Widget HTML Atas

Mahir Coding dengan Belajar 3 Bahasa Pemrograman Ini

Keinginan untuk menjadi seorang blogger mungkin sudah bukan hal yang mengagetkan lagi. Ketika zaman sudah berubah menjadi serba digital, masyarakat pun makin paham bahwa banyak peluang yang bisa dimanfaatkan, terutama dari teknologi berupa internet.

Pengetahuan mengenai internet ini yang akhirnya membuat semakin banyak orang mencari cara membuat blog di Google dan menggunakannya sebagai peluang untuk mencari tambahan penghasilan.

Karena pada dasarnya, apabila ditekuni lebih jauh, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan blogging atau ngeblog. 


Dengan menekuni dunia blogging, Anda bisa sekaligus mempelajari berbagai ilmu digital marketing yang berguna jika Anda menjalani sebuah usaha online, dimulai dari cara membuat email dengan domain dengan domain blog Anda untuk berkomunikasi dengan para klien maupun pelanggan. Keberadaan blog pun bisa dikembangkan sebagai media pemasaran website toko online yang Anda buat.
Mahir Coding dengan Belajar 3 Bahasa Pemrograman Ini
Ilustrasi
Pengetahuan mengenai internet ini yang akhirnya membuat semakin banyak orang mencari cara membuat blog di Google dan menggunakannya sebagai peluang untuk mencari tambahan penghasilan. Karena pada dasarnya, apabila ditekuni lebih jauh, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan blogging atau ngeblog.

Dengan menekuni dunia blogging, Anda bisa sekaligus mempelajari berbagai ilmu digital marketing yang berguna jika Anda menjalani sebuah usaha online, dimulai dari cara membuat email dengan domain blog Anda untuk berkomunikasi dengan para klien maupun pelanggan. Keberadaan blog pun bisa dikembangkan sebagai media pemasaran website toko online yang Anda buat.

Baca juga: Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Berbicara mengenai pengelolaan website, selain konten blog yang harus rutin diperbarui untuk keperluan optimasi melalui SEO, sisi teknis lain seperti script dan plugin di dalamnya juga perlu diperhatikan. Ketidaktepatan penggunaan script akan berakibat fatal pada website yang Anda kelola. Maka dari itu, modal pengetahuan seputar bahasa pemrograman pun perlu Anda miliki.

Jika Anda sudah memahami ilmu digital marketing melalui blogging, penguasaan bahasa pemrograman, atau yang biasa disebut dengan coding, akan melengkapi skill Anda untuk kebutuhan pengelolaan website. Walaupun saat ini terdapat banyak web hosting Indonesia yang menyediakan layanan WordPress gratis, skill coding akan membuat Anda lebih leluasa dalam menyesuaikan tampilan website sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Baca juga: 3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online

Selain untuk mengelola website, Anda juga bisa memanfaatkan coding untuk pembuatan aplikasi maupun produk digital lain yang sedang dibutuhkan pasar. Beberapa contoh produk digital yang dimaksud diantaranya seperti perangkat mikrokontroler, game, perangkat IoT, hingga perangkat robotik yang hanya mampu dibuat dengan menggunakan logika pemrograman.

Lalu, untuk bisa mahir coding, bahasa pemrograman seperti apa yang bisa Anda mulai pelajari? 


Berikut kami rekomendasikan beberapa bahasa pemrograman yang cocok untuk dipelajari para pemula.

Bahasa R


Kebutuhan yang makin besar akan big data membuat bahasa R semakin populer akhir-akhir ini. Padahal jika dilihat lagi dari segi historis, bahasa ini sudah ada dan digunakan mulai dari awal tahun 1990an, yaitu di tahun 1993. Dalam penggunaannya, bahasa R biasa dimanfaatkan dalam sebuah pengembangan website.

