Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Dan Modal Usaha Service Hp, Bisnis Kecil Omset Besar

Banyaknya jumlah ponsel yang beredar di pasaran membuat usaha yang berhubungan dengan ponsel tumbuh subur. Salah satunya adalah usaha service hp. Usaha ini tidak pernah mati sejak pertama kali hp ditemukan. Ditambah lagi, hampir semua pengguna hp tidak mengerti bagaimana mengatasi masalah-masalah yang dialami oleh perangkatnya. Ada baiknya mengetahui modal usaha service hp sebelum memulainya.

Ponsel atau hp telah menjadi bagian penting kehidupan masyarakat. Ini karena hampir semua pola komunikasi dijalankan di hp. Oleh karena itu keberadaan usaha service hp juga menjadi solusi pertama masalah yang timbul pada hp. Di kota besar ataupun kecil pasti dijumpai tempat service hp.

Peluang Dan Modal Usaha Service Hp, Bisnis Kecil Omset Besar
Ilustrasi


Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana tips membuka usaha service hp dan analisa modal usaha service hp.

Yuk di simak!

Analisa Usaha Service Hp

Usaha service hp ini memiliki pasar yang luas dan jelas yaitu semua pengguna hp. Dengan banyaknya pengguna hp saat ini, maka peluang usaha ini semakin besar. Jasa reparasi dan juga trouble shooting hp semakin dibutuhkan orang. Apalagi dengan hadirnya ponsel pintar yang membutuhkan keahlian khusus dalam menangani masalah perangkat.

Kebutuhan akan hadirnya tempat service hp yang menawarkan one stop service semakin tinggi. Seperti telah disinggung di atas bahwa sebagian besar pengguna hp tidak bisa mengatasi masalah pada perangkat. Mereka otomatis membawa hp mereka ke tempat service ketika terjadi masalah. Jadi, membuka usaha ini adalah pilihan yang tepat karena memang ada kebutuhan untuk usaha ini.

Usaha ini sebenarnya juga menjawab kebutuhan akan service hp yang berharga miring. Di gerai resmi, jika hp sudah lewat masa garansi, tentu saja ongkos service akan sangat mahal. Belum lagi jika terdapat penggantian sparepart, harga sparepart asli terkadang hampir sama dengan harga ponsel itu sendiri. Inilah mengapa walaupun persaingan ketat, namun tempat service hp terus mendapat pasar.

Untuk lokasi usaha, tidak perlu tempat yang lux untuk bisa membuka usaha ini. Kios kecil berukuran 3x3 saja sudah bisa dijadikan tempat usaha. Pada umumnya memang tempat usaha ini terkesan “berantakan”, tapi omzetnya bisa puluhan juta. Inilah yang dirasakan pemilik-pemilik service hp di Ambassador Mall, Kuningan, Jakarta. Dalam sebulan, mereka rata-rata bisa mengantongi omset sekitar 8 jutaan.
Info Menarik Lainnya : Usaha Service AC Banyak Dicari, Yuk Simak Tips Menjalaninya

Analisa Modal Usaha Service Hp

Modal usaha service hp untuk sebuah toko sederhana bisa dikalkulasi dengan mudah. Pasalnya, usaha ini tidak memerlukan banyak peralatan selain peralatan service hp itu sendiri. Perlu diketahui bahwa harga bisa berubah sesuai dengan kondisi di pasar. Kemudian, asumsi di bawah ini perlu dikalikan setahun agar penyiapan modal lebih maksimal.

Perkiraan Biaya Investasi:

Sewa kios, etalase, rak: Rp20.000.000

Peralatan service hp: Rp10.000.000

Total Biaya Investasi: Rp30.000.000

Biaya Operasional:

Gaji 1 karyawan: Rp1.600.000

Aksesoris Hp dan Sparepart: Rp5.000.000

Listrik dan Telepon: Rp400.000

Total Biaya Operasional: Rp7.000.000

Omzet setiap bulan: Rp9.000.000

Laba setiap bulan: Rp2.000.000

Perkiraan modal usaha service hp di atas kiranya bisa dijadikan sebagai acuan awal dalam menyiapkan modal. Namun, perlu juga dilakukan survey tentang harga-harga terkini agar tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan modal. Untuk analisis BEP-nya sendiri dari perhitungan di atas yakni 15 bulan.
Info Menarik Lainnya : Perkiraan Modal Usaha Cuci Mobil Dan Analisa Prospeknya

Tips Membuka dan Memulai Usaha Service Hp

Membuka tempat service hp tidak bisa sembarangan. Walaupun usaha ini terkesan remeh namun tetap perlu persiapan dan perhitungan yang matang. Usaha ini tetap memerlukan manajemen yang baik di segala lini. Berikut ini adalah beberapa tips membuka usaha service hp yang bisa dijajal:

