Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online

Sudah lama berbisnis dan ingin menjajaki dunia digital melalui website toko online? Suatu keputusan yang tepat apabila Anda berniat untuk mewujudkannya. Dalam menjalankan bisnis, memanfaatkan hosting Indonesia murah dan berkualitas sebagai website toko online bisa menjadi solusi yang tepat meraup keuntungan lebih banyak dari internet.

Walau begitu, memiliki hosting saja tidak cukup untuk menjadikan sebuah toko online sebagai media promosi yang efektif. Agar bisa langsung mengelola konten di dalamnya sesegera mungkin, gunakan jasa pembuatan website terbaik yang mampu mengakomodir kebutuhan Anda akan website toko online yang sesuai dengan keinginan.

3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online
Ilustrasi.
Baca juga: Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Pada saat Anda merancang website toko online, Anda harus memastikan bahwa fitur-fitur di dalamnya sudah mengakomodir kebutuhan pelanggan. Beberapa fitur seperti galeri untuk menampilkan produk yang dijual, kolom deskripsi produk yang ditawarkan, add to cart, hingga sistem pembayaran dan history pembelian harus ada di dalamnya.

Selain beberapa macam fitur esensial tersebut, Anda juga perlu menambahkan blog pada website toko online. Walaupun tujuan utama penggunaan website toko online adalah sebagai media untuk menjual produk-produk Anda, tetapi keberadaan blog akan membantu website tersebut agar lebih mudah ditemukan di mesin pencarian, seperti Google.

Baca juga: 14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Berbicara tentang mesin pencarian, ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah website untuk berada di halaman pertamanya. Selain blog, ada beberapa langkah lanjutan terkait SEO (Search Engine Optimization) yang perlu Anda lakukan agar fitur tersebut dapat bekerja secara efektif dalam menaikkan peringkat website toko online Anda.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara yang bisa membantu Anda dalam menaikkan peringkat website toko online.

Berikut beberapa tips SEO yang bisa diterapkan untuk meraup keuntungan lebih banyak melalui website toko online Anda.

Di antaranya:

Percepat Waktu Akses Website


Bagi para pelanggan, kecepatan dalam mengakses website akan menjadi kunci utama yang membuat mereka lebih betah menghabiskan waktu lebih lama di toko online Anda. Bayangkan saja apabila website toko online Anda terlalu lambat saat diakses. Pelanggan pun akan merasa tidak nyaman dan ingin segera menekan tombol close. Mimpi buruk bagi usaha Anda, kan?

Setinggi apapun kualitas konten yang dikelola di dalam toko online, Anda tidak akan berhasil pernah membuat pengunjung bertahan di website Anda jika aksesnya terasa sangat lambat. Maka, salah satu aspek penting yang perlu diutamakan adalah kecepatan akses website.

Baca juga: User Experience, Pengalaman Pengguna Blog Dari Sudut Pandang Teknis dan Human Interest

Berdasarkan data dari Google, lebih dari 50% pengguna internet akan menutup jendela website yang tidak bisa diakses lebih dari 3 detik. Tidak hanya itu, lebih dari 70% dari mereka pun menyatakan kecewa dengan website yang lambat kecepatan loading-nya dan tidak ingin kembali mengaksesnya kembali.

Karenanya, apabila Anda benar-benar ingin mengutamakan kenyamanan akses bagi para pelanggan, perhatikan aspek kecepatan loading website toko online Anda. Salah satu caranya adalah dengan menghapus plugin yang tidak terpakai di website tersebut. Dengan begitu, kinerja website akan lebih maksimal dan loading pun akan terasa lebih cepat.

Lengkapi Konten dengan Informasi yang Insightful


Website toko online memang menjadi alternatif yang cukup efektif untuk Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan dari internet. Anda bisa menjual produk tanpa harus bertemu langsung dengan para pembeli secara tatap muka.

Namun lebih dari itu, keberadaan website itu sendiri juga bisa mengakomodir kebutuhan calon pelanggan akan informasi lebih mendalam mengenai produk yang Anda jual. Tidak hanya berupa deskripsi produk, tetapi juga informasi lain yang insightful, seperti tips perawatan hingga cara memasarkan produk tersebut melalui platform pelanggan Anda.

Baca juga: 7 Ciri Ciri Artikel yang Disukai Audience Dan Google

Alasan-alasan tersebut yang mau tidak mau mengharuskan Anda untuk membuat konten yang engaging dengan informasi yang benar-benar dibutuhkan para pelanggan toko online. Sehingga selain konten tulisan, Anda juga bisa menambahkan ilustrasi, video, hingga infografik data yang menarik para pembaca secara visual.

Optimasi Foto Produk yang Ditampilkan


Masih berkaitan dengan kecepatan website, keberadaan gambar seperti foto produk yang dijual juga mempengaruhi cepat lambatnya akses website toko online Anda. Bahkan dalam sebuah blog, adanya gambar dapat membuat artikel di dalamnya menjadi lebih menarik.

Selain konten tulisan yang berkualitas, gambar pun menjadi faktor bagi para pengunjung untuk bertahan, tentunya dengan membuka lebih banyak halaman blog di Anda. Namun, menampilkan gambar pada website toko online Anda juga bisa jadi langkah yang tricky. Mengapa bisa demikian?

Baca juga: Cara Promosi Blog yang Ampuh? Trafik Melesat Cepat? Ini Rahasianya!

Adanya gambar memang sangat berpengaruh pada kecepatan loading website. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama,  kecepatan akses adalah kunci utama dari kinerja SEO pada sebuah website. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan optimasi gambar yang diunggah agar nantinya tidak menjadi beban yang justru memperlambat akses toko online Anda.

Untuk pemilihan format gambar, Anda bisa memilih antara dua format yang paling umum seperti JPEG maupun PNG. JPEG biasanya digunakan sebagai format pada hasil fotografi semacam foto produk untuk keperluan online shop. Ukuran gambarnya pun dapat dikompres tanpa terlalu banyak mengurangi kualitasnya.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Blogger, Dari Hobi Sampai Menghasilkan Uang

Saat Anda ingin memproses gambar yang akan ditampilkan pada website toko online, pastikan gambar tersebut berukuran kecil namun kualitasnya tetap baik saat diperbesar. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengompres gambar tersebut melalui tools seperti TinyPNG atau ImageOptim.

Melalui kedua tools tersebut, Anda bisa mendapatkan gambar dengan kualitas yang cukup baik walau ukurannya cukup rendah. Dengan menampilkan gambar yang sudah dikompres, website toko online pun bisa diakses dengan lebih cepat dan kenyamanan pengunjung pun ikut meningkat.

Dari ketiga tips SEO di atas, poin ke-berapa yang sudah diterapkan pada website toko online Anda? Jika belum menerapkan ketiganya, Anda harus mulai mencoba dan perhatikan perkembangan website Anda. Selamat meraup keuntungan lebih banyak!

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Jangan lupa nantikan terus artikel menarik selanjutnya ya. 😉

Post a Comment for "3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)