Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Keutamaan Website Untuk UMKM Agar Bisa Berkembang

Usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM adalah usaha yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok dengan modal tidak besar. Umumnya berbagai produk rumah tangga seperti makanan atau kerajinan masuk dalam kategori ini. Selebihnya usaha dalam bentuk jasa juga bisa dikategorikan dalam UMKM.

Karena memiliki modal yang tidak besar, memanfaatkan bujet kecil untuk promosi maksimal sangat penting. Oleh karena itu, pemilik UMKM disarankan untuk membuat website sebagai sarana promosi dan juga penjualan secara langsung. Anda hanya perlu menentukan nama website dengan melakukan pengecekan daftar domain dari suatu layanan web hosting yang sekiranya cocok dengan budget Anda.

5 Keutamaan Website untuk UMKM Agar Bisa Berkembang
Ilustrasi.
Baca juga: Mahir Coding dengan Belajar 3 Bahasa Pemrograman Ini

Jika nama domain yang Anda inginkan tersedia, selanjutnya cek harga domain tersebut, apakah sudah sesuai dengan budget yang Anda alokasikan atau belum. Selama ini, akan lebih aman apabila Anda menggunakan domain .com untuk branding ataupun jual beli. Setelah itu, manfaatkan sebaik mungkin untuk membuat website UMKM yang Anda kelola.

Bagi Anda yang merasa masih ragu untuk membuat website, sebenarnya seberapa penting keberadaan sebuah website untuk suatu usaha?



Berikut beberapa keutamaan website untuk UMKM.


Cekidot!

1. Kredibilitas Akan Naik


Hal pertama yang menjadi alasan kenapa website sangat dibutuhkan saat Anda membangun UMKM adalah kredibilitas. Jika Anda merupakan pemain lama dengan brand besar mungkin calon pembeli percaya saja. Nah, kalau baru saja memulai, mereka butuh sesuatu untuk dipercaya.

Salah satu cara agar bisa dipercaya adalah meningkatkan kredibilitas. Anda bisa meningkatkan hal itu dengan cara membuat website. Isi semua halaman website dengan informasi terkait produk, artikel relevan, sampai kontak yang bisa dihubungi.

2. Menaikkan Brand Awareness


Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai usaha kecil adalah membuat brand dikenal masyarakat. Kalau brand awareness tidak baik, calon pembeli akan datang dari mana? Itulah kenapa memiliki website sangat penting. Apalagi saat ini sebagian besar orang sering mencari info melalui mesin pencari.

Website bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan merek yang sedang dibuat. Misal tentang visi atau misi ke depannya. Anda juga bisa membahas produk secara umum beserta kelebihannya. Konten ini akan memberikan info sehingga audiens lebih melek tentang apa yang ingin Anda jual.

3. Media Pemasaran Online


Memiliki website akan memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran online. Pemasaran bisa dilakukan dengan membuat konten yang relevan dan berhubungan dengan produk. Anda juga bisa membuat landing page yang berisi promosi dengan teknik copywriting.

Baca juga: 3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online

Selanjutnya website juga bisa digunakan untuk tempat berjualan secara langsung. Anda bisa memajang berbagai jenis produk yang dimiliki langsung di sana. Transaksi bisa dilakukan langsung via website atau melalui fitur layanan pelanggan yang disediakan.

4. Mampu Berkompetisi dengan Baik

Kalau Anda hanya melakukan promosi dari mulut ke mulut atau melalui pameran saja, peluang menang dalam persaingan akan kecil. Apalagi saat ini para pemilik UMKM banyak menggunakan internet untuk promosi dan mencari pembeli tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Jika Anda menggunakan website, peluang berkompetisi akan semakin besar. Produk bisa dipasarkan dengan lebih mudah dan menarik. Apalagi kalau Anda bisa membuat video promosi yang memberikan efek persuasi besar.

Jualan secara langsung tetap bisa dilakukan. Namun, manfaatkan juga website atau secara umum internet. Penjualan bisa ditingkatkan sehingga keuntungan semakin bertambah.

5. Lebih Memahami Keinginan Audiens


Melalui website Anda bisa lebih paham apa saja keinginan dari audiens. Hal ini bisa terlihat dari berapa banyak produk terjual atau pengunjung pada konten tertentu yang sudah dibuat sebelumnya.

Melalui data yang diberikan oleh website, Anda bisa melakukan analisis. Selanjutnya buat konten promosi lebih relevan baik dalam bentuk tulisan dan video. Revisi pada produk juga bisa dilakukan kalau ada kritik dan saran membangun.

Baca juga: Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Demikian ulasan tentang keutamaan website UMKM yang ternyata ada banyak. Kalau Anda sedang membuat usaha dan ingin maju, usahakan untuk memaksimalkan penggunaan website. Gabungkan juga dengan media sosial agar menjaring lebih banyak pembeli.

Semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "5 Keutamaan Website Untuk UMKM Agar Bisa Berkembang"