Mendulang Rupiah Dari Murahnya Harga Kue Pasar Subuh Senen - Bang Izal Toy

Mendulang Rupiah Dari Murahnya Harga Kue Pasar Subuh Senen

Bagi para pemburu kue basah murah, Pasar Senen adalah surganya. Harga kue Pasar Subuh Senen bisa sangat murah karena pembuat kue sengaja memproduksi kue dalam jumlah banyak. Jumlah ini bisa mencapai ribuan dalam sekali produksi. Walaupun memproduksi dalam jumlah banyak, rasa yang dihasilkan tetap lezat.

Tak heran jika banyak orang rela bangun tengah malam demi berburu kue murah di sana. Biasanya, mayoritas pelanggan pasar subuh senen adalah pedagang kue basah juga.

Harga kue Pasar Subuh Senen memang sangat miring, sehingga cocok untuk dijual kembali namun tetap dengan harga yang murah.


Kisaran harga kue ini adalah  mulai dari 1000-2000 ribu per satuannya. Jelas ini adalah harga yang murah meriah.

Peluang dan Tantangan Usaha Kue Subuh di Pasar Senen


Melihat dari meriahnya pasar ini, jelas sekali usaha kue subuh ini potensial. Jumlah konsumen yang banyak terkadang sampai membuat pedagang kewalahan dalam memenuhi permintaan. Tercatat ada kurang lebih 700an pedagang yang melapak di Pasar Subuh Senen. Jumlah ini belum mencukupi permintaan konsumen yang meningkat setiap harinya. Lihat ilustrasi Pasar kue Senen tersebut di bawah ini.

Mendulang Rupiah Dari Murahnya Harga Kue Pasar Subuh Senen
Suasana di Pasar Kue Senen.

Di waktu tertentu seperti musim hajatan atau menjelang lebaran, permintaan sangat banyak dan membuat pedagang di sana kesulitan memenuhi permintaan konsumen. Oleh karena itu, peluang usaha berjualan kue subuh di Pasar Senen masih bagus. Namun, jika ingin berjualan di sana, pastikan pasokan kue lancar dan banyak.

Harga kue Pasar Subuh Senen bisa murah salah satunya adalah karena jumlah produksi yang banyak. 


Jika tidak mampu memproduksi sendiri, carilah agen atau produsen kue yang mampu menyuplai kue dalam jumlah banyak dan kontinyu. Menurut beberapa pedagang di sana, dalam sehari mereka bisa mengantongi keuntungan bersih sampai 3 juta rupiah per hari.

Kendala yang ada saat ini adalah harga lapak yang cukup mahal. Pengelola mematok harga hinggal 15 juta per lapak per tahun. Dulu, harga lapak hanya 5 juta rupiah saja. Memang harga lapak ini terkesan mahal, namun dengan banyaknya pembeli dan keuntungan yang besar, modal bisa kembali dalam waktu cepat. Terbatasnya tempat juga menjadi alasan mengapa harga lapak sekarang menjadi mahal.

Berjualan kue subuh di Pasar Senen bukan tanpa tantangan. Semenjak musibah kebakaran menimpa Blok 1 dan Blok 2 yang dulunya merupakan lapak bagi pedagang kue subuh, mereka harus pindah ke tempat baru. Tempat baru ini adalah Blok 3 sampai Blok 5. Di Blok baru ini, sering terjadi aksi premanisme berupa pungli.

Pungutan liar oleh preman di sana biasanya dilakukan kepada para sopir yang datang untuk mengantar kue. Ini jelas merupakan biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh para pedagang. Sedangkan mereka tidak bisa menaikkan harga kue karena daya tarik di Pasar Subuh Senen adalah harga kue yang murah.

Informasi Menarik Lainnya : 15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya

Tips Sukses Berjualan Kue Subuh


Menilik dari peluang yang masih terbuka lebar, tidak ada salahnya bagi Anda untuk ikut meramaikan pasar kue subuh ini. Sebab para konsumen akan sangat diuntungkan dengan meningkatnya pasokan kue yang ada (karena terkadang jumlah pedagang yang ada di Pasar Subuh Senen belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan konsumen).

