Widget HTML Atas

Cari Modal Usaha Cuci Motor? Pikat Investor Dengan Trik Ini

Usaha cuci motor adalah usaha yang tidak ada matinya. Selama motor masih ada dan bahkan bertambah, peluang usaha ini selalu terbuka. Modal usaha cuci motor bervariasi tergantung besar kecilnya usaha. Bagi pengusaha, kebutuhan modal seringkali menjadi sesuatu yang menghalangi berkembangnya usaha. Namun bagi yang cerdas memanfaatkan segala sumber daya, maka masalah modal bukan persoalan besar baginya.




Modal usaha cuci motor bisa didapatkan dari beberapa sumber.


Misalnya, tabungan, asset, pinjaman, atau bahkan patungan dengan kolega. Selain itu, modal usaha ternyata bisa diperoleh dari investor.

Investor akan tertarik menginvestasikan uangnya jika usaha yang ditawarkan menjanjikan keuntungan dan aman. Berikut ini akan dibahas bagaimana mencari modal usaha dari investor dan peluang usaha cuci motor.

Peluang Usaha Cuci Motor


Cari Modal Usaha Cuci Motor? Pikat Investor Dengan Trik Ini
Ilustrasi sebuah usaha cuci motor.

Ada yang bilang bahwa usaha ini akan selalu menghasilkan rupiah karena dekat dengan air. Air sudah lama diklaim sebagai sumber rejeki. Namun, usaha tidak bisa didasarkan pada asumsi atau mitos. Usaha didasarkan pada sesuatu yang logis dan rasional. Peluang usaha cuci motor memang terus ada dan tidak pernah mati. Semakin banyak motor maka semakin besar pula kebutuhan akan tempat cuci motor.

Alasan usaha ini terus ada dan bisa berkembang adalah karena memang ini merupakan kebutuhan masyarakat. Jumlah sepeda motor semakin bertambah serta orang jarang punya waktu untuk mencuci motor sendiri. Selain itu, kecenderungan masyarakat untuk mendapatkan segala sesuatunya serba instan semakin kuat. Mereka ingin motor selalu bersih tanpa perlu repot.

Selain itu, usaha ini juga memiliki peluang yang baik karena cocok untuk dibuka di kota besar maupun kota kecil. Populasi sepeda motor di kota kecil juga banyak dan kebutuhan tempat cuci motor juga semakin meningkat. Sedangkan di kota besar, sudah pasti cuci motor sangat dibutuhkan mengingat kesibukan masyarakat yang tinggi.

Modal usaha cuci motor sering menjadi masalah bagi orang yang tertarik untuk membuka usaha ini. Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa investor bisa dijadikan pemberi modal. Mendapatkan modal dari investor tentu lebih menarik dan menguntungkan daripada mencari pinjaman ke bank. Dengan investor, pemilik usaha bisa menjalin kerjasama bisnis dengan kesepakatan yang saling menguntungkan.

Usaha yang menarik bagi investor adalah yang menguntungkan. Untuk itu, agar usaha cuci motor bisa dilirik oleh investor, kemas paket usaha dengan konsep dan perhitungan yang tepat dan menarik. Namun, perlu diperhatian juga klausul-klausul kesepakatan yang nantinya dibuat. Jangan sampai usaha yang dirintis justru malah hilang karena diambil alih oleh investor.

Info Menarik Lainnya : Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya

Trik Menarik Hati Investor untuk Usaha Cuci Motor


Agar investor tertarik mengucurkan dana untuk modal usaha cuci motor, perlu adanya perhitungan atau simulasi bisnis yang tepat. Kalkulasikan semua hal mulai dari aspek operasional, SDM, keuangan, resiko dan pemasaran. Berikut ini trik-trik yang bisa dicoba untuk memenangkan hati investor:

Mencari Investor Potensial


Investor bisa siapa saja asalkan ia mempunyai dana untuk diinvestasikan. Bisa saja keluarga, teman, kolega bisnis, atau juga sebuah perusahaan. Cari tahu apakah calon-calon investor potensial ini memiliki minat di usaha yang sedang digeluti, dalam hal ini usaha cuci motor. Jika iya, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pendekatan bisnis.

Membuat Proposal Bisnis yang Menarik


Ketika membutuhkan seorang investor, maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah memberikan mereka sebuah proposal bisnis. Bukan sekedar proposal, tapi proposal bisnis yang menarik dan terstruktur. Seorang investor tidak akan menginvestasikan uangnya kepada bisnis yang prospeknya tidak menguntungkan.

