500.000 + 300.000                         = Rp 1.800.000,-
TOTAL hasil penjualan – biaya sewa
1.800.000 – 600.000                         = Rp 1.200.000,-

Jadi rata-rata keuntungan yang didapatkan tiap bulan menurut rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet di atas adalah Rp 1.200.000,-.

Apabila Anda mengasumsikan dengan alokasi modal yang lebih besar, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan tentu juga ikut lebih besar.

Artikel Menarik Lainnya : Usaha Jual Pulsa Di Rumah, Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan

Itulah di atas penjelasan lengkap tentang cara memulai serta rincian modal usaha konter pulsa ini. Dengan adanya penjelasan rinci di atas, semoga bisa membantu Anda dalam membuka usaha ini.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya dan semoga sukses selalu untuk Anda.

Salam.

Penulis by : Bang izal.
Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

25 comments for "Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet"

  1. bang, untuk keseluruhan keuntungan nya itu selama satu bulan kah atau berapa minggu gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama satu bulan om.

      Didalam artikel ini untuk asumsi pendapatan usaha konter pulsa yang masih pemula. Nah kalau usaha konter pulsanya sudah lama dan besar serta punya pelanggan yang banyak, maka estimasi pendapatan perbulannya bisa berkali2 lipat dari angka tersebut.

      Delete
  2. saya juga baru mau mulai ni bang usha buka konternya...posisi nya dpan rumah sndri tnpa sewa tmpat...untuk brang2 nya sdah siaapp tnggal bli plsa nya krtu perdana sma voucer nya saja...tp dngan modal 2jt bisa gk ya bang? mohon saran nya trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tempat milik sendiri dan semua perlengkapan pendukung sudah siap, tentu saja modal 2 jutaan sudah bisa untuk memulai usaha jual pulsa ini. Memang sih modal segitu baru dapet stok voucher seadanya, namun untuk tahap pertama memulai, itu tidak menjadi masalah. Nanti seiring terjadi penjualan, tiap keuntungan yang didapat bisa diputarkan lagi untuk menambah jumlah produk vouchernya.

      Intinya yang penting semangat dan kesungguhan dalam membangun usahanya om, pasti bisnis voucher pulsanya akan bisa maju seiring waktu. 😊👍

      Delete
  3. Bang,,saya masih bingung perhitungan keuntungannya...30% Sama 10% itu apa maksudnya..mohon dijelaskan dg baik..teri terimak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misalnya harga modal pulsa simpati Rp.10.000. Kemudian agan akan mengambil untung 10% dari nilai modal tersebut.

      Nah berapakah nilai 10% dari Rp.10.000?

      Nilainya yaitu Rp.1000

      Jadi nanti pulsa simpati itu dijual seharga Rp.11.000

      Demikian juga dengan kartu perdana simpati. Misal modalnya Rp.10.000. Kemudian ambil margin 30%, maka dijualnya jadi Rp.13.000

      Delete
  4. Mau nnya bang. Kira" kalo di desa yg difokusin dijual apa aja untuk modal msh trbatas. Soal pulsa udh ada yg blm etalase

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pulsanya udah ada gak apa-apa jual pulsanya aja dulu mas. Nah biar orang tahu bahwa mas jualan pulsa, maka tulislah pemberitahuan didepan rumahnya. Tulisannya bisa seperti ini: "Tersedia dan jual pulsa elektrik"

      Nah kalau soal etalasenya bisa nyusul aja belinya (kalau sudah dana atau modalnya nanti).

      Delete
  5. Bang semisal kita mau cari supplier gimana caranya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info supplier itu bisa kita dapatkan teman atau saudara kita yang sudah lama berbisnis dan jualan pulsa om. Coba cari temannya deh,,, ada yang berbisnis pulsa gak? Kalau ada, coba pelan2 tanyain info tentang supplier pulsa dan kartu perdana sama dia.

      Delete
  6. Bang kalo bajed 6 juta cukup gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kiosnya sudah milik sendiri dan etalase buat pajangan juga sudah tersedia, maka cukuplah gan. Jadinya duit 6 juta itu untuk modal awal buat beli produk/barang yang akan dijual.

      Delete
  7. Aku baru mau muali nih bang , tp masih bingung nyari agennya dan gmna tahap awal yg harus dilakukan . rencana jual depan rumah krn lumayan wlwpun di kampung tp jalan inti utk keluar dr kampung lewat fepan rumah

    ReplyDelete
  8. Bang mau nanya, aku pengen bisnis di bidang ini posisi di depan rumah tapi konter pulsa ada buka gak jauh dari rumah. Posisi jalan tidak terlalu ramai, apa bisa lancar jika saya juga buka konter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya sangat relatif gan,,, tergantung seberapa besar modal agan dan seberapa kuat harganya bisa bersaing. Kalau mampu menjual pulsa dengan harga sedikit lebih murah dari pesaing, maka bisa jadi agan akan mampu bersaing walau lokasinya agak terpencil.

      Delete
  9. Perkiraan balik modalnya butuh waktu berapa lama bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relatif sih gan,,, kalau usahanya lancar dan rame pelanggan, maka dalam jangka waktu 6 bulan hingga setahun sudah bisa balik modal.

      Delete
  10. Aku pingin jualan voucher &kartu tpi masih bingung nanti semisal masa aktif nya udah habis .. gimna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kartu perdana itu habis terjual sebelum masa aktifnya habis mbak,,,, 😊

      Kalau pun ada yang tersisa hingga hampir menyentuh masa berlakunya, solusinya bisa dijual murah (di obral) aja kartunya. Tapi kasus ini biasanya jarang terjadi. Pada umumnya kartu perdana itu sudah habis terjual sebelum masa berlakunya habis.

      Delete
  11. Terimakasih infonya sangat membantu kak
    Jadi udah tau langkah2 awal buat membuka konter pulsa
    Bismillah semoga diberi kelancaran

    ReplyDelete
  12. Penyedia saldo udah dapat, tapi nyari agen penjual kartu perdana sama voucher fisik susah euy, belum dapat² juga nih. Untuk wilayah Tabalong - Kalimantan Selatan. Mohon infonya 🙏

    ReplyDelete
  13. Kalo mau beli paket voucher dan perdana apa langsung ke agen atau dikantor layanan kartunya langsung bang ?

    ReplyDelete
  14. Bang mau bukak container conter hp kecillan bang di kampung,gimana ya rinciannya ya,soalnya mau jualan token listrik,sama pembayaran lain nyaa

    ReplyDelete
  15. Maunanya bng saya bukak usaha pemula .dengan uang 50 juta .apa bisa bukak counter .pulsa .Kouta .jual beli hp seken dan baru

    ReplyDelete