Tetapi dalam pengaplikasiannya, bahasa ini tetap memerlukan bahasa pemrograman lain untuk membantu pengembangannya. Mengenai data pencariannya sendiri melalui Google Search, terdapat lebih dari 4% pencarian seputar bahasa R. Walau bahasa ini paling sering digunakan dalam pengelolaan data dan tidak begitu populer dalam pembuatan website.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Seorang Blogger, Dari Hobi Sampai Menghasilkan Uang

Suatu program yang ditulis dengan memakai bahasa R biasanya berupa program aplikasi hingga fungsi yang memerlukan bahasa pemrograman dengan basis interpreter. Untuk program coding yang memakan waktu lama dan dalam jangka waktu yang panjang, bahasa ini bisa mengakomodir penulisannya. Jika sebagai pemula Anda sudah menguasainya, bahasa lain akan lebih mudah dikuasai.

Java


Mungkin Anda belum pernah mempelajari bahasa pemrograman sebelumnya. Tetapi jika Anda mendengar tentang Java, dan bukan dalam konteks geografi seperti pulau, Anda pasti sudah familiar bukan? Untuk kebutuhan aplikasi desktop, Java sudah biasa digunakan dalam pembuatannya.

Selain dimanfaatkan dalam pengembangan aplikasi desktop, bahasa ini juga digunakan untuk membuat aplikasi mobile. Sebagai bahasa pemrograman yang menjadi favorit para pengembang website maupun aplikasi, ternyata Java sudah dikembangkan sejak tahun 90an, tepatnya pada tahun 1991 dan dirilis secara resmi pada tahun 1995.

Baca juga: 14 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Pada tahun 2018, perkembangan Java terasa semakin populer dengan banyaknya penggunaan bahasa ini dalam pemrograman website. Pencariannya di Google pun tercatat lebih dari 22% dan dinilai telah memberikan dinamika baru bagi perkembangan teknologi dan informasi, terlebih semenjak source code Java bisa diakses secara cuma-cuma setelah diluncurkan.

Adanya open source tersebut yang pada akhirnya menjadi kekuatan Java hingga sangat dikenal oleh para developer seluruh dunia. Mudahnya akses open source ini yang juga Java mudah dipelajari oleh pemula. Hampir seluruh developer pasti pernah, atau bahkan masih, menggunakannya untuk mengembangkan website maupun aplikasi.

PHP


Sejak dikembangkan pada tahun 1995, PHP telah dikenal luas sebagai bahasa pemrograman yang cukup populer dan menjadi favorit para programmer untuk kebutuhan pengembangan website. Dengan angka pencarian yang mencapai lebih dari 8% di Google, bahasa pemrograman ini sudah digunakan di lebih dari 10 juta website.

Tingkat kepopuleran PHP tidak hanya berdasar pada jumlah pencariannya saja. Banyaknya penggunaan bahasa pemrograman ini pada beberapa project website kelas kakap, seperti WordPress atau Joomla, juga menjadi parameter kepopulerannya. PHP pun menjadi elemen penting untuk pengelolaan website di platform CMS (Content Management System) tersebut.

Baca juga: Niche Blog Terbaik Dan Ramai Pengunjung (Plus Cara Monetisasinya)

Pengembangannya yang cukup mudah membuat konfigurasi dari bahasa ini menjadi tidak begitu sulit, terutama bagi para pemula yang baru saja mempelajarinya. Oleh para developer, penggunaannya didukung oleh beberapa jenis web server, diantaranya seperti Apache, Xitami, Lighttpd, hingga IIS.

Namun, ada akan ada isu keamanan muncul jika Anda tidak teliti dalam menerapkannya. Tetapi isu ini tidak akan terjadi apabila Anda teliti dalam melakukan coding dan jeli dengan konfigurasinya. Sehingga bahasa pemrograman seperti PHP tetap penting untuk dipelajari dan dipahami secara mendalam jika Anda ingin mahir dalam coding.

Baca juga: Tips Meningkatkan CTR Google Adsense (Cara Sederhana Namun Ampuh)

Dari beberapa contoh bahasa pemrograman di atas, bahasa apa yang ingin Anda pelajari terlebih dulu? Apapun pilihan Anda, pastikan untuk terus mendalaminya dengan mempraktekan apa yang sudah Anda pelajari untuk membuat suatu program komputer, baik website maupun aplikasi. Selamat mencoba!

Sampai jumpa lagi di tulisan menarik selanjutnya. Salam. 😉

No comments for "Mahir Coding dengan Belajar 3 Bahasa Pemrograman Ini"