Berikut tips untuk sukses berjualan kue subuh:

1. Jalin Kerjasama Dengan Agen


Ketersediaan agen kue basah sangat penting untuk kelangsungan bisnis ini. Jalinlah kerjasama dengan banyak agen sehingga varian kue yang dijual bisa beragam. Selain itu, pastikan agen kue basah adalah agen yang mampu memproduksi kue dalam jumlah banyak. Harga kue Pasar Subuh Senen yang murah salah satunya adalah karena penjual mampu menjual dalam jumlah banyak.
Mendulang Rupiah Dari Murahnya Harga Kue Pasar Subuh Senen
Salah satu agen di pasar kue Senen.
Dalam memilih agen kue perhatikan juga pola kerjasamanya. Sistem pembayaran ke agen adalah yang paling penting. Usahakan untuk membayar hanya untuk produk yang laku. Proses penyetoran uang bisa harian atau bulanan tergantung dari kesepakatan. Selain itu, cari agen pemasok yang memiliki kualitas kue baik. Lebih baik lagi jika agen pemasok tidak menggunakan pengawet dalam memproduksi kuenya.

2. Siapkan Modal yang Cukup


Modal untuk membuka lapak di Pasar Senen cukup besar, yaitu di kisaran 5-15 juta per lapak per tahun. Selain itu, siapkan juga modal untuk transportasi dan gaji karyawan. Di awal, untuk menekan cost, kerjakan sendiri semuanya. Bisa dibantu dengan suami, anak, atau kerabat agar cost bisa ditekan. Siapkan juga modal untuk pungli yang sering terjadi di sana.

Biasanya, pedagang yang berjualan di Pasar Subuh Senen mengantar barang menggunakan mobil box. Penggunaan mobil box ini lebih efektif karena bisa mengangkut barang dalam jumlah banyak untuk sekali pengiriman. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sarana transportasi berupa mobil yang berkapasitas besar. Jika belum memiliki mobil sendiri, sewalah kepada kerabat atau teman.

3. Menjadi Reseller Dulu


Seperti telah dibahas di atas bahwa antrian untuk bisa membuka lapak di Pasar Subuh Senen cukup panjang, ada baiknya untuk menjadi reseller terlebih dahulu. Menjadi reseller dari kue murah tetap menguntungkan. Dengan murahnya harga kue Pasar Subuh Senen, tentu memudahkan bagi reseller untuk menjual kembali kue yang telah dibeli tadi.

Kebanyakan, konsumen di Pasar Subuh Senen memang para reseller. Kue murah tadi bisa dijual kembali di lapak sendiri yang berlokasi strategis atau bisa juga dijajakan di kantor dan di dekat rumah. Kue basah murah bisa menjadi ladang usaha kecil yang menguntungkan. Selain itu, kehadiran reseller dari kue basah ini juga membantu warga di dekat rumah dalam mencari kue basah murah.

Informasi Menarik Lainnya : Contoh Usaha Makanan Ringan Unik, Layak Untuk Anda Coba

4. Menjadi Produsen Kue Basah


Penjual kue murah di Pasar Subuh Senen rata-rata tidak membuat sendiri kue-kuenya. Walaupun ada juga yang membuat sendiri kuenya, namun jumlahnya tidak banyak. Oleh karena itu, produsen atau agen kue basah juga diperlukan kehadirannya oleh para pedagang di sana. Untuk tetap mendapatkan untung dari harga yang murah, perhatikan ukuran kue dan juga jumlah produksi.

Mendulang Rupiah Dari Murahnya Harga Kue Pasar Subuh Senen
Ilustrasi beberapa jenis dan varian kue yang di jual di Pasar subuh Senen.

Sesuaikan ukuran kue dengan harga yang akan diberikan. Selain itu, jumlah produksi harus banyak, karena jika hanya memproduksi sedikit, tentu ongkos dan tenaga produksi tidak akan sebanding dengan pendapatan yang diperoleh. Namun, jangan juga mengesampingkan kualitas. Hindari penggunaan pengawet dan bahan-bahan terlarang dalam kue yang dibuat.

5. Amati dan Pelajari Lingkungan Pasar Subuh


Sebelum memulai ada baiknya melakukan survey tentang keadaan di lokasi. Jangan ragu atau sungkan untuk bertanya kepada penjual yang telah lebih dulu berjualan di sana. Pelajari juga bagaimana alur pembelian di sana. Selain itu, kenali dengan baik lingkungan di pasar. Dengan begitu, setiap tantangan dan hambatan yang mungkin timbul akan lebih bisa diatasi.

Informasi Menarik Lainnya : Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)

Nah, itulah tadi serba-serbi usaha berjualan kue basah di Pasar Subuh Senen. Walaupun harga kue Pasar Subuh Senen sangat murah, bukan berarti tidak mendatangkan untung. Terbukti penjual yang berbisnis di sana telah melakoni bisnisnya selama puluhan tahun. Lihat dan manfaatkan peluang yang ada di tempat legendaris ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sampai ketemu lagi di artikel yang tak kalah menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal

0 Response to "Mendulang Rupiah Dari Murahnya Harga Kue Pasar Subuh Senen "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel