10 Strategi Usaha Sparepart Motor Agar Ramai Pelanggan

Jumlah sepeda motor semakin hari semakin bertambah. Di Jakarta saja, terjadi pertambahan lebih dari seribu unit motor setiap harinya. Hal ini membuat peluang usaha sparepart motor sangat besar. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan bagi pebisnis.

Sebelum memulai bisnis di bidang usaha sparepart motor, maka ada beberapa strategi penting yang perlu Anda ketahui.

Simak beberapa penjelasannya di bawah ini:
  1. Lokasi Strategis Menentukan Kesuksesan Usaha

Usaha ini memerlukan lokasi strategis yang mudah dijangkau orang. Toko di pinggir jalan besar adalah yang paling tepat. Selain itu, lokasi juga harus dekat dengan pusat keramaian. Keramaian ini bisa dari perumahan, sekolah, perkantoran, juga pusat perbelanjaan. Selain itu, cari lokasi dengan lahan parkir dan toko yang luas.

10 Strategi Usaha Sparepart Motor Agar Ramai Pelanggan
Lokasi toko sparepart motor yang strategi akan berpotensi ramai dikunjungi pembeli.

Setelah lokasi strategis dan luas ditentukan. Buat toko yang mudah dilihat dan dikenali orang. Bisa dengan memasang plang yang besar. Bisa juga dengan memilih warna toko yang lain daripada yang lain. Dengan menggunakan warna merah menyala atau kuning terang misalnya.
  1. Belanja Sparepart di Supplier Terpercaya

Kunci sukses usaha sparepart motor adalah pada kelengkapan barang atau sparepart itu sendiri. Toko yang memiliki barang lengkap untuk berbagai merek motor pasti akan dibanjiri pengunjung. Pastikan ketersediaan barang yang cepat laku dan sering terjual. Barang itu adalah busi, oli, aki, mur baut, serta aksesoris motor.

Jangan lupakan mutu dan kualitas barang. Kulakan barang bisa dilakukan dari beberapa vendor yang menyediakan barang dengan kualitas terjamin. Agar pelanggan tidak kecewa, perhatikan keaslian barang untuk brand terkenal. Beberapa sparepart memang memiliki harga murah, namun bukan berarti kualitas barang buruk. Tetap nomor satukan kualitas agar pelanggan puas.
  1. Berikan Penataan Toko yang Sistematis

Usaha sparepart motor menuntut adanya tempat penyimpanan barang yang luas dan terorganisir. Oleh karena itu layout toko sangat penting guna kemudahan mobilisasi barang dan orang. Untuk memudahkan mengenali barang, bisa digunakan sistem kode. Pembuatan kode ini bisa manual atau menggunakan barcode.

Setelah pembuatan kode atau pengelompokkan barang selesai, atur barang berdasar kode. Tempatkan barang dengan rapi di rak-rak sesuai dengan kelompoknya. Usahakan agar toko selalu rapi dan bersih. Supaya toko terlihat teratur, tempatkan sparepart pada kotak-kotak sesuai jenisnya. Susun rapi kotak-kotak tadi di rak yang sudah disesuaikan kelompoknya.
  1. Lengkapi Toko dengan Software Retail

Mengingat barang yang dijual cukup banyak, diperlukan sebuah sistem yang terpadu untuk mengelola bisnis ini. Oleh karena itu, komputerisasi adalah jawabannya. Sekarang ini banyak dijual software toko yang bisa mendukung bisnis sparepart motor yang kini digeluti. Lengkapi toko dengan seperangkat computer dan softwarenya.

Atau, jika ingin praktis, semua ini bisa digabungkan kedalam satu POS atau Point of Sales. Seorang kasir bisa merangkap sebagai pengoperasi POS. Dengan adanya POS di toko, maka resiko salah catat atau salah input barang bisa diminimalisir. Penjualan dan pembelian juga bisa diintegrasikan ke dalam sebuah sistem yang memudahkan manajemen toko.

Info Menarik Lainnya : Berapa Modal Awal Usaha Sparepart Motor? Yuk Kita Bahas Hingga Tuntas!
  1. Berikan Harga yang Bersaing Kepada Pelanggan

Semua orang ingin sparepart asli yang murah. Namun, harga sparepart di pasaran sudah ada ketetapannya sendiri. Maka dari itu, pengusaha sparepart motor harus pandai-pandai menetapkan harga. Sebagai langkah awal, lakukanlah survey ke beberapa toko sejenis. Selain itu, perbanyak informasi mengenai harga standar sebuah sparepart. Cari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai harga pasar sebuah sparepart.

