Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Prospek Usaha Grosir Aksesoris Wanita (Ini Bisnis Bagus Lho!

Kaum wanita pada umumnya ingin selalu tampil modis dan terlihat menarik. Itulah sebabnya para wanita gemar sekali membeli aksesoris. Bahkan demi untuk tampil modis, sebagian mereka sampai bela-belain menyisihkan penghasilannya, agar bisa membeli aksesoris yang sedang trend. Nah, tentunya usaha grosir aksesoris-lah yang paling diuntungkan dari fenomena ini. Oleh karena itu, maka tak heran kini banyak orang yang mulai terjun ke bisnis ini.

Analisa Peluang Usaha Grosir Aksesoris Wanita


Usaha ini memiliki peluang dan prospek yang baik. Alasannya adalah karena para wanita cenderung untuk terus mengikuti tren mode. Selain itu, perkembangan dunia fashion dan mode terus menunjukkan kemajuan yang signifikan. Lini bisnis ini, diharapkan bisa mengakomodir keinginan para wanita untuk tampil cantik dan modis.

Perkembangan dunia digital yang pesat juga membuat usaha aksesoris wanita ini semakin mendapat panggung. Maraknya platform e-commerce semakin mempermudah orang untuk menjalankan bisnis ini. Bagi produsen aksesoris, mudahnya mencari inspirasi model aksesoris di internet membuat prospek usaha ini semakin cerah. Produsen yang jeli akan memanfaatkan hal ini untuk menghasilkan model-model aksesoris yang up to date.

Bagi pemain retail, haruslah menjual aksesoris yang up to date sesuai tren terkini. Pembeli cenderung mempelajari apa yang sedang tren dari internet. Apa yang sering digunakan oleh public figure, itulah yang mereka incar. Retailer harus jeli dalam menangkap peluang ini. Perbanyaklah informasi agar tidak ketinggalan jaman.

Keuntungan Menjalankan Usaha Grosir Aksesoris


Ada beberapa alasan kenapa usaha ini menguntungkan untuk dijalankan. Kebutuhan wanita akan aksesoris yang tinggi membuat banyak orang ingin menggeluti usaha ini. Apa saja sebenarnya keuntungan dari menjalankan bisnis ini? Simak ulasan di bawah ini:

Bisa Dimulai Dengan Modal  Kecil


Bagi pebisnis pemula, maka bisa merintis usaha grosir aksesoris wanita kecil-kecilan. Misalnya jika Anda punya modal 85 jutaan rupiah, maka sudah bisa untuk merintis bisnis ini.

Perinciannya sbb:

- 25 juta untuk biaya sewa toko per tahun.
- 10 juta untuk biaya membeli etalase kaca + beli rak dan pajangan.
- Yang sisa 50 juta untuk modal isi barang/produk aksesoris di toko Anda.

Untuk menghemat pengeluaran, maka jangan langsung menyewa ruko yang biaya sewanya mahal. Carilah toko biasa dengan diameter 3 x 5 meter saja, selain sewanya relatif terjangkau, ukurannya juga sudah bisa untuk di awal memulai usaha. Jika Anda pandai dalam menatanya, maka toko dengan ukuran segitu sudah bisa menampung semua produk aksesoris Anda.

Jika memungkinkan, maka pakailah salah satu ruangan yang ada di rumah Anda terlebih dahulu. Tentu saja ini hanya bisa dilakukan bila rumah Anda berada di lokasi yang strategis (pinggir jalan). Namun jika lokasi rumah Anda kurang strategis (sehingga memang perlu menyewa toko), maka usahakan mencari toko yang sewanya bisa dibayar bulanan saja (agar dapat meringankan pengeluaran Anda).

Dengan modal 50 juta untuk modal beli isi barang, maka Anda sudah bisa berbelanja aksesoris segala jenis. Baik itu kategori aksesoris jilbab, hiasan rambut, kalung, gelang, dan cincin. Tentunya pilih jenis aksesoris yang harganya murah-murah saja, agar dapat di sesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

Tidak Ada Masa Kadaluarsa Barang


Aksesoris wanita adalah barang yang tidak akan basi. Ketika tidak semua stok barang laku dijual maka penjual bisa menyimpannya untuk beberapa waktu. Jika khawatir barang akan mengalami penurunan harga, penjual bisa melemparnya ke pedagang lain yang memerlukan stok barang. Intinya, barang yang dijual cenderung aman. Resiko kerugian bisa diminimalisir dengan menjual barang yang tak punya masa kadaluarsa seperti ini.

Target Pasar Jelas


Target pasar yang jelas yaitu kaum wanita memudahkan pelaku usaha untuk menentukan strategi pemasaran. Begitu pula dengan menentukan barang apa yang akan dijual. Inilah salah satu alasan usaha ini diminati banyak orang. Menjual barang kebutuhan kaum hawa cenderung lebih mudah daripada untuk kaum adam.

