Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Obat Mati Gaya Dan Ingin Pintar? Main Rubik Adalah Solusinya

Generasi 90-an pasti kenal dengan yang namanya Rubik. Rubik bisa dibilang mainan wajib anak 90an. Sampai sekarang rubik masih menjadi mainan yang disukai oleh anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Rubik adalah mainan yang terbuat dari gabungan beberapa balok warna-warni dan dimainkan untuk membentuk suatu pola. Sebenarnya, ini adalah permainan teka-teki untuk membentuk satu sisi rubik dengan warna yang sama.

Awalnya, rubik bukanlah sebuah mainan. 



Rubik adalah alat belajar mahasiswa desain yang dibuat sendiri oleh Erno Rubik di tahun 1978.

Obat Mati Gaya Dan Ingin Pintar? Main Rubik Adalah Solusinya
Ilustrasi berbagai macam model rubik.
Rubik dibuatnya untuk memudahkan siswa memahami konsep tiga dimensi dan ruang. Para mahasiswanya justru tertarik dengan cara pembuatan rubik yang saling terhubung dan tidak lepas walaupun diputar-putar.

Beberapa Hal Tentang Rubik yang Belum Banyak Diketahui Orang


Asumsi orang tentang rubik adalah mainan yang bisa diputar-putar untuk menghasilkan warna yang sama pada setiap sisinya. Padahal, ada hal-hal menarik lain tentang rubik yang belum banyak diketahui orang. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa awalnya rubik sama sekali bukan mainan. Bentuknya pun lebih besar dari yang sekarang beredar di pasaran.

Berikut merupakan beberapa fakta unik tentang rubik yang jarang diketahui:

Rubik Punya Rumus


Bermain rubik ternyata ada rumusnya. Orang-orang sering menganggap kalau rubik adalah permainan yang sulit. Padahal, rubik juga bisa dijadikan sarana asah otak dan intelegensi. Hal ini sejalan dengan penemu rubik itu sendiri yang bukan sembarang dosen. Erno Rubik merupakan seorang professor, pemahat, dan juga seniman. Tak heran kalau ia bisa menemukan alat yang spektakuler ini untuk belajar konsep ruang.

Salah Satu Mainan Terlaris


Rubik pun menjadi salah satu mainan terlaris di dunia. Hal ini karena rubik bisa dimainkan oleh semua usia. Selain itu, rubik juga mudah dibawa kemana saja. Dewasa ini, rubik dianggap sebagai mainan yang tepat untuk anak-anak karena diklaim bisa mengurangi penggunaan gadget pada anak. Anak-anak akan cenderung asyik memutar-mutar kubus rubik sampai mereka bisa menemukan pola yang benar.

Kompetisi Rubik Itu Nyata


Ternyata, permainan rubik ini ada kompetisinya, lho. Kompetisi untuk permainan rubik adalah speedcubing, blindfolded solving, multiple blindfolded solving, one handed solving, dan solving with feet. Setiap kategori memiliki keunikan masing-masing, namun kemenangan tetap diukur dari seberapa cepat bisa membentuk rubik ke warna yang sama setiap sisinya.

Ada Rubik Khusus untuk Tunatetra

Untuk orang yang tunanetra juga bisa bermain rubik. Rubik untuk tunanetra di desain dengan tonjolan pada setiap permukaannya. Walapun sulit, ternyata penyandang tunanetra gemar bermain rubik untuk mengasah otak dan kesabarannya. Bermain rubik memang memerlukan kesabaran dan daya ingat yang tinggi. Rubik tersulit tercatat bisa dipecahkan dalam 7,5 jam. Cukup lama juga, ya.

Mainan Menarik Lainnya : Review Rc Helikopter Gyosho G500 (3.5 Channel)

Tips Memecahkan Misteri Rubik


Untuk orang awam, kubus-kubus rubik adalah sebuah misteri. Sekali saja diputar, maka kemungkinan untuk bisa mengembalikan ke posisi semula sangat sulit. Bahkan, diklaim ada 43 trilyun kemungkinan yang bisa menghasilkan pola yang benar. Namun, sesulit apapun permainan pasti ada cara atau strategi untuk memenangkannya. Berikut ini adalah tips bagaimana memecahkan misteri rubik. Simak terus ulasannya di bawah ini, ya:

Pahami Dulu Istilah Dasar Dari Rubik


Normalnya, rubik berukuran 3x3 dan tersusun atas 27 bagian. 27 bagian tadi saling berhubungan ke poros yang ada tepat di tengah. Rubik memiliki 6 sisi dengan warna yang berbeda setiap sisinya. Nah, rubik juga terdiri dari bagian-bagian yang lain. Istilah untuk bagian rubik adalah : center, edge, corner dan layer.