Selain itu, kunci penetapan harga yang bersaing adalah pemilihan supplier. Carilah supplier yang menjual barang asli namun dengan harga yang murah. Dengan begini, pemilik usaha masih mempunyai cukup ruang untuk memaksimalkan keuntungan. Lebih baik lagi jika supplier adalah tangan pertama dari produsen. Harga yang diberikan pasti jauh lebih menarik.
  1. Terapkan Promosi yang Menarik

Promosi yang efektif dan efisien sangat diperlukan di bisnis ini. Gunakan cara-cara yang mudah namun mempunyai efek besar. Misalnya, dengan memasang plang atau signage yang berbeda daripada yang lain. Lengkapi signage dengan lampu warna-warni atau dengan bentuk, warna, dan ukuran yang mencolok.

10 Strategi Usaha Sparepart Motor Agar Ramai Pelanggan
Contoh promosi yang menarik.

Kemudian, jangan lupakan media sosial. Maksimalkan promosi di dunia maya dengan memposting produk dan pelayanan yang bisa diberikan di toko. Entah itu program diskon, garansi, membership dan lain sebagainya. Selain itu, promosi offline dengan cara menyebar flyer dan memasang spanduk juga bisa jadi pilihan. Promosi dengan cara mulut ke mulut juga sangat efektif.
  1. Lengkapi Toko dengan Jasa Instalasi

Ketika usaha mulai berkembang, lengkapi toko dengan jasa instalasi atau pemasangan. Tidak menutup kemungkinan usaha bisa berkembang menjadi bengkel. Usaha sparepart motor ini akan menjadi one stop shopping yang tentu menjawab kebutuhan masyarakat. Lengkapi toko dengan kompresor dan peralatan instalasi yang lain.

Untuk mendukung jasa instalasi di toko, pekerjakan mekanik yang memiliki skill cukup untuk ini. Setidaknya mekanik di toko tahu cara memasang dan mengganti onderdil motor. Seiring perkembangan, toko bisa berkembang menjadi tempat servis motor yang sekaligus menjual sparepart. Tentu saja ini sangat memanjakan pelanggan.

Info Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Bengkel Motor (Komplet)
  1. Hadapi Pesaing dengan Cerdas

Harus diakui persaingan di bisnis ini sangat ketat. Itulah alasannya usaha ini sulit sukses jika harga sparepart tidak bersaing juga. Nah, bagaimana menghadapi pesaing? Jawabannya adalah dengan tetap menomorsatukan pelayanan dan kualitas barang. Ketika orang puas dengan pelayanan yang ramah dan informatif, maka pelanggan akan kembali lagi.

Selain itu, jadikan pesaing sebagai mitra. Jalinlah persahabatan dan komunikasi dengan sesama pemain di bisnis ini. Dengan begitu, siapa tahu dengan bermitra bisa merangkap jadi pemasok barang untuk toko-toko sparepart yang lebih kecil. Ketika ada barang di toko yang kebetulan habis, bisa meminjam dulu dari toko terdekat yang sama.
  1. Jaga Kualitas Karyawan agar Pelanggan Puas

Mengingat bisnis ini memerlukan ketelitian yang tinggi, maka carilah karyawan (mekanik) yang mampu untuk itu. Mekanik ini bisa dari lulusan SMK (atau yang sederajat) dan telah berpengalaman dilapangan (praktikal). Usahakan mekanik Anda tersebut adalah orang yang cekatan, cepat tanggap, dan berinisiatif tinggi. Karena usaha sparepart motor ini memerlukan orang-orang yang bisa melakukan pekerjaan dengan rapi dan disiplin.

10 Strategi Usaha Sparepart Motor Agar Ramai Pelanggan
Ilustrasi Mekanik Handal.

Selain itu, pekerjakan karyawan yang mengerti betul aspek pelayanan. Sebagai pemilik usaha, wajib untuk memberikan pengarahan mengenai pelayanan ini. Pelayanan yang ramah, informatif dan solutif akan membuat pelanggan senang. Walaupun ketika pelanggan tidak menemukan barang yang dicari, ia akan pergi tanpa kekecewaan karena pelayanan yang ramah tadi.
  1. Perkuat Permodalan

Modal untuk memulai usaha ini memang cukup besar. Apalagi jika tidak memiliki tempat sendiri, maka biaya sewa harus dimasukkan dalam komponen modal. Normalnya, 20% dari modal awal adalah untuk sewa lahan. Selain itu, untuk sarana dan prasarana, alokasikan kira-kira 10% dari modal. Sisanya sebesar 70% adalah untuk belanja barang dagangan.

Itulah 10 hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha sparepart motor. Walaupun persaingan ketat, namun peluang usaha ini masih bagus. Dengan manajemen yang benar dan pengelolaan keuangan yang baik, usaha ini bisa berkembang menjadi besar. Selain itu, usaha ini juga bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar seiring dengan perkembangannya.

Selamat memulai usaha!

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Rental Mobil dan Tips Memulainya

Demikianlah artikel yang cukup singkat ini. Semoga info di dalamnya dapat bermanfaat bagi Anda semua. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "10 Strategi Usaha Sparepart Motor Agar Ramai Pelanggan"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel