Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Rincian Modal Usaha Toko Bahan Kue Dan Tips Menjalaninya

Penjualan di industri makanan terus mengalami peningkatan. Hal ini turut memberikan peluang bisnis bagi sarana pendukung dari industri makanan, seperti usaha bahan kue. Usaha ini kini semakin dilirik karena banyak dibutuhkan pelaku bisnis. Namun, sebelum ingin merintis usaha ini, ketahui dulu berapa modal usaha toko bahan kue yang harus dipersiapkan.

Modal tersebut bisa memperkirakan skala usaha toko bahan kue yang akan dirintis. Setelah modal, ada beberapa hal lainnya yang harus dipersiapkan bagi pengusaha bisnis toko bahan kue. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara membuka usaha toko bahan kue. Ketahui dulu bagaimana peluang usaha toko bahan kue di bawah ini.


Peluang Dan Modal Usaha Toko Bahan Kue

Seperti yang telah diketahui sebelumnya jika salah satu lini bisnis yang sedang mengalami peningkatan adalah bisnis kuliner atau makanan. Dengan naiknya bisnis tersebut, meningkat juga bisnis pendukung industri makanan, seperti bisnis toko bahan kue. Toko bahan kue menjual beragam keperluan untuk memenuhi kebutuhan industri kuliner.

Mulai dari bahan baku kue, seperti margarine, beragam jenis tepung, pewarna makanan, ragi, dan lain sebagainya. Sampai dengan stok peralatan membuat kue, seperti Loyang, timbangan digital, mixer, oven, dan lain sebagainya. Ada juga toko bahan kue yang juga menyediakan aksesoris hiasan kue.

Mulai dari cake topper, sprinkle mutiara, manisan buah ceri, dan lain sebagainya. Banyaknya jenis dari usaha toko bahan kue tersebut memberikan peluang besar bagi pebisnis toko bahan kue. Hal ini juga sangat menguntungkan bagi pebisnis toko bahan kue karena setiap harinya akan banyak konsumen yang berbelanja bahan-bahan kue tersebut.

Apalagi jika mengincar konsumen skala besar seperti toko kue, pasti mendapatkan keuntungan yang sangat menggiurkan. Selain itu, target konsumen dari bahan kue juga luas, mulai dari industri makanan, ibu rumah tangga, sampai remaja putri yang hobi memasak. Dengan begitu, peluang usaha toko bahan kue sangat menggiurkan untuk dirintis sekarang ini.
Info Menarik Lainnya : Hitungan Modal Usaha Toko Plastik (Rincian Lengkap + Tips)

Kelebihan Membuka Toko Bahan Kue


ncian Modal Usaha Toko Bahan Kue Dan Tips Menjalaninya
Ilustrasi beberapa produk toko bahan kue.

Kini, peluang usaha toko bahan kue begitu menjanjikan karena kebutuhan akan bahan kue meningkat. Jika tertarik untuk merintis toko bahan kue, simak dulu mengapa membuka toko bahan kue bisa begitu menguntungkan.

Berikut ini adalah ulasan mengenai 4 kelebihan yang akan diperoleh ketika membuka toko bahan kue:

1. Kompetitor Sedikit

Kebutuhan bahan kue meningkat tetapi tidak banyak daerah yang memiliki toko bahan kue. Inilah yang bisa dijadikan peluang besar untuk meraih keuntungan. Dengan kompetitor yang masih sedikit, usaha toko bahan kue begitu menjanjikan. Namun, meskipun begitu, tetaplah membandrol harga yang masuk akal dengan produk yang berkualitas agar menjaring lebih banyak pelanggan.

2. Permintaan Bahan Kue Meningkat

Kelebihan lainnya membuka toko bahan kue yaitu adanya peningkatan permintaan akan bahan kue. Pasalnya, kini industri kuliner, seperti kue ataupun pastry sedang naik daun. Bahkan, kini bisnis kue tidak hanya pada toko-toko besar saja, melainkan UMKM dan juga industri rumahan juga mulai merambah untuk berbisnis kue.

3. Target Konsumen Luas

Hobi memasak atau membuat kue tidak hanya pada orang dewasa saja, tetapi anak-anak remaja sekarang juga mulai menyukainya. Oleh karena itu, target konsumen toko bahan kue begitu beragam, dari segi umur. Selain itu, konsumennya pun tidak berasal dari industri kue besar saja tetapi juga dari industri kue skala rumah tangga.

4. Skala Bisnis Bisa Menyesuaikan Modal Usaha

Usaha toko bahan kue memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun, nominal modal usaha toko bahan kue dapat menyesuaikan skala bisnis yang ingin dirintis. Jadi, meskipun memiliki modal yang terbatas tapi tertarik untuk menggeluti usaha toko bahan kue, tetap bisa dijalankan. Jika penasaran mengenai rincian modal usaha ini, simak ulasan berikutnya dibawah ini.
Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Toko Plastik dan Bahan Kue yang Prospeknya Semakin Menjanjikan

Modal Usaha Toko Bahan Kue

Tidak semua bisnis usaha memerlukan modal, namun sayangnya untuk usaha toko bahan kue memerlukan modal. Namun, modal tersebut seimbang dengan keuntungan yang ditawarkan oleh usaha toko bahan kue.