Center rubik adalah bagian tengah yang tidak dapat diputar-putar dan posisinya paten. Sementara itu, edge adalah bagian samping rubik atau sisi. Bagian ujung rubik disebut Corner. Layer pada rubik terbagi menjadi 3 yaitu bagian bawah, tengah dan atas.

Kenali Pergerakan Dasar Rubik


Jika ingin mahir bermain rubik, maka seseorang perlu memahami dasar-dasar dari gerakan rubik. Dasar pergerakan rubik, rumus yang nantinya digunakan dalam bermain. Rumus ini tidak mutlak, namun dengan mengetahui rumus ini, setidaknya akan mempermudah bermain bagi pemula. Dasar gerakan ini biasa digunakan oleh orang yang baru pertama kali bermain rubik.

Adapun pergerakan dasar dari rubik adalah sebagai berikut:

R : memutar sisi kanan rubik sebanyak 90 derajat ke atas

R’ : kebalikan dari R, yaitu memutar 90 derajat ke bawah

L : memutar sisi kiri rubik sebanyak 90 derajat ke bawah

L’ : kebalikan dari L, yaitu memutar 90 derajat ke atas

U : Menggerakkan sisi atas rubik ke kiri sebanyak 90 derajat

U’ : kebalikan dari U, yaitu sisi atas digerakkan ke kiri 90 derajat

F : Sisi bagian rubik diputar searah jarum jam 90 derajat

F’ : kebalikan dari F, yaitu memutar sisi depan ke kiri

B : memutar sisi bagian belakang ke kiri sebanyak 90 derajat

B’ : kebalikan dari B, yaitu memutar bagian belakang ke kanan

D : memutar bagian bawah ke kiri sebanyak 90 derajat

Setelah mengetahui gerakan dasar ini, pemula diharapkan bisa mengerti cara bermain rubik.

Mainan Menarik Lainnya : Review Water Gel Gun M4A1 (Submachine Gun)


Pahami Rumus Bermain Rubik Agar Cepat Menyelesaikannya


Seperti dikatakan di atas bahwa rumus bermain rubik ini tidak mutlak. Pemain harus tetap harus sering berlatih dan menemukan cara-cara baru. Namun, bagi pemula yang masih awam, rumus ini tentu sangat berguna. Selain untuk bisa menyelesaikan, rumus ini juga bisa berguna agar pemain tidak stress.

Pertama, fokuslah untuk menyelesaikan satu warna. Fokus pada satu warna ini sebagai acuan untuk menyelesaikan warna-warna selanjutnya. Misalnya, dengan memilih fokus pada warna merah. Bentuklah tanda cross atau + dari warna merah dan center warna kuning. Untuk mendapatkan warna merah yang diinginkan, top layer atau edge harus disamakan. Yaitu pada edge yang kotak merahnya bersebelahan dengan center.

Selanjutnya, gunakan rumus alogaritma yaitu L’ U’ L ditambah R U R’. Sedikit rumit, namun ini bisa menghasilkan atau menyempurnakan layer utama. Setelah layer utama selesai, lanjutkan ke layer kedua. Tetap fokus pada satu warna dengan rumus U R U’R atau bisa juga dengan U L’U L. Pada layer ketiga, cobalah membentuk warna kuning. Pada edge yang bersebelahan dengan rumus F R U R’ U’ F’, setelah itu untuk edge yang berseberangan dengan rumus F R U R’ U F. Sekarang sisi kuning sudah jadi, maka pada bagian tengah berikan rumus R U R’ U R U U R’.

Di layer keempat, apabila sisi kuning sudah sempurna, lanjutkan dengan menyempurnakan sisi sisi lain yang belum jadi. Adapun rumusnya adalah R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’. Selain itu, bisa ditambahkan juga rumus R U’ R U R U R U’ R’ U’ R2. Pada bagian lain yang belum selesai, misalnya edge dan cornernya masih lain warna, rampungkan dengan rumus R2 U R U R’ U’ R’ U’ R’ U’ R’. Dan,,,, Yeay! Rubiknya kini sudah jadi. 😊

Mainan Menarik Lainnya : Pistol Karet Gelang (Rubber Band Gun), Mainan Yang Unik Dan Artistik

Rubik adalah mainan yang bisa digunakan untuk melatih ketahanan otak dan anti mati gaya. Rubik sangat berguna untuk menghabiskan waktu menunggu antrian. Dengan bermain rubik, otak bisa terlatih untuk kreatif dan juga meningkatkan kecerdasan.

Demikianlah tulisan ringan tentang mainan rubik ini, semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.

Sampai jumpa lagi di artikel yang tidak kalah menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Obat Mati Gaya Dan Ingin Pintar? Main Rubik Adalah Solusinya "

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)