Jika kesulitan membuat proposal bisnis sendiri, saat ini sudah tersedia banyak layanan pembuatan proposal bisnis. Proposal bisnis yang baik adalah yang disajikan dengan visual yang menarik disertai pemaparan yang memikat. Namun ingat, jangan terkesan memaksa calon investor ketika memaparkan proposal bisnis.

Info Menarik Lainnya : 10 Strategi Usaha Sparepart Motor Agar Ramai Pelanggan

Buat Konsep Bisnis yang Menarik


Usaha cuci motor bisa dikelola menjadi bisnis yang sangat menarik. Misalnya dengan menjadikan lokasi cuci motor sebagai one stop service yang juga menyediakan layanan barber dan coffee shop. Atau bisa juga ditambahkan dengan apparel shop yang menjual pernak-pernik motor. Tempat yang lengkap ini bisa menjaring berbagai segmen pasar.

Sebuah usaha yang lengkap ini bisa diwujudkan jika lokasi yang dimiliki potensial. Artinya, cukup lahan parkir, lahan usaha, di pinggir jalan raya dan mudah dijangkau. Jika semua ini sudah ada, kemukakan kepada calon investor dan yakinkan bahwa usaha model ini akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. One stop service juga berpotensi mendulang keuntungan lebih banyak.

Buat Mitigasi Resiko dengan Tepat


Wajar saja jika seorang investor ragu mengenai kelayakan dan keamanan usaha. Maka, untuk mendapatkan kucuran modal usaha cuci motor, perlu dipikirkan mitigasi resiko yang mungkin terjadi. Misalnya, bagaimana menjaga agar pasokan bahan baku terus tersedia, potensi premanisme, masalah SDM, dan juga aspek keamanan kerja.

Mitigasi resiko sangat penting untuk meminimalisir kecelakaan kerja, terhambatnya operasional dan juga kerugian akibat hal-hal teknis. Investor perlu diberikan rasa aman agar mereka yakin ketika akan mengucurkan dana. Selain itu, dengan menyiapkan mitigasi resiko, usaha akan tampak dikelola oleh seorang professional. Masalah di bidang SDM biasanya jadi yang mendominasi. Turnover karyawan yang tinggi perlu penanganan yang tepat.

Jangan Takut dengan Persaingan


Persaingan di dunia cuci motor memang ketat. Semua pemain tampaknya memiliki konsep usahanya masing-masing. Mereka tampak sangat percaya diri mengelola konsumen mereka. Jangan gentar tapi hadapi semua ini dengan inovasi. Contohnya seperti tadi dengan mengusung konsep one stop service sudah menjadikan tempat cuci motor berbeda dari umumnya.

Penting juga untuk mencari investor yang berani mengambil resiko dan tidak takut bersaing. Hal ini agar semangat mengelola bisnis tidak kendor. Persaingan yang sehat justru dapat memacu usaha untuk lebih maju dan berkembang lagi. Lebih baik mengenal baik pesaing daripada menghindar atau justru menjadikan pesaing sebagai rival.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Rental Mobil dan Tips Memulainya

Perkiraan Modal Usaha Cuci Motor


Angka adalah hal yang tidak pasti dalam sebuah perkiraan modal. Ini karena harga-harga bisa berubah kapan saja tergantung kondisi ekonomi dan pasar. Selain itu, besar kecilnya usaha juga menentukan besar kecilnya modal. Untuk usaha cuci motor yang hanya menawarkan cuci motor manual, tentu tidak akan sebesar cuci motor hidrolik.

Kebutuhan lahan untuk one stop service jauh lebih mahal daripada tempat cuci motor konvensional. Untuk one stop service, kisarannya bisa di angka ratusan juta. Sedangkan konvensional, dengan modal uang 25 juta saja seseorang sudah bisa membuka usaha cuci motor ini. Namun begitu, kedua model usaha ini mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Modal usaha cuci motor seharusnya tidak menjadi halangan seseorang terjun ke usaha ini. Apalagi setelah mengetahui bahwa mungkin untuk seorang investor mendanai usaha ini. Cari investor yang bisa dipercaya dan siapkan skema kerjasama yang saling menguntungkan. Bukan tidak mungkin, setelah mendapat pendanaan dari investor, usaha cuci motor bisa berkembang dengan pesat.

Demikianlah info tentang trik mencari modal usaha cuci motor. Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

No comments for "Cari Modal Usaha Cuci Motor? Pikat Investor Dengan Trik Ini "