Jika tertarik untuk membuka usaha toko bahan kue, berikut ini rincian modal usaha toko bahan kue yang bisa dijadikan referensi:
  • Sewa Toko Per Tahun: Rp 20.000.000
  • Etalase Kaca: Rp2.500.000
  • Rak Barang 2 Unit: Rp3.000.000
  • Alat Kasir: Rp1.000.000
  • Stok Bahan Baku Kue: Rp15.000.000
  • Stok Peralatan Bahan Kue: Rp10.000.000
  • Gaji Pegawai 2 Orang Per Bulan: Rp3.000.000
  • Transportasi: Rp500.000
  • Operasional (Listrik, Air, Telepon): Rp 700.000
  • Promosi dan Plank Nama: Rp500.000
Jadi, total modal usaha toko bahan kue adalah Rp56.200.000. Namun, angka tersebut adalah angka modal awal dan biaya operasional yang dibayarkan per bulan. Dilapangan bisa jadi biaya modalnya akan lebih besar dari itu. Pasalnya, pada awalnya, pengusaha toko bahan kue harus menyetok bahan baku kue, peralatan, menyewa toko, membeli etalase, dan juga rak barang.


Rincian Modal Usaha Toko Bahan Kue Dan Tips Menjalaninya
Ilustrasi salah satu toko bahan kue & plastik.

Modal usaha toko bahan kue memang besar pada awalnya, namun biaya operasional per bulannya terbilang kecil. Pengusaha toko bahan kue hanya mengeluarkan biaya operasional per bulan seperti gaji karyawan, listrik, air, telepon dan transportasi.

Selain itu, untuk stok barang, menyesuaikan skala penjualan per harinya. Apabila mampu menjual banyak barang per harinya, maka stok barang pun bisa diperbanyak. Namun, apabila modal usaha toko bahan kue terbatas, stok barang bisa menyesuaikan modal yang dimiliki.
Info Menarik Lainnya : Sudah Tahukah Anda Dengan Franchise Roti John? Yuk Kita Ulas

Tips Membuka Usaha Toko Bahan Kue yang Minim Rugi

Modal usaha toko bahan kue cukup banyak, tetapi ternyata tetap bisa dijalankan meski modal yang dimiliki terbatas. Oleh karena itu, setiap pengusaha toko bahan kue sebaiknya mengetahui bagaimana menjalankan usaha toko bahan kue yang menguntungkan.

Berikut ini adalah 3 tips membuka usaha toko bahan kue yang minim rugi:

1. Jadilah Usaha Toko Bahan Kue yang Berbeda

Meskipun usaha toko bahan kue masih sedikit persaingan, namun buatlah usaha toko bahan kue yang berbeda. Pasalnya, kini tidak sedikit supermarket yang mulai menjual beragam keperluan membuat kue. Oleh karena itu, pengusaha sebaiknya melakukan inovasi untuk terus menjaring konsumen.

Misalnya, menyediakan tepung terigu karungan untuk konsumen dalam skala besar. Dan menyediakan tepung terigu yang sudah dikemas plastik kecil-kecil untuk menjaring konsumen dalam skala kecil atau perorangan.

2. Memiliki Pemasok yang Profesional

Tips selanjutnya yaitu pilihlah pemasok bahan baku kue yang profesional dan juga terpercaya. Hal ini sangat berguna bagi kelangsungan usaha toko bahan kue karena tidak sedikit pemasok yang tidak memiliki jadwal pasokan yang tepat. Akibatnya, bahan baku sering kosong dan pembelian pun mengalami penurunan.
Info Menarik Lainnya : Mendulang Rupiah Dari Murahnya Harga Kue Pasar Subuh Senen

3. Pastikan Produk yang Dijual Berkualitas

Jika sudah memiliki pemasok yang profesional, pastikan semua produknya berkualitas. Pasalnya, konsumen tentu saja menginginkan semua bahan kuenya memiliki kualitas tinggi. Karena bahan kue yang berkualitas pastinya akan menghasilkan rasa kue yang enak pula. Jadi, meskipun pemasok menawarkan harga murah, pastikan produknya berkualitas tinggi.

Kenaikan pamor industri kuliner membuat industri pendukungnya juga mengalami peningkatan, seperti usaha toko bahan kue. Hal ini menggiurkan karena usaha ini memiliki peluang yang besar untuk dijalankan pada masa sekarang. Namun, sebelum meyakinkan diri membuka usaha ini, persiapkan dulu modal usaha toko bahan kue karena membutuhkan modal yang cukup besar.

Demikianlah info singkat tentang rincian modal usaha toko bahan kue. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Rincian Modal Usaha Toko Bahan Kue Dan Tips Menjalaninya "