Memiliki Keahlian Tentang Reparasi Hp

Selayaknya, pemilik tempat service hp harus menguasai teknik-teknik troubleshooting hp. Tidak cukup sampai di situ, seorang pemilik juga harus mengetahui perkembangan hp saat ini. Apalagi sekarang hp semakin canggih dan semakin kompleks juga permasalahannya. Paling tidak, pemilik harus memiliki pengalaman sebagai teknisi hp. Selain itu,

Jika tidak memiliki pengalaman atau keahlian sebagai teknisi, maka yang bisa dilakukan adalah mempekerjakan karyawan. Pastikan karyawan memang seorang teknisi hp yang telah memiliki pengalaman. Konsekuensi dari mempekerjakan karyawan adalah tentu saja menambah biaya operasional toko.

Memberikan Pelayanan yang Prima

Inti dari bisnis ini adalah jasa. Semua usaha yang bergerak di bidang jasa harus mengutamakan pelayanan. Oleh karena itu, tempat service hp juga harus memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen. Layanan reparasi atau troubleshooting harus dikemas secara profesional. Misalnya adalah dengan membuat pencatatan yang detail tentang kondisi ponsel yang rusak.

Tetapkan Harga yang Wajar

Tidak ada standar baku untuk harga service hp. Namun, harga service bisa ditentukan dengan melihat harga yang dipatok pesaing. Selain itu, biaya service juga bisa ditentukan dari jenis kerusakan hp. Biaya penggantian spare part tentu saja merupakan biaya di luar service. Sebagai bentuk pelayanan, jangan menaikkan harga spare part terlalu tinggi. Ambil keuntungan tipis namun bisa menjaring banyak pelanggan.

Terlalu tinggi mematok harga service membuat pelanggan langsung membandingkan dengan toko sebelah. Ketika jasa yang ditawarkan sama, maka harga yang terlalu tinggi akan dipertanyakan. Apalagi biasanya tempat service hp terletak di satu kawasan homogen. Biaya service bisa juga ditentukan dari jenis ponsel yang dikerjakan. Hal ini karena setiap ponsel memiliki kerumitannya masing-masing.
Info Menarik Lainnya : Usaha Service Mobil Aki Anak (Masih Jarang Ada+Menjanjikan)

Pilih Lokasi yang Strategis

Seperti telah disinggung di atas, lokasi service hp biasanya terletak di sebuah kawasan. Misalnya, satu lantai di pusat perbelanjaan yang dikhususkan untuk tenant-tenant pemilik service hp. Maka di lantai ini hanya akan diisi oleh counter service hp. Keuntungan membuka usaha di tempat seperti ini adalah mudah dikenali konsumen. Konsumen langsung tahu dimana pusat service hp di daerahnya.

Selain di pusat perbelanjaan, membuka service hp di dekat kampus, kos-kosan dan perumahan juga menguntungkan. Lokasi-lokasi ini biasanya ramai orang dan ramai kebutuhan juga. Orang-orang yang enggan pergi ke pusat service hp di mall akan memilih service hp yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Yang penting, lokasi service hp haruslah dekat dengan keramaian.

Miliki Jaringan Sparepart yang Kuat

Jasa reparasi atau service hp tidak bisa dipisahkan dari pengadaan sparepart. Oleh karena itu, pengetahuan akan supplier sparepart yang lengkap dan murah sangat penting. Ada baiknya membangun jaringan ini dengan baik sebelum akhirnya membuka toko service hp. Paling tidak, informasi kontak supplier sparepart ini sudah dimiliki.

Pelajari sparepart apa yang sering dibutuhkan dari sebuah hp. Dengan mengetahui kebutuhan ini, maka pengadaan barang bisa dikontrol. Beragamnya jenis dan merek hp merupakan tantangan tersendiri dalam pengadaan sparepart ini. Jika sudah memiliki jaringan, maka sparepart bisa dibeli ketika ada kebutuhan saja. Tentunya hal ini bisa dijadikan cara menekan biaya operasional toko.

Usaha service hp perlu orang-orang yang tahan banting untuk menjalankannya. Pasalnya, persaingan di usaha ini sangat ketat. Tidak sedikit pemilik usaha ini yang gulung tikar karena tidak tahan menghadapi permasalahan dan persaingan. Kurangnya kualitas SDM seringkali menjadi kendala. Namun, dengan manajemen yang baik, usaha ini sangat potensial untuk dijalankan dan berpotensi mendatangkan rupiah yang tidak sedikit.

Demikianlah info tentang peluang dan modal usaha service Hp. Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Peluang Dan Modal Usaha Service Hp, Bisnis Kecil Omset Besar "