Mudah Untuk Dijalankan


Usaha ini tergolong mudah untuk dijalankan dan tidak diperlukan keahlian khusus untuk bisa sukses. Pelaku bisnis hanya perlu jeli dan memperkaya diri dengan informasi mengenai tren fashion. Kemudian, tambah keahlian di bidang penjualan. Tidak perlu ijasah khusus untuk bisa terjun ke bisnis ini. Siapapun bisa melakukannya.

Info Menarik Lainnya : Analisa Usaha Grosir Mainan Anak (Peluang dan Prospeknya)

Tips Memulai dan Mengelola Usaha Grosir Aksesoris Wanita

Setelah mengetahui analisa peluang dan alasan mengapa usaha ini layak dijalankan, saatnya memulai usaha ini. Ada baiknya mengetahui tips mengelola usaha grosir agar kelancaran usaha terjamin. Diharapkan, calon pengusaha lebih mudah dalam mengelola usahanya setelah membaca tips-tips berikut:

Pilih Lokasi Toko di Tempat yang Strategis

Prospek Usaha Grosir Aksesoris Wanita
Ilustrasi : Kirana Aksesoris, salah satu toko grosir terlengkap dan terbesar di kawasan Asemka.

Maksud dari lokasi strategis disini bukan hanya semata-mata di pinggir jalan besar. Namun, lebih kepada kemudahan akses menuju toko. Lebih jauh lagi, lokasi yang strategis untuk usaha grosir harus memperhatikan demografi di sekitar toko. Seperti apa pendapatan masyarakat sekitar, apakah di dekat toko ada perumahan atau pasar, juga karakteristik penduduk di sekitar toko.

Jika ingin toko tampak menonjol, cobalah mencari lokasi dengan tingkat persaingan usaha yang minim. Misalnya, cari tahu apakah di deretan ruko yang akan disewa sudah ada usaha sejenis. Namun, hal ini akan menjadi lain jika penjual memutuskan untuk berjualan di sebuah pusat grosir dan bergabung dengan penjual lain. Jika ini yang dilakukan, maka pandai-pandailah menerapkan harga.



Info Menarik Lainnya : 5 Pusat Grosir Aksesoris dan Pernak Pernik Wanita Terlengkap Di Asemka

Jual Produk yang Up to Date


Prospek Usaha Grosir Aksesoris Wanita
Ilustrasi : Contoh produk up to date di toko Kirana Aksesoris.

Produk aksesoris termasuk produk yang sangat cepat perubahannya. Perubahan yang dimaksud disini adalah model dari aksesoris tersebut. Bros yang sedang tren bulan ini belum tentu masih tren di bulan depan. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dan kejelian dalam hal penyediaan produk ini. Penting untuk menyediakan produk yang sedang tren, namun juga jangan overstock.

Perkaya informasi mengenai model-model produk yang sedang tren. Lakukan ke toko-toko sejenis tentang produk yang mereka jual. Tanyakan apa yang sedang tren saat ini lalu samakan dengan stok dimiliki. Biasanya, pemain-pemain lama sudah tahu apa saja produk yang baru. Sebagai pemain baru, banyak-banyaklah belajar tentang bagaimana memperbarui produk dagangan.

Manfaatkan Media Sosial untuk Saluran Promosi


Di era digital ini sulit rasanya untuk tidak berjualan di media sosial. Promosikan produk di media sosial dan katakana dengan jelas bahwa produk menerapkan harga grosir. Jaring rekanan di media sosial agar produk cepat laku. Berikan promo-promo menarik melalui media sosial yang dimiliki. Sering-seringlah memperbarui stok atau gambar yang dipasang di media sosial.

Terapkan Sistem Reseller dan Dropship untuk Mendongkrak Penjualan


Sistem reseller dan dropship terbukti ampuh dalam mendongkrak penjualan di toko grosir. Reseller akan berbelanja dalam jumlah banyak lalu dijual lagi. Hal ini memungkinkan produk cepat terjual sehingga tidak terjadi penumpukan stok. Sedangkan dropshipper bisa memasarkan produk melalui akun media sosial mereka. Kedua sistem ini layak untuk dicoba di sebuah toko grosir.

Jangan Mematok Harga Terlalu Tinggi


Toko grosir identik dengan harga murah. Bahkan sangat murah dari harga produk yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, lakukan survey ke usaha sejenis, berapa harga ideal yang mereka berikan. Usahakan jangan terlalu mengambil untuk terlalu besar di awal usaha. Tetapkan harga yang kurang lebih sama dengan toko sejenis. Usahakan harga lebih murah daripada toko pesaing walaupun sedikit.

Info Menarik Lainnya : Grosir Mainan Serba 5000 Dan Contoh Produk Yang Laku Sepanjang Masa

Kiranya, kini kesiapan untuk terjun ke usaha grosir aksesoris wanita semakin mantap setelah membaca artikel ini. Kunci dari kesuksesan usaha ini adalah keuletan dan informasi yang kaya. Jangan sedih ketika ada masanya toko sepi. Tingkatkan kreatifitas dan mental agar usaha tetap berjalan dan mendulang sukses. Jangan ragu untuk menjalin hubungan baik dengan pesaing.

Selamat mencoba!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Prospek Usaha Grosir Aksesoris Wanita (Ini Bisnis Bagus Lho!"